Jangan Merendahkan Wanita yang Tidak Berpakaian Islami

 
Jangan Merendahkan Wanita yang Tidak Berpakaian Islami
Sumber Gambar: womensmosque.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam sebuah kesempatan, Sayyidil Habib Umar bin Hafidz melakukan kegiatan dakwah di Amerika Serikat. Beliau menyampaikan sejumlah nasihat yang sangat berharga dan menyentuh, di antaranya adalah ungkapan berikut ini:

"Ketika Anda melihat seorang wanita berpakaian dengan cara yang tidak dapat diterima secara Islami, Anda bisa menasihatinya dengan akhlak dan cara yang baik, jangan sejenak pun berpikir bahwa dia lebih rendah dari Anda secara rohani. Jika Anda berpikir demikian, berarti Anda lebih rendah dari dirinya. Percayalah, itu adalah ajaran agama Anda (tidak memandang rendah). dia mungkin memiliki hubungan dengan Pencipta-Nya yang mungkin Anda tidak tahu. Dia mungkin memiliki hati yang lebih baik dari Anda. Benar, dia mungkin memiliki satu kelemahan yang terlihat dari luar, tapi Anda mungkin memiliki 50 kelemahan yang tersembunyi dari dalam."

"Jangan berperilaku seperti Tuhan ketika melihat dosa-dosa umat, tapi berlakulah sebagaimana selayaknya seorang hamba. Sehingga kita memiliki rasa simpati bagi mereka yang sedang diuji, dan bersyukur pada Allah SWT, bahwa Anda diselamatkan (dari pengadilan-Nya), dan tidak pernah mengatakan bahwa mereka adalah penghuni neraka, atau mereka adalah penghuni surga. Semua itu hak prerogatif Allah SWT. Jangan melihat ke bawah dengan angkuh pada orang-orang yang berdosa, tapi berdoalah kepada Allah SWT untuk mereka agar mendapatkan bimbingan."

Nasihat-nasihat di atas menunjukkan pada kita agar memiliki perhatian dan sikap baik sangka kepada orang lain. Hal ini sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sebaliknya, lebih baik menilai diri sendiri dengan berbagai kekurangannya, daripada menilai orang lain dengan pandangan rendah. Dengan kata lain, lebih baik memilih husnuddhon (baik sangka) kepada siap pun yang secara dhohir mungkin tidak tampak baik, daripada su'uddhon. Sebab hanya Allah SWT yang paling tahu tentang hakikat keadaan seseorang. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 15 November 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim