Era Baru, Mesir Tunjuk Gubernur Perempuan Beragama Kristen

 
Era Baru, Mesir Tunjuk Gubernur Perempuan Beragama Kristen

LADUNI.ID, Jakarta - Presiden Abdel Fattah el-Sisi sebenarnya sudah menunjuk gubernur perempuan Kristen, Manal Awad Mikhail, untuk memimpin pemerintahan wilayah. Hal ini seperti dilansir koran Al-Masry al-Youm beberapa waktu lalu.

"Manal Mikhail ditunjuk menjadi gubernur di kota pantai Damietta. Dia perempuan Kristen pertama yang menduduki posisi itu," sebut koran itu.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor kepresidenan menyebutkan, Manal Awad Mikhail penganut Kristen Koptik, ditunjuk menjadi gubernur wilayah pantai Provinsi Damietta. Mikhail adalah seorang sarjana kedokteran hewan dari Universitas Benha Mesir lulus pada 1989.

Karim Kamal menjelaskan bahwa, Kepala Jenderal Persatuan Koptik untuk Tanah Kelahiran, sebuah LSM di Mesir, penunjukan Mikhail menunjukkan bahwa Mesir telah memasuki "era baru".

Seorang wanita dari Jamaan Kristen Koptik, mendapatkan perawatan usai terluka akibat dari serangan dari seorang pria bertopeng, dengan menembakan senjata ke bus dan truk berisikan jamaah Kristen Koptik di Mesir, 26 Mei 2017. Jamaah Kristen Koptik merupakan minoritas di Mesir. Jumlah mereka hanya sekitar 10% dari populasi Mesir yang mencapai 92 juta jiwa. AP Photo

"Aliran agama tidak menghalangi penunjukan Mikhail menjadi gubernur di salah satu wilayah di Mesir." Dia menambahkan, "Penunjukannya berdasarkan prestasi," tulis Middle East Monitor.

Selain itu, situs berita Punch juga menulis, Mesir sebuah negara yang memiliki pemeluk Kristen terbesar di Timur Tengah. Sesuai dengan data statistik, penduduk beragama Kristen mencapai 10 persen dari 95 juta penduduk Mesir.

Selama ini, warga Kristen Mesir mengeluh karena kerap mendapatkan persekusi dan serangan dari kelompok Islam militan.