Wisata Religi dan Berdoa di Makam KH Hasbullah Said Tambakberas

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Religi dan Berdoa di Makam KH Hasbullah Said Tambakberas

Sekilas Biografi

KH. Hasbullah Said, salah satu pengasuh Pondok Tambakberas. Ditangannya, Bahrul Ulum yang dimasanya lebih dikenal sebagai pondok syariat mulai ditata. Bahkan bangunan monumental berupa masjid induk Tambakberas berdiri.  

Tak ada data yang cukup jelas menerangkan kelahirannya, namun Kiai Hasbullah disebut wafat di tahun 1926 bertepatan dengan kongres Al Islam kelima di Bandung (dikutip dari buku Pertumbuhan dan perkembangan NU karya Drs. Chorul Anam) dan dimakamkan di kompleks pemakaman Pahlawan Nasional KH Wahab Hasbullah.

KH. Hasbullah adalah putra Kyai Said yang juga Cucu Kyai Abdussalam atau lebih dikenal sebagai Mbah Soichah yang merupakan pendiri pondok selawe, cikal bakal Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Ia menjadi salah satu tokoh penting pada perkembangan pertama pesantren ini.

Kiai Hasbullah adalah ulama yang tekun melakukan aktifitas keagamaan khusus atau biasa disebut tirakat. Bahkan karena kebiasaannya ini, beberapa benda berhasil dijadikannya benda bertuah tentu saja atas izin Allah.

Selain itu, dirinya juga dikenal sebagai salah satu kiai yang punya harta cukup berlimpah. Namun dengan hartanya tersebut dirinya juga dikenal sebagai orang yang sangat dermawan kepada warga di sekitarnya.

Bahkan, namanya kini diabadikan sebagai nama gedung serba guna milik Pondok Pesantren Bahrul Ulum guna mengingat jasa-jasanya. Kiai Hasbullah juga tercatat menikah dengan Nyai Lathifah, keduanya mempunyai keturunan yang sama dari Prabu Brawijaya V, namun melalui garis keturunan yang berbeda.

Dari keduanya, lahir salah satu ulama besar yang juga salah satu pendiri NU yakni KH. Wahab Hasbullah dan 7 orang putra putri lainnya yakni Abdul Hamid, Khodijah, Abdul Rohim, Fatimah, Sholihah, Zuhriyah dan Aminaturrohiyah yang kini secara turun temurun mengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

 

 

Makam KH Hasbullah Said di Tambakberas

Makam KH Hasbullah Said berada di kompleks pemakaman Pahlawan Nasional KH Wahab Hasbullah, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.