Alasan Mengapa Gus Baha' Terkadang Sulit Untuk Disowani

 
Alasan Mengapa Gus Baha' Terkadang Sulit Untuk Disowani

LADUNI.ID, Jakarta - Saat mengaji Tafsir Jalalain rutinan dipondok beliau, Gus Baha' mengutarakan sebuah alasan mengapa terkadang beliau agak sulit untuk disowani, beliau dawuh:

“Seseorang jika mengidolakan seorang kiai, maka bisa dipastikan disebabkan ilmunya, tapi kenapa ketika sowan malah menunggu waktu libur/ saat tidak mengaji. Pas mengaji malah tidak pernah datang. Bayangkan, kamu percaya dengan dokter, sebab ia bisa mengobati karena memang ia mempunyai ilmu pengobatan, dan tentu kamu datang ke dokter saat ia sedang membuka praktik, tidak kok saat ia sedang berlibur, mau dapat apa kamu? Jadi dengan begini kamu akan paham madzhab saya.”

Beliau berpikiran bahwa jika seseorang sowan kepada kiai hanya saat beliau tidak mengaji, sedangkan saat mengaji tidak pernah datang ikut mengaji, maka secara tidak langsung ia sama saja menghilangkan fungsi seorang kiyai sebagai penyebar ilmu agama, dan fungsi itu akan hilang sebab ia sowan/pergi kepada kiyai hanya saat butuh saja, sedangkan yang dibutuhkan (fungsi) dari seorang kiyai adalah ilmunya.

Wallahu'alam bis showab

(Syaikhina Baha'uddin Nur Salim, LP3IA Narukan 20 November 2019)