Jalan Ketiga Habib Ali Al Jufri

Jalan Ketiga Habib Ali Al Jufri

LADUNI.ID, Jakarta - Universitas Negeri Jakarta hari ini, Sabtu 30 November 2019 menyelenggarakan International on Islamic and Civilization. Acara ini menjadi istimewa karena dihadiri oleh ulama muda nan kharismatik dari Abu Dhabi, UEA. Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al Jufri atau biasa dikenal dengan Habib Ali Al Jufri berkesempatan memberikan ceramah ilmiah. Beliau memaparkan tentang perubahan peradaban yang terjadi di dunia saat ini.

Menurut beliau, kekacauan yang terjadi di era modern saat ini terjadi karena ketidakpahaman terhadap konsep peradaban itu sendiri. Peradaban, menurut beliau adalah suatu pemikiran masyarakat untuk bisa memajukan umat dan bangsa serta membawa manfaat di segala bidang.

Salah satu permasalahan umat Islam saat ini adalah berhentinya kajian ilmu pengetahuan yang terus menerus. Padahal ulama-ulama jaman dulu terus memperbaharui pengetahuannya hingga tiap 100 tahun sekali muncul seorang pembaharu.

Pada kesempatan ini Habib Ali juga menawarkan konsep alternatif di tengah-tengah pertarungan ide-ide Barat versus non Barat. Beliau berpendapat kedua kubu tersebut sama-sama memiliki pemikiran yang ekstrim. Oleh karena itu perlu ada suatu konsep yang bisa menjembatani keduanya.  

Beliau menyebut konsep ini dengan "Jalan Ketiga". Beliau menyampaikan bahwa "Jalan Ketiga" ini mengusung nilai-nilai moderat dan jalan tengah. Konsep ini dibangun untuk kepentingan jangka panjang bagi generasi mendatang. Beliau berharap agar konsep ini disebarluaskan.

Acara yang diselenggarakan oleh UNJ ini dihadiri ratusan peserta yang berasal dari para akademisi dan cendekiawan dari dalam dan luar negeri. Kedatangan  Hb. Ali Al Jufri ini merupakan tur dakwah yang rutin beliau lakukan keliling dunia. Semoga kedatangan beliau membawa berkah bagi Indonesia. (M. Fakhrurrozi/Laduni.id)