Ceramah Gus Muwafiq yang Dipermasalahkan Ternyata Ada Dasarnya Semua

 
Ceramah Gus Muwafiq yang Dipermasalahkan Ternyata Ada Dasarnya Semua

Oleh ROFIUL SIDIQ

LADUNI.ID, Jakarta - Isi ceramah Gus Muwaffiq yang dipermasalahkan, ternyata memang ada dasarnya semua, namun beliau tetap minta ma'af.

Kita meributkan soal agama, karena kebodohan kita sendiri, ilmu kita dangkal, ngajinya baru Tarikh terjemahan, tapi berani menghakimi kyai.

Ada 3 narasi yang dianggap kontroversial dari ceramah Gus Muwaffiq (menurut Hasil penelusuran Ust. Ahmad Fauzan Rofiq, M.Pd.I).

1. "Nabi lahir biasa saja, tidak mengeluarkan sinar."

Faktanya: dalam kitab-kitab Sirah memang tidak ada keterangan bahwa Nabi lahir sembari mengeluarkan sinar, yang terjadi sebenarnya adalah keadaan langit saat kelahiran beliau sangat terang benderang penuh cahaya. (Referensi: Kitab An-Ni'mat Al-Kubro alal Alam)

2. "Tubuh Nabi saat masih kanak-kanak mrembes dan degil."

Itu memang kondisi umum anak-anak pada masa itu. (Referensi: Kitab Ar-Rohiq al-Makhtum)

3. "Nabi tidak begitu terurus ketika diasuh oleh kakeknya, Abdul Muthalib."

Maksudnya: kasih sayang dan pelayanan kakek tentu tak sehebat kasih sayang dan pelayanan orang tua sendiri. Jadi, bukan lantas dipahami "terlantar". (Referensi: Kitab Al-Kamil fi al-Tarikh)

Nabi Muhammad saat usia tujuh tahun masih dirawat kakeknya, Mata Beliau Kena Penyakit (REMBES)

Setelah Kakeknya Wafat Dirawat Pamannya Abu Tholib. (Referensi : Kitab Nurul Absor نور الأبصار في مناقب أل بيت النبي المختار)

Kesimpulan:

Isi ceramah Gus Muwafiq tidak salah, apalagi menistakan Rosulullah, beliau hanya berusaha menjelasken dengan bahasa yg sederhana dan membumi di tempat ceramah saat itu di daerah Purwodadi Jawa tengah, Namun Akhlakul Karimah beliau tetap minta maaf.

Semoga Gus Muwaffiq selalu dalam lindungan Allah. Swt. Amin.