BPPDGS, Bantuan Pemerintah Untuk Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta

 
BPPDGS, Bantuan Pemerintah Untuk Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta

LADUNI.id, Sumenep-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Pemkab Sumenep memberikan bantuan pada sekolah diniyah dan guru swasta. Bantuan itu dikemas dengan program Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta (BPPDGS).

Bantuan yang diberikan, untuk mendukung terselenggaranya pendidikan diniyah di Jawa Timur. Selain itu, BPPDGS juga untuk menunjang kesejahteraan guru swasta.

Tujuan lain, bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi Jatim 2019 ini diberikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan diniyah yang berbasis agama. Serta mencegah terjadinya putus sekolah dikalangan siswa.

"Bantuan ini untuk mencegah terjadinya putus sekolah dan meningkatkan kesejahteraan guru swasta," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Bambang Irianto saat penyerahan bantuan itu secara simbolis di Hotel Utami Sumenep, Selasa (3/11/3019).

Sementara itu, Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim berharap, masyarakat, khususnya yang ada di lembaga pendidikan diniyah dan guru bisa memperkuat persatuan dan kesatuan. Tujuannya, memperjuangkan pendidikan dan agama.

"Demi meningkatkan pendidikan agama kita harus selalu berjuang demi peningkatan pendidikan kepada anak cucu," kata Bupati Busyro.

Busyro juga meminta, adanya komitmen dari guru untuk memperjuangkan pendidikan agama. Kata dia, pendidikan agama adalah warisan yang harus diperjuangkan sebagai landasan kehidupan.

"Kita sekarang dihadapkan dengan tantangan yang sangat besar, sehingga kita harus siap dalam segala hal untuk menjaga keutuhan dan keberadaan Agama, dengan landasan Agama pula kita dapat menjaga Negara kita," ucap Busyro.