Letupan Saat Menggoreng Ikan Timbulkan Polusi Bahaya, Ini Penjelasannya

 
Letupan Saat Menggoreng Ikan Timbulkan Polusi Bahaya, Ini Penjelasannya

LADUNI.ID, Jakarta - Saat menggoreng, letupan minyak bisa terjadi kapan saja. Paling sering ketika menggoreng ikan, atau tanpa sengaja kita meneteskan air ke dalam minyak panas di atas wajan. Ternyata, hal itu bisa memicu polusi lho.

Sekelompok peneliti dari Texas Tech University dan Utah State University mencoba mencari tahu dinamika di balik fenomena tetesan air ke minyak. Hasilnya, fenomena yang dihasilkannya cukup dramatis. Minyak akan meletup ketika air terperangkap di dalamnya dan tiba-tiba menguap.

Nah, bila uap ini tetap mengudara selama lebih dari 30 menit, bisa terbentuk polusi udara. "Kami telah menemukan sejumlah besar tetesan minyak kecil dilepaskan, ketika setetes kecil air bersentuhan dengan minyak panas," kata Jeremy Marston, asisten profesor di Texas Tech University mengutip Phys.

Dia juga mengatakan bahwa penelitian tersebut mungkin sangat relevan dengan metode memasak China di mana air ditambahkan ke wajan panas. Menurutnya, tetesan minyak ini bisa berbahaya karena dapat dihirup dan menjadi polusi.

Meskipun demikian, Marston dan tim belum tahu berapa besar kontribusi asap saat memasak di dapur dengan polusi, apalagi jika ventilasi buruk.

Sementara itu, dr.Gita Saraswati dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan, pernah mengatakan luka bakar pada dasarnya memiliki derajat, satu sampai tiga. Nah, dalam keseharian seringkali pasta gigi langsung dioleskan ke area yang mengalami luka bakar. Tepatkah pertolongan pertama seperti itu?

"Sebenarnya kalau pakai odol atau pasta gigi, yang dicari adalah efek dinginnya. Enggak salah dan benar, cuma yang paling benar pertolongan pertamanya adalah pakai kain atau bahan tips yang dikasih air, terus ditutup ke area itu. Karena prinsipnya kita mendinginkan," tutur Gita saat berbincang dengan HaiBunda.