Lima Kebiasaan yang Wajib Dihindari Sebelum Hamil

 
Lima Kebiasaan yang Wajib Dihindari Sebelum Hamil

LADUNI.ID, Jakarta - Semua calon ibu pasti memimpikan bisa hamil tanpa masalah dan melahirkan anak yang sehat. Oleh karena itu, setidaknya ada lima kebiasaan yang perlu Anda ubah karena berisiko untuk kesehatan Anda dan janin Anda.

Seperti dilansir dari laman Times of India sebagaimana dikutip laman Tempo, lima kebiasaan yang wajib Anda ubah itu adalah sebagai berikut.

1. Merokok

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Human Reproduction, merokok memiliki efek yang lebih buruk pada wanita yang mencoba untuk hamil atau menjalani perawatan kesuburan. Merokok juga mengurangi potensi kesuburan wanita hampir 10 tahun. Dan seperti kita ketahui kesuburan menurun dengan bertambahnya usia.

Nikotin dan bahan kimia lainnya dalam rokok mengganggu kemampuan tubuh untuk membuat estrogen. Estrogen adalah hormon yang mengatur ovulasi. Meskipun kerusakan yang disebabkan oleh merokok tidak dapat dipulihkan, berhenti merokok dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

2. Minum alkohol

Wanita hamil disarankan menghindari mengonsumsi alkohol. Bukan hanya saat hamil, ketika Anda berusaha untuk hamil pun dianjurkan menjauhkannya. Konsumsi alkohol dikaitkan dengan ketidaksuburan dan keguguran.

3. Kafein

Terbiasa dengan kopi di pagi hari? Mulai sekarang, kurangilah asupan kopi atau minuman lain yang me mengandung kafein. Menurut beberapa penelitian, kafein dikaitkan dengan infertilitas dan keguguran. Jika Anda benar-benar sulit hidup tanpa kafein, setidaknya cobalah mengurangi asupan Anda.

4. Minum obat herbal

Jangan mencoba sesuatu yang belum diteliti. Beberapa obat populer seperti tanaman echinacea, yang merupakan pendorong kekebalan tubuh yang populer dapat menghambat penetrasi sperma dan memiliki efek buruk lainnya. Paling aman untuk menghindari apa pun yang belum diteliti dan dipelajari dengan benar.

5. Cuek pada kesehatan gigi

Jika selama ini Anda cuek dengan kesehatan gigi, mulailah rutin memeriksanya. Anda dan pasangan sebaiknya mengunjungi dokter gigi untuk memastikan gigi Anda sehat sebelum hamil. Kebersihan mulut yang buruk dapat memengaruhi jumlah sperma pada pria dan meningkatkan risiko melahirkan prematur.