Tawadhu' Tingkat Langit Mbah Maimun Zubair

Pertemuan dua ulama itu  antara Syaikhna Dr. Abdun Nashir al-Malibari dengan Mbah Maimoen  ke Sarang, ada minimal empat dawuh Mbah Maimun yang sangat berkesan bagi saya. Empat dawuh itu menunjukkan begitu "sundul langit"nya ketawadlu'an KH. Maimun

Tawadhu' Tingkat Langit Mbah Maimoen Zubair

Saat kemarin menghantarkan Syaikhna Dr. Abdun Nashir al-Malibari sowan ke Sarang, ada minimal empat dawuh Mbah Maimun yang sangat berkesan bagi saya. Empat dawuh itu menunjukkan begitu "sundul langit"nya ketawadlu'an KH. Maimun. Empat dawuh keluar dari lisan mulia beliau dengan alami tanpa ada sedikitpun takalluf (paksaan). Berikut adalah dawuh-dawuh Mbah Mun

Membincang Definisi dan Kriteria Ulama

"Rendah hati itu tanda (ciri) paling utama dari ulama. Karena itu menunjukkan makna yang sesungguhnya dari kata "Khasyatullah", (takut kepada Allah)."

Menelusuri Gen Kezuhudan Gus Dur

Di balik kezuhudan Gus Dur tersebut, memang tidak terlepas dari warisan sifat (gen) yang berasal dari leluhurnya, atau dalam kajian psikologis, lebih dikenal dengan Teori Hereditas.

Kisah Ketawadluan Kiai Ihsan Dahlan Jampes

Bahkan, pada 1934, Raja Faruq, raja Mesir kala itu mengirim utusan ke Dusun Jampes untuk menyampaikan keinginannya agar Syekh Ihsan al-Jampesi bersedia diperbantukan mengajar di Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir.

In Memoriam Kiai Minan Abdillah Kajen: Kiai Yang Tawaddu'

Beliau salah satu guru alfaqir yang mengajarkan ilmu tafsir ketika kami belajar di Mathali'ul Falah Kajen, sosok guru yang selalu mengajarkan ketawaddu'an kepada kami para muridnya, dengan perilaku tidak hanya dengan tutur kata saja.

Belajar dari Ketawadhuan Al Habib Jindan bin Novel

Di Indonesia habib mendapat tempat istimewa di hati umat Islam, umat sangat menghormati dan memuliakan dzuriyah nabi, karena dengan begitu secara tidak langsung kita sama saja dengan memuliakan nabi

Belajar Rendah Hati Melalui Surah Al-Fatihah

Kurang indah apa saat Allah mengajari kita untuk senantiasa tawadhu dalam hal ilmu dan amal dengan selalu membaca ayat ini? Memang benar, masuk islam itu adalah petunjuk terbesar

Teladan Mulia Syarifah Zahra binti Abdullah Al-Haddar, Ibunda Habib Umar bin Hafidz

Namun, di balik kesuksesan seorang lelaki pasti ada wanita hebat di belakangnya. Tidak lain, semua itu adalah berkah dari didikan dan doa Ibunda Habib Umar. Beliau adalah Syarifah Zahra binti Abdullah Al-Haddar.

Mengingat Kembali 9 Pedoman Politik Warga NU

Jika ditelaah kembali lika-liku perjalanan NU, maka akan didapati banyak fakta yang mengungkapkan bahwa NU memegang teguh pada komitmen politik kebangsaan, politik kerakyatan, dan etika politik.

Menampilkan 1 - 10 dari 12