Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Ringan Riuh

 

KH Husein Muhammad: Ramadhan Ini, Untung atau Buntung?

Aku pikir Ramadan tahun ini, 1440 H/ 2019 M memperlihatkan nuansa dan fenomena yang sangat menarik yang jauh berbeda dari Ramadan sebelumnya. Ada nuansa religiusitas dan praktik spiritualitas yang intens : puasa, shalat tarawih, zikir, baca al-Qur'an dan i'tikaf,

Ustaz Ma'ruf Khozin : Tarawih Bhineka Tunggal Ika

Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa, memiliki 17.504 pulau (7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama), dan memiliki 742 bahasa. Kebhinekaan itu disatukan di Indonesia ini.

Jangan Menyakiti

Usai ziarah ke Maulana Rumi, aku menuju Bukit Aladdin untuk istirahat sejenak dan minum Cai, sambil memandangi kota Konya, Turki. Ia berada di dekat makam Syamsi Tabriz, guru Rumi. Aladdin merupakan nama salah satu sultan yang memerintah di Kesultanan Seljuk.

Ramadhan di Pesantren, Sebuah Kenangan (Seri 4)

- Lalu aku ngaji apa di pesantren pada bulan Ramadan?. Kitab apa saja yang pernah saya baca pada bulan Ramadan? Bagian saya adalah kitab-kitab tipis/kecil dan lebih bernuansa akhlaq atau tasawuf dan pengembangan wacana. Kitab-kitab yang diaji bermacam-macam,

Habib Munzir : Jihad dengan Kekerasan adalah Cara Setan

Namun kita harus tahu jihad itu seperti apa. Jangan bicara jihad kalau sedang emosi, itu setan bukan jihad namanya. Bedakan antara emosi dengan jihad.