Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Thaharah (Bersuci)

 

Niat Mandi Hadast Besar dan Hikmahnya

Dalam rangka menghilangkan hadast besar tidak cukup hanya melakukan wudhu saja, akan tetapi wajib melakukan mandi. Ada bebarapa hal yang menyebabkan seseorang wajib mandi junub.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Bolehkah Najis Besar Disucikan Pakai Sabun?

Dalam madzhab Syafi'i ada istilah najis Mughalladzah. Yakni najisnya anjing (berdasarkan hadis di bawah) dan babi (berdasarkan Qiyas/ disamakan dengan anjing).

Niat Mandi yang Ada dalam Agama Islam

LADUNI.ID, Agama Islam begitu perhatian terhadap kebersihan. Bahkan mandi dianjurkan dikerjakan sebelum atau sesudah ibadah tertentu. Mandi merupakan salah satu cara bersuci bagi umat Islam. Dengan mandi, tubuh seseorang akan menjadi bersih dan segar sehingga siap menjalankan ibadah.

Hukum Wudhu Setelah Bersenggama dan Hikmahnya

LADUNI.ID, Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menyebutkan bahwa berwudhu’ sebelum mandi wajib adalah sunnah. Wudhu’ dengan sempurna atau mengakhirkan pemasuhan kaki didalam wudhu’.

Perbedaan Antara Hadast dan Najis yang Perlu Diketahui Seorang Muslim

LADUNI.ID, Kiita sering kali mengenal dua istilah, yakni hadats dan najis dalam istilah bersuci (thaharah). Dua istilah ini memiliki implikasi yang berbeda sehingga kita harus mampu membedakan antara dua istilah ini.