Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Zakat Shadaqah Infak Wakaf

 

Hukum Zakat Ikan dalam Tambak

Bagaimana pendapat Anda sekalian, atas hukumnya orang memelihara ikan dalam tambak (kolam), kebiasaan diambil dua kali setahun, maka bagaimana caranya memberikan zakatnya?.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Uang Kas Masjid Untuk Sarapan / Buka Puasa Bersama

Di wilayah perkotaan sudah menjadi kebiasaan setelah kuliah Subuh di akhir pekan ada sarapan pagi. Bagi mereka mungkin hanya ini waktu yang longgar untuk mempelajari ilmu agama secara langsung. Untuk menyemarakkan kuliah Subuh agar jamaah datang ke masjid maka takmir masjid menyediakan sarapan, kopi dan air mineral. Tujuan utama adalah ngaji dan memakmurkan masjid.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Mengenai Zakat Produktif

Ulama klasik kita sebenarnya sudah menjelaskan tata cara pemberian zakat produktif ini, misalnya terdapat dalam kitab Fathul Wahhab karya Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshori (1520 M) dan dikutip oleh ulama Negeri kita Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitabnya Nihayat Az-Zain 181, sebagai berikut:

Fiqh Zakat Fitrah #3: Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah, Kapan?

Kelima, Waktu haram : Yaitu, setelah tenggelamnya matahari tanggal 1 Syawwal kecuali jika ada udzur seperti hartanya tidak ada ditempat tersebut atau menunggu orang yang berhak menerima zakat, maka hukumnya tidak haram.

Fiqh Zakat Fitrah #2: Syarat, Kadar dan Jenis Zakat Fitrah

Salah satu kewajiban yang harus ditunai seseorang kala bulan Ramadhan tiba berupa zakat fitrah dengan ketentuandan syarat yang telah ditetapkan oleh syariat