Kitab Hasyiyah Dardir Ala Qishah Al-Mi'raj

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab145
PengarangImam Abu al-Barakat Ahmad Ibn Muhammad Ibn Ahmad al-Adawiy al-Malikiy al-Khalwatiy Tahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitDaar Ihya Al Kutub Al Arabiyyah Fan/KategoriSejarah
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kitab yang sering dikaji dalam pengajian Rajab.  
Karya  Imam Abu Al-Barakat Ahmad Ibn Muhammad Ibn Ahmad Al-Adawiy Al-Malikiy Al-Khalwatiy  (w. 1127 H/1715 M). Isra' Mi'raj merupakan salah satu kejadian luar biasa dna di luar nalar manusia, serta sebagai momen awal mula diwajibkannya shalat lima waktu.

Untuk mengenang peristiwa besar tersebut, biasanya masyarakat muslim akan merayakannya dengan aneka kegiatan, mulai dari pengajian, lomba-lomba islami dan lain sebagainya.

Meskipun ada perbedaan diantara para ulama mengenai waktu kejadian Isra' Mi'raj, namun kebanyakan mereka sepakat, terjadi pada bulan Rajab. Semua yang pernah mengenyam pendidikan pesantren, tentu tak akan asing dengan nama Syaikh Ahmad Dardir dan kitabnya itu.

Kitab Dardir tersebut merupakan kitab Syarah atau penjelas dari Kitab Qisshotul Mi’roj Karya Imam Najmuddin Al-Ghoithy (w: 984 H) keduanya merupakan ulama Mesir dan berdedikasi penuh terhadap khazanah keislaman. Keduanya sangat berjasa mengenalkan Peristiwa Isra’ Mi’raj di kalangan warga Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan hampir semua pesantren pasti mengajarkan Kitab Dardir mi’roj Itu.

Kitab ini menceritakan tentang kisah perjalan Rosulullah SAW pada malam Isra Mi’roj. Berbeda dengan kitab siroh lainnya kitab ini ditulis secara spesifik tentang perjalanan isra’ miraj Rosulullah yang merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Dari peristiwa inilah lahir perintah ibadah sholat maktubah yang dijalan semua umat muslim hingga saat ini.

Metode penulisan yang disajikan dalam kitab ini adalah dengan menuliskan matannya kemudian syarah dari musonnif, kitab disusun secara sistematis dengan jumlah halaman 31cetakan darul Ihya Al Kutub Al Arabiyyah.

 

Terimakasih telah membaca Kitab Hasyiyah Dardir Ala Qishah Al-Mi'raj,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

 Kitab Hasyiyah Dardir Ala Qishah Al-Mi'raj (PDF)

 

PENULIS              

:

Imam Abu Al-Barakat Ahmad Ibn Muhammad Ibn Ahmad Al-Adawiy Al-Malikiy Al-Khalwatiy 

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

Daar Ihya Al Kutub Al Arabiyyah 

   

 

TAHUN                

:

 M /  H

       

 

Tebal                  

:

31 halaman (PDF)

       

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!