Kitab I’anah Al-Thalibin – Juz 3

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab499
PengarangAl-‘Allamah ‘Abu Bakr Utsman bin Muhammad Syata al-Dimyathi al-Bakri Tahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitDar ihya Al-kutub Al - ArobiyahFan/KategoriFiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Juz 3 Membahas tentang  Bab : Jual Beli,Ijaroh,Ariah,Hibah,Wakaf,Ikror,Wasiat,Faroid,Nikah.
Karya Al-‘Allamah ‘Abu Bakr Utsman bin Muhammad Syata al-Dimyathi al-Bakri. Lahir Makkah tahun  1226 H/1849 M, wafat 13 Dzul­hijjah tahun 1310 H/1892 M, beliau seorang guru terkenal di Masjidil Haram Makkah pada zamannya.
Makna i’anah adalah menolong. Tholibin bisa kita terjemahkan para pelajar atau para santri atau para penuntut ilmu. Sesungguhnya kitab ini merupakan kitab mashyor, meskipun tergolong kitab yang munculnya akhir kurun yang terkebelakang, yang lebih kurang berusia 130-an tahun. Kitab I’anatuth Tholibin merupakan syarah kitab Fath Al-Mu’in. Kedua kitab ini termasuk kitab-kitab fiqih Syafi’i yang paling banyak dipelajari dan dijadikan pegangan dalam memahami dan memu­tuskan masalah-masalah hukum. Dalam forum-forum bahtsul-masail (pengkajian masalah-masalah), kitab ini menjadi salah satu kitab yang sangat sering dikutip nash-nash­nya. Kemashyoran kitab ini dapat dikata­kan merata di kalangan para penganut Madzhab Syafi’i di berbagai belahan dunia Islam.

Disusun sebagai hasyiah (komentar) bagi Kitab Fath al-Mu’in bi Syarh Qurrah al-‘Ayn bi Muhimmah al-Din. Kitab Fath al-Mu’in  merupakan karya  ‘al-‘Allamah Zainuddin al-Malibari (987H),  sebagai huraian (syarah) bagi  sebuah kitabnya, yaitu Kitab Qurrah al-‘Ayn bi Muhimmah al-Din.

Dalam buku Sejarah dan Keagungan Mazhab Syafi’i, K.H. Sirajuddin Abbas mengatakan bahwa Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi, pengarang kitab I’anah al-Thalibin ini sangat berjasa memberikan pelajaran kepada mukimin-mukimin dari Indonesia, sehingga pada permulaan abad ke-14 H  banyak ulama-ulama murid dari beliau yang mengembangkan mazhab Syafi’i di Indonesia, sehingga ajaran itu merata di seluruh kepulauan di Indonesia.

Terimakasih telah membaca  Kitab I’anah al-Thalibin , di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab I’anah Al-Thalibin – Juz 3   (PDF)

 

PENULIS              

:

Al-‘Allamah ‘Abu Bakr Utsman bin Muhammad Syata al-Dimyathi al-Bakri 

 

 

PENERJEMAH   

:

-----------

     

 

PENERBIT           

:

Dar ihya Al-kutub Al - Arobiyah

   

 

TAHUN                

:

--- M / ---H

       

 

Tebal                  

:

396  halaman (PDF)

       

 

                         

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!