Kitab Qotrul Ghoits (Syekh Nawawi Al-Bantani)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab756
PengarangSyekh Muhammad Nawawi Al-BantaniTahun Terbit Masehi/Hijriah1897 M/1314 H
PenerbitFan/KategoriIlmu Tauhid
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Salah satu kitab yang membahas tentang ilmu tauhid.
Karya Ulama Nusantara yakni Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani. Dalam khazanah keilmuan Islam klasik (salafiyyah) di Indonesia bahkan di dunia, nama Syekh Nawawi Al-Bantani jelas sudah tidak asing lagi. Beliau adalah salah seorang Ulama Indonesia yang memiliki pengaruh sangat besar dalam studi keislaman yang pada saat itu beliau berada di Mekkah. Beliau memberikan sumbangsih besar terhadap Indonesia walaupun beliau berada di Makkah, beliau membina putera-putera bangsa yang berada di Makkah. Usahanya terbukti dengan lahirnya ulama-ulama besar Indonesia dari murid-murid beliau diantaranya, Syekh Kholil waliyyullah (Bangkalan-Madura), KH. Asy'ari (Bawean, murid sekaligus anak menantu Syekh Nawawi dari puteri beliau yang bernama Maryam binti Syekh Nawawi), dan Hadratus Syekh KH. M Hasyim Asy'ari (Tebuireng-Jombang-Jawa Timur, pendiri jam'iyah Nahdlatul Ulama).

Begitu besar pengaruhnya dari upaya Syekh Nawawi al-Bantani, sehingga beliau mendapat gelar kehormatan dari Arab Saudi, Mesir, dan Suriah, diantaranya adalah Sayyidu 'Ulama' Al-Hijaz (Pemuka Ulama Hijaz), Al-Mufti (Pemberi Fatwa), dan Al -Faqih (Pakar Fikih/orang yang sangat dalam ilmunya).

Kitab ini merupakan syarah dari matan kitab Masail Abi Laits As-Samarqandi, beliau merupakan salah satu pakar ilmu akidah dan fikih Hanafi pada abad ke-4 Hijriah. Matan Masail Abi Laits ini terfokus pada pembahasan hakikat dari iman, dengan penulisan berupa tanya jawab pada setiap metode keseluruhannya mengumpulkan 17 masalah. Syekh Nawawi Al-Bantani memberikan penjelasan singkat dari teks asli (matan) dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, baik penjelasan terkait susunan kata, makna kata ataupun penjelasannya dijabarkan secara luas dengan menyertakan argumentasi para ulama seputar masalah terkait dan ayat-ayat Al-Qur’an serta hadis Nabi SAW. Kemudian tidak jarang pula Syekh Nawawi mengemukakan pendapatnya baik dalam bentuk tarjih atas pendapat yang telah dikemukakan sebelumnya atau dalam bentuk penjelasan lebih lanjut dari masalah yang sedang dibahas.

Kitab ini merupakan salah satu bacaan yang tepat bagi pemula yang ingin mendalami lautan ilmu akidah, atau bahkan bagi orang-orang yang sekedar ingin mempelajari dasar-dasar ilmu akidah. kitab ini merupakan ringkasan dari sebagian rukun dan ushul akidah Asy'ariyah dan Maturidiyah yang sangat mudah dipahami dan dipelajari, sehingga bisa dijadikan rujukan bagi siapapun yang ingin mempelajari ilmu akidah.

Terimakasih telah membaca Kitab Qotrul Ghoits, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Qotrul Ghoits (PDF)

 

PENULIS              

:

Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani

 

 

PENERJEMAH   

:

       

 

PENERBIT           

:

     

 

TAHUN                

:

1897 M / 1314 H

       

 

Tebal                  

:

33 Halaman (PDF)

       

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!