Al Qur'an

 

Keutamaan dan Adab Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi)

Tadabbur Surat Al-Fatihah sebagai Sumber Kemaslahatan Sosial

Surat Al-Fatihah juga dijadikan objek dalam nilai kebaikan sosial oleh Allah SWT. Allah mengistimewakan Al-Fatihah dengan bacaan yang mudah tetapi dengan berbagai kandungan nilai yang tidak dapat ditandingi.

Syahid adalah Pemberian, Janganlah Kita Meminta

Dalam fatwa para ulama, ketika ada orang perang, lalu meminta syahid kepada Allah itu bukanlah hal yang tepat.Karena dengan syahid, berarti berakhir memperjuangkan nilai dan kalimat yang mengangkat kalimat Allah.

Terlalu Banyak Memikirkan Surga?

Zaman dahulu masih banyak orang-orang sholeh yang alim. Sedangkan di zaman akhir seperti ini sudah tidak banyak lagi seperti dahulu.

Memandang Manusia sebagai Manusia?

Bahwa Allah memerintahkan kepada kita semua untuk menghormati manusia. Bahkan juga kepada seluruh alam semesta diperintahkan untuk menghormati manusia sebagai manusia.

Pendidikan Akhlak Membentuk Generasi Rabbani

Pendidikan akhlak merupakan bagian besar dari isi pendidikan Islam. Posisi ini terlihat dari kedudukan Al-Qur’an sebagai referensi paling penting tentang akhlak bagi kaum muslim baik secara individu, keluarga, masyarakat dan bahkan umat.

Memandang Lautan, Ibadah dan Sunnah Rasulullah

Disebutkan dari Aisyah bahwa Rasulullah bersabda: “Melihat pada tiga perkara adalah ibadah. Melihat wajah ibu bapak, melihat al-Quran dan melihat lautan.”  (HR. Abu Nuaim) dan ditambah dengan “Melihat Ka’abah” dalam riwayat Abu Daud

Tiga Perilaku yang Sangat Dibenci Rasulullah SAW

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam Kitab Riyadhush-Shalihin, Imam An-Nawawi menukil sebuah hadis yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dari Jabir RA. Pada suatu kesempatan, Rasulullah SAW berkumpul dengan sahabatnya, lalu memberi petuah yang menggetarkan hati.