Pondok Pesantren Al-Hidayah Jambi

Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Jambi didirikan oleh Gubernur Jambi, berdasarkan Surat Keputusan No. 226 Tahun 1983 Tanggal 14 Juli 1983

Pesantren Burhanul Hidayah Sidoarjo

Pondok Pesantren Burhanul Hidayah didirikan pada awal tahun 1997 yang bertempat didesa Jenggot Krembung Sidoarjo, dibawah asuhan Romo KH. Sunhaji AS, S.Pd, M.Pd.

Pesantren Darul Hidayah-Pringsurat, Temanggung

Pondok Pesantren Darul Hidayah merupakan salah satu wadah pendidikan bermetodekan Salafiyyah yang berada di Kabupaten Temanggung lebih tepatnya di Dusun Krajan 2

Pesantren Al-Hidayah Sondriyan, Ngawi

Pondok pesantren Al Hidayah merupakan salah satu pondok pesantren yang didirikanoleh KH. Khoirul Anam Mu’min SH, MHI yang berasal dari Bojonegoro, JawaTimur. Pada tahun 1997 Pondok pesantren ini didirikan di Desa Sondriyan Desa Majasem Kecamatan Kendal kabupaten Ngawi

SMK NU Al Hidayah Kudus

Pada tahun 2009 atas inisiatif pengurus yang di motori oleh Bapak Zainudin, S.Ag yang saat itu sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci diresmikanlah berdirinya SMK NU Al Hidayah.

Pesantren (Dayah) MUDI Mesra, Aceh

Lembaga Pendidikan Islam Ma‘hadal Ulum Diniyyah Islamiyyah Mesjid Raya (MUDI Mesra) berlokasi di Desa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.

Pesantren (Dayah) Ummul Ayman Aceh

Dayah Ummul Ayman YUA, adalah sebuah lembaga sosial yang berdomisili di Desa Gampong Putoh Kemukiman Mesjid Raya Kecamatan Samalangan Kabupaten Bireun Propinsi Aceh ummul_ayman@yahoo.com"

Pesantren (Dayah) Darul Mu'arif Aceh Besar

Pesantren / Dayah Istiqamatuddin Darul Mu'arif yang didirikan oleh Alm. Tgk. H. Muhammad bin Zamzami sekitar tahun 1969 M.

Pesantren (Dayah) Terpadu Inshafuddin Banda Aceh

Dayah Terpadu Inshafuddin adalah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Inshafuddin yang beralamat di Jl. Mujair No. 1A Desa Lambaro

Pesantren Fathul Hidayah Pangean, Lamongan

Pondok Pesantren Fathul Hidayah Pangean terletak di desa Pangean Kecamatan Maduran ±38 Km dari pusat ibukota Kabupaten Lamongan.

Dayah Ulumuddin Lhokseumawe

Dayah Ulumuddin Uteunkot Cunda - Lhokseumawe, Aceh-Indonesia merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang menganut sistem pondokan

Pesantren (Dayah) Darul Abrar Aceh

Pada Tahun 2000 di Nanggroe Aceh Darussalam Khususnya Calang pada saat itu masih bagian dari pada kabupaten Aceh Barat

Pesantren (Dayah) Raudhatul Ma’arif Aceh

Raudhatul Ma’arif adalah sebuah lembaga pendidikan Islam (dayah) yang terletak di komplek Mesjid Al-Akmal Desa Cot Trueng

Pesantren (Dayah) Babussalam Al-Aziziyah Aceh

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Dayah Babussalam Al-Aziziyah merupakan salah satu dayah tua di Aceh. Lembaga Dayah yang berlokasi di jalan Banda Aceh-Medan

Pesantren (Dayah) Nurul Ihsan Aceh

Pada tahun 1994 juga balai pengajian yang saat itu dipimpin oleh Tgk. Saridin Sulsi semakin maju yang ditandai dengan semakin bertambahnya santri baik pada siang hari maupun pada malam harinya.

Pesantren (Dayah) Ruhul Falah Aceh

Dayah Ruhul Falah didirikan pada tahun 2003 oleh Al Fadhil Tgk.H.Ibrahim Hasyim atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ayah Samahani.

Pesantren (Dayah) Ruhul Fata Aceh

Lembaga Pendidikan Islam Dayah Ruhul Fata merupakan salah satu dayah Salafiah yang mempunyai dasar-dasar / prinsip Islam yang kuat di Provinsi Aceh, terletak di Gampong

Pesantren (Dayah) Madani Al-Aziziyah Aceh

Yayasan Dayah Madani Al-Aziziyah adalah lembaga pendidikan yang berbasis salafiyah dan pendidikan modern.

Pesantren (Dayah) Modern Darul ‘Ulum Aceh

Dayah Modern Darul ‘Ulum YPUI Banda Aceh didirikan oleh Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI) pada tanggal 01 Juni 1990

Pesantren Putri Al Hidayah Cilacap

Pondok Pesantren Al Hidayah dirintis oleh KH.Muhammad Minhajul Adzkiya’ -rahimahullah- sebelum masa kemerdekaan, namun tidak ada data akurat mengenai tahun pastinya.

Pesantren Nurul Hidayah, Bandung, Kebumen

Pondok pesantren “Nurul Hidayah” ( PPNH ) adalah pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Kebumen, tepatnya di Desa Bandung, Rt. 04 Rw. 02 Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah.

SMA Ma'arif Nurulhidayah, Cikelet, Kab. Garut

SMA Ma'arif Nurulhidayah, Cikelet adalah Sekolah lanjutan tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Ma'arif yang diperuntukan lulusan dari SMP.

Pesantren al-Hidayah Panembong Garut

Pesantren yang sudah eksis di Garut sejak abad ke-19 adalah Pesantren al-Hidayah. Pesantren ini berlokasi di Panembong, Bayongbong, Garut.

Pesantren Miftahul Hidayah Purwakarta

Pondok Pesantren Miftahul Hidayah adalah Lembaga Pendidikan Islam yang berdiri sejak tahun 1959 M. yang selalu berupaya agar para santrinya mampu berakhlaqul karimah dan beramal dengan ilmunya.

Pesantren Darul Hidayah Runting Pati

Yayasan Pendidikan Islam Darul Hidayah (YPIDH) Runting adalah salah satu yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah, ekonomi dan sosial keagamaan di Pati.

Dayah sebagai Sekolah bagi Masyarakat

Belajar di dayah tidak membutuhkan banyak uang. Inilah yang menjadi faktor penting bagi masyarakat yang secara ekonomi tidak mampu. Rakyat bisa belajar di dayah meskipun sangat miskin. Umumnya, dayah-dayah tidak membebankan murid-murid untuk membayar uang pendidikan.

Kebangkitan Peran Masjid dan Dayah untuk Memperkuat Ekonomi Umat

 Kebangkitan Peran Masjid dan Dayah untuk Memperkuat Ekonomi Umat

Sekjend HUDA Ultimatum Beberapa Dayah yang Beraliran Wahabi di Aceh

Sekjend Himpunan Ulama Dayah Aceh Tgk. H. Tu Bulqaini yang berkedok aswaja (nama dayah mengunakan nama ulama aswaja)

Pesantren Ekologi #1: Sebuah Solusi Kemandirian?

Nilai luhur "dengan khasnya mandiri dan tidak bergantung sepenuhnya kepada pemerintah, tentu saja dapat menjaga jarak dengan pemerintah dan mampu berfungsi sebagai pengontrol dan pengkritik kebijakan pemerintah, ?

Ini Pesan Abah Iswadi Arsyad Laweung Dalam Perpisahan Kabilah Isa Murti Dayah MUDI Samalanga

Abah menuturkan kabilah tersebut didirikan 2012 dan kini santrinya terus bertambah dari tahun ke tahun.

Pesantren Ekologi #2: Ekonomi Berbasis Edukasi

Namun  juga di harapkan insan dayah dapat menjalankan kegiatan operasional pendidikan hingga kehidupan santrinya dengan jalan kewirausahaan terpadu.

Syekh Abdul Aziz Samalanga #1: Sang Penentang Wahabi di Aceh Juga Tokoh Pencetak Kader Ulama Kharism

kesempatan Allayurham selalu menjelaskan kesesatan dan penyebaran faham wahabi kepada muridnya. Walhasil banyak para muridnya yang diatkuti para wahabi pasca berpulang kerahmatullah Abon Aziz, diantaranya Abu Ishak Lamkawe, Abu BUDI Lamno, Abu Panton, Syeikh H.Hasnoel Basri HG (Abu MUDI, pimpinan dayah MUDI sekarang dan menantunya), Almarhum Abon Luthfi Seulimum dan masih banyak lainnya.

Pesantren Ekologi #4: Ponpes Harapan Umat

Sekali lagi diharapkan  Pesantren mampu melahirkan kombinasi kader “warisatul ambia”, profit oriented dan human oriented, tentunya  dengan adanya Pesantren ekologi itu setidaknya memberi warna baru dalam menjawab problema dan solusi untuk di era globalisasi ini. Perlu kita pahami juga untuk melahirkan sebuah perubahan dan program butuh waktu dan kesabaran serta optimisme.

IAI Al-Aziziyah Samalanga #2: Sang Mercusuar Pendidikan Aceh Dalam Menjawab Perubahan Zaman

Tentunya ini sebagaimana dalam istilah Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Mahally. Lantas bagaimana dengan problema  Qaul Jadid versus Qaul Qadim disini? 

IAI Al-Aziziyah Samalanga #3: Lokomotif Pendidikan Aceh Kian Bersinar

dilakukan dan saban tahun mahasiswanya terus membludak.Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah dalam jangka waktu yang bertahap mengemban visi untuk terwujudnya Institut ini.

Biografi Abi Hanafiah Samalanga (Teungku Abi) 

Di masa kepemimpinan Tgk. Abi, tidak banyak perubahan dari segi pembangunan asrama dari masa sebelumnya. Hanya saja jumlah pelajar sedikit bertambah yang dulunya 100 orang putra kini menjadi 150 orang, sedangkan jumlah santriwati kurang lebih berjumlah 50 orang, sama seperti masa sebelumnya saat masih dipimpin oleh Tgk. Syihabuddin bin Idris (Teungku Chiek Samalanga (I))

Peran Pemuda Mengisi Kemerdekaan Menurut Alumni Ponpes Darul Munawwarah Kuta Krueng

“Jadi, jelaslah bahwa esensi pemuda itu terletak pada kekuatan keimanan dan ketakwaan kepada sang khalik. Walhasil standarisasi sang pemuda itu bukan terletak pada umur tetapi jati diri dan spritualisme yang dimiliki

IAI Al-Aziziyah Samalanga #4: Mercusuar Ilmu Menuju Go Internasional

IAI Al-Aziziyah Samalanga mempunyai misi yang ditempuh dalam jangka panjang berdasarkan pada visi di misi.

Ini Tips agar Anak Mudah Dinasihati Orang Tua

Tips jitu agar nasihat orang tua dapat diterima oleh anak dan anak memperoleh hidayah.

Innalillahi ! Dayah Ummul Ayman II Terbakar

Ia menyebutkan kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa dan bantuan mobil pemadam kebakaran pasca shalat Jum'at. 

Santri Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga Aceh Membeludak, Shalat Jamaahpun di Pinggir Jalan

Melihat fenomena ini tentunya area dan lingkungan dayah tersebut perlu perluasan terlebih membeludaknya santri baru yang memilih dayah yang

Dayah Warkop #1: Reformasi Dakwah Zaman Now

Pada masa kesultanan Aceh, dayah menawarkan tiga tingkatan pengajaran, yakni rangkang (junior), balee (senior), dan dayah manyang (universitas). Di beberapa dayah hanya terdapat rangkang dan balee, sedangkan di tempat lain hanya ditemui tingkat dayah manyang saja. Meskipun demikian di tempat tertentu juga terdapat tiga tingkatan sekaligus, mulai junior sampai universitas.

Syekh H. Abdul Aziz Samalanga #8: Sosok Waliyullah Aceh

Abon Aziz merupakan sosok ulama yang telah banyak melahirkan kader ulama dan tokoh dalam masyarakat.

Dayah Warkop#3: Warung Kopi Vs Dayah

Dayah yang kita maksudkan disini bukanlah dayah secara esensialnya dayah Darussalam labuhan Haji, Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, tetapi dayah disini hanya tempat dalam mewarnai dakwah agama di negeri indatu ini. Persoalaan demikian perlu di pertegaskan untuk tidak “mencoreng” kesakralan dayah dan patenitas dayah itu sendiri.

Dayah Warkop #4: Manajemen Dakwah Modern

Tentu saja perubahan sosial menunjuk kepada arah tertentu, maka dakwah Islam itu berfungsi memberikan arah dan corak terbaik terhadap tatanan masyrarakat secara terus menerus ditengah-tengah dinamika perubahan sosial, agar tidak satu segipun yang terlepas dari pengarah dakwah.

RTA Pidie Akan Menggalang Dana Bantuan Kebakaran Dayah Ummul Ayman II

Ulama muda Pidie ini  mengharapkan masyarakat dapat menghadiri pengajian dan zikir Tastafi ini. Terlebih ini juga sebagai momentum bulan Zulhijjah,membantu dan menyisihkan sedikit bantuan untuk dayah Ummul Ayman II tersebut yang menghanguskan dayah tersebut dan kerugian jutaan rupiah itu.

Dayah Warkop #5: Menjemput Syariat Dalam Secangkir Kopi

Bentuk dakwahnya bersifat tidak menggurui namun suasananya ditekankan lebih pada menciptakan ikim yang ramah dan tidak kaku. Diantara komunikasi dakwah di Dayah Warung Kopi (Darkopi), ketika azan berkumandang setidaknya dihentikan aktifitasnya dan diajak “santri Darkopi” dengan pendekatan mau’izah bilhasanah (dakwah perbuatan) dimana para pengelola dan stafnya menjalankan shalat secara berjamaah.

Dayah Internet Menjawab Problema Zaman Now

Melihat fenomena ini ”E-learning Dayah” sudah sangat layak dan masanya untuk diterapkan didayah dalam mensyiarkan dakwah dan agama berbasis dayah, bermacam program agama baik pengajian, kitab dan tulisan yang mengupas tentang agama berbasis dayah dapat di programkan dapat aplikasi “E-Learning Dayah” dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi dan informasi yang ki

Dayah Warkop #6: Santri Warkop Vs Mahasiswa Warkop ?

Sebenarnya kegelisahan sang Rektor ini secara tidak langsung telah “jawab” oleh sosok intelektual muda kampus dan alumni Dayah yang sangat peduli dalam kebangkitan dan pemberdayaan dayah, beliau merupakan Teungku Teuku Zulkhairi,  tokoh muda yang giat dan gigih  terhadap perkembangan dayah mengulasnya secara sepinta

Abu Manan Blang Jruen Isi Ceramah Haul Ke-XI Dayah Ma''had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah

"Insya Allah, tahun ini memperingati Haul Dayah Babul Ulum Abu Lueng Ie Ke-XI dan Tahun baru Islam (Muharram), kami mengundang Abu Manan Blang Jruen, Aceh Utara mengisi dakwah Islamiah malam minggu ini, (15/9/2018)," kata Tgk. Zulfikar Buloh selaku

Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Selenggarakan Aneka Lomba Muharram

Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Selenggarakan Aneka Lomba Muharram

Meriahnya Aneka Lomba Muharram Se-Aceh di Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga

Meriahnya Aneka Lomba Muharram Se-Aceh di Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga

Dayah Darul Ihsan Krueng Kalee Aceh Kembali Undang Syaikh Ayyub Aljazair Demi Memperkuat Aqidah dan

Dayah Darul Ihsan Kembali Undang Syaikh Ayyub Aljazair Demi Memperkuat Aqidah dan Bahasa

Alumni Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga ini Meraih Doktor Muda di UINSU

Alumni Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga Ini Meraih Doktor Muda di UINSU Dengan Nilai Sangat Memuaskan

Innalillahi! Guru Senior dan Mantan Wadir Dayah Putri MUDI Masjid Raya Samalanga Meninggal Dunia

Innalillahi! Guru Senior dan Mantan Wadir Dayah Putri MUDI Masjid Raya Samalanga Telah Berpulang Kerahmatullah

Syekh H. Ibrahim BUDI Lamno #2:  Kiprahnya dan Keunikan Tradisi Pendidikan Dayah BUDI Lamno

Syekh H. Ibrahim BUDI Lamno #2:   perjuangan Kiprahnya dan Keunikan Tradisi Pendidikan Dayah BUD Lamno

Pesantren Al-Hidayah An-Nuuriyah Gresik

Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah berdiri tahun 1988 dengan tujuan mencetak santri yang fasih membaca Alquran, berpengetahuan luas, berkualitas, bertaqwa, dan mampu menyebarkan agama di masyarakat

Pidie Raih Juara Umum Tahun Ini di Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga

Pidie Raih Juara Umum Tahun Ini di Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga

Abi MUDI Umumkan Dewan Guru Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga Tahun Ini

Abi MUDI Umumkan Dewan Guru Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga Tahun Ini

Syekh H. Ibrahim BUDI Lamno #4: Sang Mercusuar di Tengah Umat dan Awal Kisah Mendirikan Dayah BUDI

Syekh H. Ibrahim BUDI Lamno #4: Sang Mercusuar Ditengah Umat dan Awal Mendirikan Dayah BUDI

Syekh H. Ibrahim BUDI Lamno #5: Perkembangan Dayah BUDI Lamno Dekade Awalnya Hingga Luar Negeri

Syekh H. Ibrahim BUDI Lamno #5: Perkembangan Dayah BUDI Lamno Dekade Awalnya Hingga Luar Negeri

Mengintip Taman Surga Dunia

Dayah Sang Surga Dunia

Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga #1: Pesantren Tertua dan Terkenal di Nusantara

Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga #1: Pesantren Tertua dan Terkenal di Nusantara

Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga #4: Melahirkan Banyak Ulama Kharismatik dan Sang Oasis Dayah  Nusan

Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga #4: Melahirkan Banyak Ulama Kharismatik dan Sang Oasis Dayah  Nusantara  dan Dunia

Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga #5: Al-Mursyid Abu MUDI Sang Mujaddid dan Modernisasi Pendidikan Da

Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga #5: Al-Mursyid Abu MUDI Sang Mujaddid dan Modernisasi Pendidikan Dayah

Samalanga dan Batee Iliek #3: Peranan Strategis Teungku dan Dayah

Samalanga dan Batee Iliek #3: Peranan Strategis Teungku dan Dayah

Dayah dan Pendidikan Inklusif

Dayah dan Pendidikan Inklusif

Mewacanakan Dayah Inklusif

Mewacanakan Dayah Inklusif

Peran Dayah Sebagai The Central Of Religious Learning

Peran Dayah Sebagai The Central Of Religious Learning Aceh Sebagai The Central Of Religious Learning Aceh

Dayah Sebagai Agen Pembangunan

Dayah Sebagai Agen Pembangunan.

Mengimpikan Dayah Inklusif Aceh, Kapankah?

Mengimpikan Dayah Inklusif Aceh, Kapankah?

Ayah Panti Sang Sosok Fenomenal Dayah dan Bergaul Semua Elemen serta Lapisan Masyarakat

Ayah Panti Sang Sosok Fenomenal Dayah dan Bergaul Semua Lapisan Masyarakat Termasuk Parpol

Menelusi Dayah dalam Perspektif Historis

Pada gilirannya, kejadian ini menunjukkan bahwa kata zawiyah, yang sangat banyak dipakai di Jazirah Arab, kemudian diperkenalkan ke Aceh melalui hubungan tersebut. Kendatipun, dayah dianggap sama dengan pesantren di Jawa dan surau di Sumatera Barat, namun ketiga lembaga pendidikan tersebut tidaklah persis sama, setidak-tidaknya latar belakang historisnya.

Dayah dalam Kehidupan Masyarakat Aceh

Meskipun C. Snouck Hurgronje mengatakan deah (dayah) dan rangkang beberapa kali dalam The Atjehnese-nya, dia tidak membicarakannya secara komprehensif atau memberikan kontribusi yang berarti bagi pemahaman kita mengenai lembaga tersebut.

Cot Kala Sosok Dayah Pertama di Nusantara

Menurut A. Hasjmy, sejarawan lokal terkemuka, setelah Kerajaan Islam Peureulak pertama kali berdiri pada bulan Muharram tahun 225 H. (840 M.), sultan mendirikan beberapa lembaga pendidikan Islam.

Pembaharuan Dayah di Aceh

Guru menerangkan teks-teks agama kepada murid- murid yang duduk di sekitar atau di depannya, mendengarkan diskusi dan  berpartisipasi  dalam  kegiatan  tersebut.

Teungku Chiek dalam Jenjang Dayah

Karena itu, setelah belajar beberapa tahun secara bertahap, ia akan terjun ke dunia kehidupan  atau  bekerja  sebagai  guru  di  meunasah.  Kebanyakan  dari mereka mungkin menjadi da‟i atau  imam-imam  di masjid-masjid. Sedikit dari mereka yang melanjutkan hingga diakui sebagai ulama dayah.

Signifikansi Dayah Aceh

Sebagaimana telah dijelaskan, sejak pertama kali Islam datang ke Aceh, bahwa tidak terdapat lembaga pendidikan lain kecuali dayah. Lembaga ini telah menghasilkan beberapa sarjana terkenal dan  pengarang  yang  produktif.  Pada  abad  ke-17,  ketika  masa kejayaan  Kerajaan  Islam  Aceh,  

Dayah Sebagai Lumbung Reformasi Masyarakat

Dayah telah banyak mengabdi kepada rakyat Aceh terutama dalam hal menghasilkan pemimpin masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan agama. Orang-orang tersebut telah memainkan peran yang penting dalam membina komunitasnya dalam bidang keyakinan dan praktik agama.

Dayah Sebagai Lumbung Belajar Agama dan Cendekiawan

Dalam beberapa sejarah tercatat bahwa, sejak pertama kali Islam datang ke Aceh, bahwa tidak terdapat lembaga pendidikan lain kecuali dayah. Lembaga ini telah menghasilkan beberapa sarjana terkenal dan pengarang yang produktif.

Dayah Mendidik dan Melahirkan Ulama serta Generasi Ikhlas

Sebagai agen pembangunan, lulusan dayah nampaknya memainkan peran intelektual yang telah membawa ide-ide segar kepada masyarakat. Dengan Islam, mereka membentuk tali persaudaraan di kalangan masyarakat Aceh, yang berlandaskan pada konsep persamaan manusia dalam agama, yang dalam masyarakat mereka menemukan adanya pikiran memandang rendah satu sama lain.

Dayah Sekolah bagi Masyarakat

Asisten guru dipilih dari murid, mereka bekerja secara sukarela tanpa bayaran. Mengajar kawan sebaya mereka adalah salah satu proses yang dilalui ketika belajar di dayah, dan kegiatan ini dipandang sebagai ibadah. Keadaan inilah yang menjadikan agak mudah bagi masyarakat untuk memperoleh kesempatan belajar.

Komitmen Ulama terhadap Sosial-Politik Keacehan

Menurut pendapat ulama, Islam tidak hanya terdiri dari urusan ibadah belaka, tetapi juga mencakup lembaga-lembaga dan sistem; karena itu pemerintahan harus dijalankan oleh penduduk sendiri. Negara juga harus memiliki kejelasan wilayah kekuasaannya. Dengan demikian, agresi penjajah pemerintah   Belanda   telah   melanggar   sistem-sistem   yang   mana diyakini bagian dari ajaran Islam.

Lahirnya Da'i Kondang dari  Dayah

Dakwah mereka sangat diminati oleh masyarakat khususnya mereka yang menetap di kampung ketimbang dakwah yang  dilakukan oleh  da‟i lulusan sekolah umum atau  madrasah, termasuk lulusan dari IAIN-IAIN. Pada awal tahun Orde Baru, Tgk. M. Daud Beureueh melaksanakan safari ke wilayah Aceh untuk berceramah tentang Islam.

Ulama dan Umara Mengancam Merajalelanya Maksiat di Aceh

 Sebab, mereka akan sangat mudah memperoleh alkohol. Pada tahun 1986, di awal-awal ke- pemimpinan   Ibrahim   Hasan   sebagai   gubernur   Aceh,   ulama   Aceh menuntut pelarangan jual beli PORKAS (lotre) di Aceh. Lottre tersebut dijual secara luas dan karcis-karcisnya di jual di propinsi lain.

Dayah Benteng Terakhir Umat dan Lembaga Pendidikan Mandiri

Meskipun demikian, di tempat tertentu juga terdapat tiga tingkatan sekaligus, mulai dari junior sampai universitas.   Sebelum   murid   belajar   di   Dayah,   mereka   sudah mampu membaca al-Quran. Kemampuan membaca Al-Quran tersebut,

Mubes HUDA ke III Akan Perteguh Eksistensi Ulama dalam Merevitalisasi Peradaban Islam

Mubes HUDA ke III Akan Perteguh Eksistensi Ulama dalam Merevitalisasi Peradaban Islam

Enam Hafiz Terbaik Binaan Disdik Dayah Kota Banda Aceh

Program Tahfiz yang dijalankan Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh telah berlangsung dari awal 2018. Sebanyak 44 santri binaan menimba ilmu tahfiz di dua Dayah di Banda Aceh, yakni Dayah Mabdaul Ulum Al Aziziyah dan Dayah

Alumni Dayah Aceh Kritisi Pernyataan Ketua Umum PSI

Dalam kesempatan tersebut, Jubir ISAD, Tgk Mustafa Husen Woyla menanggapi isu terkini, diantaranya, terkait pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia

Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bukan Hanya Pendonor Ilmu Juga Terkenal Pendonor Darah

Salah satu kebaikan tersebut membantu dibidang kemanusiaan dengan menjadi pendonor darah. Kegiatan ini juga sudah memasyarakat dan telah dilaksanakan di berbagai tempat termasuk dayah

Guru Besar Universiti Islam Sultan Syarif Ali Brunei Darussalam Ikut Hadir di Mubes HUDA

“Rangkaian acara Mubes yaitu seminar internasional, pembahasan tata tertib Mubes, pemilihan ketua baru, zikir akbar di Markas HUDA dan bazar, ” kata Tgk. Faisal Ali yang juga Wakil Ketua MPU Aceh ini.

HUDA Gelar Mubes ke III

Pengurus Besar (PB) Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) yang ke III. Pembukaan Mubes tersebut berlangsung di hotel Grand Aceh Syariah, Sabtu (24/11/2018) di Banda Aceh. Adapun dalam mubes tersebut

Pesan dan Wasiat Syaikhul Islam Abuya Muda Waly Al-Khalidy di Mesjid Syaikhuna Dayah Labuhan Haji

Sangat banyak ulama yang lahir lewat tangan beliau. Sangat banyak gelar dan titel yang patut di sematkan kepada Abuya bukan hanya Al-Mursyid, Al-Muhaqqid Wal Tadqiq bahkan al-Mujaddid sekalipun juga sangat banyak kemulian lainnya

Meriahnya Perayaan Maulid di Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek

Tgk. Ahmad Yani, M. Pd selaku Humas DJA Batee Iliek menyebutkan perayaan maulid tahun ini dibandingkan setahun yang lalu sangat meriah. Terlebih tamu undangan dan lainnya

Dayah Istiqamatuddin Darul Muarrif Lam Ateuk

Ayah beliau bernama Tgk. Zamzami, dan Ibunya bernama Ummi Sakdiah. Nama lengkapnya Muhammad bin Zamzami, sejak keci bersekolah di Sekolah Rakyat di Buengcala adalah satu-satunya pendidikan formal yang Abu ikuti( sekitar 1943 –  1947

Pesantren Al-Hidayah Basmol Jakarta Barat

Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol didirikan pada tahun 1983, diawali oleh keinginan para pelajar baik dari Ibtidaiyah (SD), maupun dari tingkat Tsanawiyah (SLTP) banyak di antara mereka ingin memperdalam Ilmu-ilmu agama dengan kitab Salafiah ( kitab kuning ).

Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh  Safari Dakwah ke Malaysia Selama Sepekan

Menurutnya informasi ini diperoleh dari Ketua Barisan Muda Ummat (BMU) Pusat Tgk. M. Yusuf Nasir sapaan akrabnya Abiya Rauhul Mudi  yang juga ikut dalam safari dakwah dengan masyarakat Aceh di Malaysia

Kafe Dayah Kupie, Usaha untuk Kemandirian Dayah

Pengusaha jamu dan kosmetik ini juga menyebutkan, Dayah Kupie tersebut sepenuhnya menggunakan tenaga kerja di lingkungan dayah. Ke depan, kata Syahrul, di lokasi itu akan dibuka Dayah Mall untuk kebutuhan belanja keseharian masyarakat, juga akan dibuka permaian anak-anak, serta hotel syariah dayah untuk kebutuhan dayah tersebut

1001 Jalan Menuju Hidayah

alam perjalanan dari Jakarta menuju Manado di atas Garuda pandangan tertuju pada salah satu ruang rubrik media cetak Republika 23 April 2017 mengenai masuknya Islam Kristiane Backer presenter MTV Eropa.

Dayah Darul Ulum Menggelar Haul Abu Lueng Ie Ke-27

Ia menyebutkan  Haul dan acara maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini, pada paginya diadakan doa bersama dan tawajuh di rencanakan akan dipimpin oleh Abu Bustamam dan pada malamnya tausyiah agamanya

Merajut Silaturrahmi dalam Secangkir Kopi Solong

Hiruk pikuk di sudut kota yang terkenal dengan kopi dengan merk Ulee Kareng. Kita tahu bahwa Kopi salah satu lambang kedamaian dan ukhuwah, kopi pahit itu pasti, menambah dengan ditambahin sedikit gula pun menjadi sempurna

Santunan Anak Yatim Mewarnai Peringatan Maulid Dayah Teungku Chiek di Rheung-Rheung

Tgk. Ridwan salah seorang alumni dayah tersebut mengatakan peringatan maulid juga di hiasi aneka acara lainnya termasuk ceramah agama

Seminar Dayah akan Diadakan di Dayah Tauthiatuth Thullab Arongan

Abati mengatakan pematerinya terdiri dari unsur Dinas Dayah Aceh dan lainnya

SMK Miftahul Hidayah Lampung Timur

SMK Miftahul Hidayah adalah lembaga pendidikan kejuruan swasta yang berlokasi di Jalan Tanggul Jalil Desa Labuhan Ratu Kec. Pasir Sakti, Kalianda, Lampung Timur dan berada dibawah yayasan Miftahul Huda Darussalam Lampung Timur

Biografi Tgk. H. Muhammad Daud Ahmad (Abu Daud Lueng)

Beliau merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara dari Tgk. Ahmad bin Abdul Latif dan Dhien yang lahir di Desa Meunasah Leubok, Lhok Nibong, Aceh Timur, pada bulan Maret 1941

Abu Usman Al-Fauzi Lueng Ie #4 : Ulama Terekat Sang Waliyulllah?

“Tajuddin, beu kateupeu, Abukah nyan auliya, bek sagai-sagai kalawan kheun Abu (Tajuddin, kamu harus tau, ayahmu itu auliya, jangan sekali-kali kamu bantah nasehat Abu

Abu Daud Lueng Angen #2: Jenjang Pendidikan Hingga ke Dayah MUDI Samalanga

Namun sayang pada saat pemberontakan DI/TII tepatnya pada bulan Ramadhan tahun 1954 sekolah ini dibakar oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Peristiwa ini mengakibatkan beliau harus berhenti bersekolah

Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Kembali Membuka Pendaftaran Santri dan Mahasiswa Baru

Insya Allah pada tahun ajaran 2019/2020 ini Dayah Jamiah Al-Aziziyah akan menerima sebanyak 250 santri tingkat SMP, 250 tingkat SMK, dan 250 tingkat mahasiswa/I dan tentunya ini kuota terbatas,” kata Tgk. Ahmad Yani, M. Pd selaku Humas DJA Batee Iliek dalam siaran persnya kepada liputanaceh.com, Kamis, (17/1/2019).

Ponpes Babun Najah Ulee Kareng Peringati Maulid

Pondok Pesantren Modren Babun Najah yang terletak di Jalan Kebon Raja Gampong Doy Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Kamis (24/01) memperingati maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Kampus Ponpes setempat. 

Pengajian  Muslimah MPZT Akan Dilaksanakan di Dayah Harapan Umat Arongan

Ayah menambahkan pengajian  ini khusus untuk kaum muslimah di semua usia mulai remaja, SMA mahasiswi dan ibu ibu rumah tangga

Dayah Baldatul Mubarakah Abu Ishak Lamkawe Akan Melaksanakan Maulid Akbar Besok

Hal ini sebagaimana diungkapkan Tgk. Muhammad Hendra Nurullah, MA yang merupakan guru senior dayah tersebut

Al-Mukarram Abu MUDI Hadiri Maulid Nabi di Dayah Gurunya Baldatul Mubarakah Al-Aziziyah

Selanjutnya ia menambahkan acara maulid juga dihiasi dengan zikir yang dibawakan para santri dengan irama yang syahdu

Dayah Baldatul Mubarakah Al-Aziziyah Kembang Tanjung Malam Ini Gelar Dakwah Maulid

Alumni dayah MUDI Samalanga itu berharap  masyarakat Kembang Tanjung dan sekitarnya dapat hadir mengikuti ceramah agama tersebut

Alumni Dayah Aceh Akan Mengisi Ceramah Maulid di Amerika Serikat

Acara ini insya allah akan dihadiri undangan yang datang dari berbagai state da kota di Amerika khussusnya bangsa aceh dan muslim indonesia,” lanjutnya

Dayah Mambaul Ulum Ulee Glee Kian Diminati Masyarakat dan Terus Berbenah di Berbagai Jenjang

Tentunya wajah negeri Ulee Glee kecamatan Bandar Dua yang kini dalam wilayah Kabupaten Pidie Jayapun kini bertebaran dayah dimana-mana bahkan dapat dikatakan kota santrinya Pidie Jaya

Anda Istiqamah Berpeci? Rasakan Magic dan Kekuatan di Balik Berpeci

Kita hendak berbicara identitas dan simbol walaupun ilmu dan akhlaknya juga sangat penting tentunya tidak harus menunggu sempurna dalam berbuat, apakah masih teringat dengan sebuah kaedah untuk hal ini

Maulid Nabi di Dayah Hidayatullah Al-Aziziyah Pidie Jaya Berlangsung Meriah

Alhamdulillah, perayaan kenduri maulid nabi berlangsung lancar dan masyarakat dari berbagai kalangan juga hadir baik pimpinan dayah, Bale pengajian

Wajah Dayah dalam Gelombang Samudera Era 4.0

Biarpun dunia berubah namun kita sangat berharap lembaga pendidikan tertua di dunia, dayah mampu mewarnai dirinya dalam bentuk yang istiqamah mendidik dan membentengi generasi penerus bangsa dari berbagai rayuan masa dan efek kemajuan teknologi

STAI Nurul Hidayah Lebak Banten

STAI NURUL HIDAYAH berkedudukan di Jl. Raden Abbas No.55 LebakJaha Desa Malingping Selatan Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, merupakan wujud nyata dari kemauan, niat, tekad, kesungguhan dan himmah 'aliyah dari para pendirinya untuk turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Maju dan Berkembangnya Dayah Al-Minatuddiniyah Babussalam Kota Santri

Dayah Blang Blahdeh kini telah maju dan berkembang, santri yang membeludak datang dari berbagai daerah baik dari kawasan Aceh sendiri juga tidak sedikit dari luar Aceh, kita berharap dayah yang dipimpin dayah Abu Tumin terus maju membumikan syariat di negeri ini

Meriahnya Peringatan Maulid Nabi di Dayah Raudhatus Sa’adah Blang Dalam Pidie Jaya

Dayah Raudhatus Sa’adah (DRS) Blang Dalam, Bandar Dua, Pidie Jaya akan menggelar kenduri peringatan Maulid Nabi Muhammad hari ini, Rabu

Lembaga Pendidikan Keagamaan di Aceh yang Didirikan Sejak Zaman Kesultanan Peureulak

Dayah di Aceh merupakan sebutan untuk lembaga pendidikan semacam pesantren di Jawa atau surau di Padang. Secara bahasa, kata dayah diserap dari bahasa Arab zawiya yang berarti ‘sudut’, mengacu pada tempat-tempat di sudut masjid Madinah sebagai pusat pendidikan dan dakwah Islam pada masa Nabi Muhammad saw.

Lautan Masyarakat Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Dayah Irsyadul ‘Ulum Al-Aziziyah Pidie Jaya

Dari kejauhan di bawah sinar ultaraviolet memancarkan the powernya menambah terang kawasan persawahan negeri Meurah Duek atau Meuruedu

Sosok Syekh Abdul Aziz Samalanga Sang Waliyullah, Ini Ceritanya #6

Pelajaran yang dapat di petik dari ungkapan itu, dimana Syekh Abdul Azis (Abon Aziz Samalanga) membantah dakwaan tamu itu bahwa tamu itu berteman dengan wahabi demi menarik wahabi ke jalan yang benar, Abon Aziz menyebutkan bahwa perbuatannya tersebut akan berefek dia sendiri akan terjatuh dalam aqidah wahabi tanpa disadarinya

Dayah Jami'ah Al-Aziziyah Batee Iliek Solusi Tepat Menempatkan Anak Didik Anda #2

LPI Dayah Jamiah Al-Aziziyah termasuk salah satu lembaga pendidikan dengan sistem salafiyah yang menitik beratkan pendidikannya pada kajian kitab arab gundul atau disebut kitab kuning karya para ulama terdahulu. Kurikulum yang diterapkan sepenuhnya diadopsi dari Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang merupakan induk Dayah Jamiah Al-Aziziyah

Dayah Harus Mampu Memberdayakan Dunia Ekonomi

Selanjutnya, seminar nasional ini menghadirkan pemateri Abuya KH. Mahfudz Syaubari, Pimpinan Pondok Pesantren Riadhul Jannah dan 2 orang stafnya dari Mojokerto Jawa Timur sedangkan moderatornya oleh Ayah Sop Jeunib

Ini Harapan Abuya KH. Mahfudz Syaubari dalam Seminar Pemberdayaan Ekonomi Dayah

“Tahun ini pengganti muzakarah ulama, Haul Abon Aziz Samalanga diganti dengan seminar ekonomi tentang pemberdayaan ekonomi dayah yang disampaikam Abuya KH. Mahfuz Syaubari,” kata salah seorang ulama muda kepada media ini.

Menginstal Semangat Abu Madinah

Siang ini Kadis Pendidikan Dayah Aceh memenuhi undangan kenduri Maulid dari Abu Madinah di Dayah Babul Maghfirah Cot Keueung. Ada yang menarik saat Kadis Pendidikan Dayah Aceh bertemu Abu Madinah. Saat menyalami Abu Madinah, sambil berkelakar Kadis berkata, " Abu ini luar biasa, tubuh Abu boleh sakit tapi se

Tgk. Jambi dalam Samudera Keberkahan Dayah MUDI Samalanga #3

Biasanya waktu tersebut saatnya waktu belajar malam dan terkadang hujan kembali berlanjut pasca pengajian sudah dimulai. Kejadian tersebut bukan hanya sekali bahkan beberapa kali dan ini diceritakan oleh banyak santri dan dewan guru yang pernah nyantri di dayah tertua di Aceh itu.

Ulama Aceh Menentukan Pilihannya Jokowi-Ma’ruf, Santri dan Masyarakat Ikut Siapa?

Setidaknya, kata Tgk Anwar, ada tiga alasan yang membuat Ulama Aceh mendukung Jokowi dua periode. Abiya mengatakan sebagaimana dikutip salah satu media menyebutkan dirinya atas nama mewakili beberapa tokoh ulama mendukung Jokowi-Ma’ruf ada beberapa hal, yang pertama mengingat selama ini di masa kepemimpinan Bapak Jokowi banyak perhatian kepada dunia pesantren.

Semangat Belajar Tgk. Jambi Begitu Menggelora Meraih Impian dan Cita-cita #4

Tgk Jambi pernah belajar private khusus atau mengulang kitab Musthalah Hadits, Qhayah Ushul, Ilmu Mantiq dan Jauhar maknun bersama Tgk Tarmizi Aceh Selatan, Tgk H Helmi Imran, MA dan Tgk Syukri Waly, Tgk Bakhtiar Banda Aceh dan Tgk  Syarbaini Jambi,

Al-Mukarram Abu MUDI Hadiri Maulid Nabi di Dayah Ribatul Muta'allimin Al-Aziziyah Pidie Jaya

Momentum maulid nabi Muhammad Saw ini kita mampu meneladani dan merealiasasikan akhlak beliau tentu saja dengan ilmu dan ta’lim di bawah panji TASTAFI (Tasawuf, Tauhid dan Fiqh) yang telah di programkan dan di jalankan oleh Abu MUDI. Semoga hari-hari kita dimanapun dan kasta apapun kita Tastafi mampu kita wujudkan untuk menjemput ridha ilahi,” pinta alumni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga itu.

Hari Ini, Dayah Ummul Ayman Samalanga Umumkan Ketulusan Santri Baru

“Insya Allah, hari ini (Senin) tanggal 4 Maret 2019 pihak yayasan Ummul Ayman Samalanga akan mengumumkan santriawan dan santriwati yang lulus seleksi

Ini Nomor Kelulusan Santri Baru Dayah Ummul Ayman Samalanga

melihar siapa yang lulus murni dan lulus cadangan salahkan lihat namanya di media ini (liputanaceh.com)

Waled Husaini Jabat Ketua Alim Ulama Zawiyah Aceh Besar

Wakil Bupati Aceh Besar, Waled Husaini menghadiri acara musyawarah & sillaturrahim, serta pengukuhan Forum 'Alim 'Ulama Zawiyah Aceh Besar (FOUZABES) 2019, di Dayah Nahzatul Jadid A

Dayah Cabang Ruhul Fata Seulimuem Pidie Jaya Gelar Aneka Lomba di Dayah Riadhul Fata Trienggadeng

Diantara lomba yang diikuti berbagai dayah cabang Ruhul Fata itu, musabaqah fahmil kutub, muhadharah, surat Waqi'ah dan lainnya

Ulama Sufi Tarekat Naqsyabandiah Dayah MUDI Samalanga Isi Seminar Internasional di Malaysia

Ulama muda Aceh yang sosok sufi itu di dayah peninggalan tokoh Aceh yang merupakan wakaf Nyak Ali Ainsyah untuk lembaga pendidikan agama Islam menguraikan syarahannya tentang syariah, tariqah, hakikat, dan ma'rifat dan aplikasinya serta relasi keempat maqam tersebut

Haul Abu Lam Ateuk Dayah Istiqamatuddin Darul Muarrif Ke- 20 Digelar  24 Maret Ini

Dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua Pusat Rabithah Alumni Dayah Istiqamatuddin Darul Muarrif, Abu H. Mahdi, M. Daud, juga menghasilkan beberapa kesimpulan lain. Termasuk diantaranya, agenda acara yang akan diselenggarakan mulai dari malam hingga siang hari Minggu, (23-24/03/2019) dalam memperingati 20 tahun meninggalnya Almarhum Abu Mamplam Golek kali ini.

Embrio Radikalisme Mengintai Dayah?

Nuansa dayah dengan tipe masih kuat dengan nilai syariat berbasis kearifan lokal ditambah dengan pengembangan nilai sufisme lewat realisasi tarekat tentunya itu sudah menjadi benteng yang kokoh membendung embrio radikalisme

Ustaz Kagetan Vs Teungku Rangkang, Siapa "KO"?

Kita mengetahui bahwa mengajak kepada kebaikan adalah perintah agama. Namun, bila terburu-buru dalam berdakwah justru seringkali berakibat tidak baik

Wujudkan Aceh Caroeng, Begini Tekad Usamah

Pendidikan Dayah Aceh akan memperdayakan santri dan Teungku Dayah yang ingin melanjutkan studinya ke Australia. Hal ini ditegaskan oleh

Semarak dan Meriahnya Malam Nisfu Syakban di Dayah Ummul Ayman Samalanga

Informasi yang dihimpun media ini, menyemarakkan malam nisfu syakban , dayah Ummul Ayman juga melaksanakan shalat tasbih sekaligus doa dan zikir bersama yang dipimpin Tgk Abdul Malik Nuruzzahri

Sang Musafir Ilmu Asal Jambi Menelusuri Gerbang Keberkahan di Tanah Serambi Mekkah

Kemasyhuran Aceh dengan Islamnya  menjadi sugesti generasi muda Jambi untuk menuntut ilmu ke Aceh. Bahkan Aceh menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Jambi termasuk kakeknya Tgk. Jambi. Kekek berharap cucunya kelak bakal menjadi mercusuar ilmu untuk negeri yang terkenal dengan "Sepucuk Jambi, Sembilan Lurah" itu. 

Dayah Darul Ihsan Aceh Bekerjasama dengan UIN Raden Intan Lampung Gelar Seminar Internasional

Sementara itu Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny dalam pidatonya saat membuka seminar internasional yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa doktoral UIN, Lampung, Guru Darul Ihsan dan sejumlah peserta dari berbagai intansi pendidikan di Aceh menyebutkan santri sebagai bagian komunitas terpelajar di Aceh

Antusiasnya Santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Mengikuti Ujian Pra Ramadhan

Sosok guru senior itu juga mengatakan ujian  ini akan berakhir hari senin ini (29/4) dan selanjutnya dayah akan diliburkan menyambut bulan suci Ramadhan

Mendirikan Dayah Serambi Aceh Al-Aziziyah di Jambi Atas Usulan Empat Ulama Kharismatik Aceh

Kita kembali ke pernyataan di awal "jak beut laju mandum merumpok", benarkah demikian? Ternyata dengan  taslim dan takdhim diringi kesabaran serta petunjuk dari sang guru juga pengabdian untuk dayah. Untaian tersebut terbukti, tanpa pernah di cita-citakan, baik meraih strata satu hingga doktor

Wali Kota Banda Aceh dan Syeikh Nasir Resmikan Dayah Mini Darussalam

Sheikh Nasir bin Sheikh Salim dari Melaka, Malaysia menyampaikan, sejatinya, Saya bukanlah donatur, tapi saya hanya penyalur bantuan dari saudara - saudara yang berinfaq disana. 

Dayah Ummul Ayman Samalanga Akan Menggelar Wisuda Santri Aliyah

Selanjutnya, panitia acara yang juga koordinator MAS Ummul Ayman Samalanga, Tgk Amrullah M.Ag,  tahun ini jumlah peserta yang diwisuda lebih banyak dari tahun sebelumnya. Pada 2018 lalu tercatat ada 260 siswa yang diwisuda

Alumni Dayah MUDI Samalanga Ini Menjadi Pemateri Workshop AIPT Kopertais V Aceh

Acara tersebut mendapatkan antusias yang sangat  luar biasa dari utusan perguruan tinggi swasta yang hadir terlebih dengan pematerinya yang senior dan kepakarannya

Ujian Menjelang Ramadhan Dayah MUDI Samalanga Telah Berakhir

Ia menyebutkan sangat mengharapkan para santriawan dan santriwati untuk dapat belajar dengan sungguh dan tekun

Malam Ini, Abi MUDI Isi Pengajian Tastafi di Dayah Nurul Rahmah Buket Teungoh Jangka Buya

Ia mengharapkan masyarakat di seputaran Jangka Buya dan Bandar Dua juga masyarakat Pidie Jaya umumnya bisa ikut bersama dalam pengajian dan zikir yang dilaksanakan di dayah tersebut.

Al-Mukarram Abi MUDI Kembali Isi Pengajian Al-Hikam Selama Ramadhan di Dayah MUDI Samalanga

Selanjutnya, disebutkan bahwa pada Ramadhan 1440 H ini, pengajian bersama Abi MUDI masih dilanjutkan dengan kajian kitab Al-Hikam karya Ibnu Athaillah As-Sakandari dengan Syarahan Ibnu 'Ibad Ar-Randi

Agar Memperoleh Qanaah, Ini Fase yang Harus Dilalui

Urgensi dari orang yang menjalankan ibadah puasa adalah menumbuhkan orang itu bertaqwa, Tawadhu’ (rendah hati) dan Qanaah. Hal itu diucapkan oleh Tgk Bustamam MA saat menjadi penceramah di Mushalla Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada Kamis (09/05/2019).

SOLOPEDULI Menyalurkan Bantuan untuk Masjid Al Hidayah

Proses pembangunan Masjid Al Hidayah dilakukan secara bertahap tergantung keuangan yang tersedia

Mengintip Tradisi Ibadah Suluk di Dayah Aceh

Jadi, setiap jamaah suluk harus memastikan diri bahwa ia telah mendapatkan ijazah tarekat. Pengambilan ijazah tarekat cukup dilakukan sekali saja. Tidak perlu masuk tarekat setiap kali melakukan suluk

Tgk Zulfan : 4 Golongan Manusia Dirindukan Surga

Sedangkan yang kedua merupakan orang yang bersedekah, apalagi orang-orang yang memberi makan hamba Allah  yang sedang menderita kelaparan

SMK Islam Darul Hidayah Bangsalsari Jember

SMK Islam Darul Hidayah sekolah swasta dibawah Naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Darul Hidayah. Lokasinya berada dalam lingkungan Pondok Pesantren

Pesantren Al Hikmah Al Hidayah Sidoarjo

Pesantren Al Hikmah Al Hidayah Sidoarjo ini belokasi di dusun Magersari Desa Kedung Cangkring Kecamatan Jabon Kabupaten SidoarjoPropinsi Jawa Timur. Berdiri dan di resmikan pada tahun 1395 H bertepatan dengan tahun 1975M.

Pesantren Al-Hidayah Sidoarjo

Pondok Pesantren Al Hidayah Sidoarjo Jawa Timur

SMK Kesehatan Daarul Hidayah Sukoharjo

SMK Kesehatan Daarul Hidayah berada di jalan Desa Bulakrejo RT.02 RW.VII, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo

Pesantren Daarul Hidayah Sukoharjo

Yayasan Daarul Hidayah merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh Abuya Soni Parsono yang terletak di daerah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dengan luas tanah seluas 1000 m2.

Innalillahi,  Sang Tahfidh Kitab Minhaj At-Thalibin Dayah Najmul Hidayah Al-Aziziyah Itu Telah Pergi

Kami atas nama keluarga besar Najmul Hidayah Al-Aziziyah Cot Meurak sangat berduka atas kepergian almarhum. Terlebih almarhum salah seorang santri rajin dan cerdas banyak kitab telah dikuasainya plus mampu mengkhatam hafalan kitab fiqh monumental karya Imam Nawawi Minhaj At-Thalibin,

Dayah Ruhul Fata Seulimum: Sang Mercusuar Ilmu di Negeri Seulawah

Pada awal pendirian, dayah ini hanya memiliki beberapa balai pengajian, dimana dirasahnya hanya kepada masyarakat di sekitar dayah, dengan jumlah thalabah pada saat itu lima puluh orang yang di bantu oleh 5 (lima) orang tenaga pengajar, dikenal sebagai dayah Masjid Tuha

Pesantren MUDI MESRA Samalanga Bireuen Aceh

Melahirkan ulama dan intelektual yang dilandasi oleh panca jiwa yang menjadi ruhul ma‘had, yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhwah islamiyah dan kebebasan. 

Biografi Tgk. H. Abdul Wahab Abbas Seulimum

Tgk. H. Abu Wahab Abbas Seulimum adalah sosok ulama Aceh dan pendiri Dayah Ruhul Fata Seulimeum

Hari Ini Digelar Haul Abuya Jamaluddin Waly di Dayah Asasunnajah Aceh Besar

Selain masyarakat dan tokoh agama dan masyarakat juga disampaikan undangan kepada  undangan kepada para Khalifah, Munaffidz, Wakil Mursyid  untuk menghadiri acara Haul tersebut

Dayah Darul Ulum Al Fata Kayee Kunyet Terapkan Dua Metode Baru

Dayah Darul Ulum Al Fata yang terletak di sudut Desa Kayee Kunyet Kecamatan Blang Bintang kabupaten  ini menerapkan KBM dengan Metode baru, yaitu Metode Al Miftah Lil 'Ulum. Metode ini sendiri merupakan metode Unggulan

Merealisasikan Dayah Berinovasi di Era Industri 4.0

 Selain itu, dengan umurnya yang pendek lahan ini dapat dimanfatkan untuk keperluan lainnya oleh dayah. Masalah perawatan dan penjagaan projek pertanian di dayah ini tentu saja tidak seharusnya menjadi kajian mendalam oleh dayah tentang siapa yang akan melakukannya

Mengimpikan Dayah Berbasis Kearifan Lingkungan dan Mandiri

Sekali lagi diharapkan  dayah mampu melahirkan kombinasi kader “warisatul ambia”, profit oriented dan human oriented,tentunya  dayah ekologi sebagai jawabannya di era globalisasi ini. 

Menanti Lembaga Pendidikan Islam Inovatif di Era Industri 4.0

Dengan usaha yang demikian kuatnya, dayah dapat memanfaatkan pertanian ini dengan merambah ke pasar kewirausahaan yang berbasis profit oriented (oriantasi mencari keuntungan

Innalillahi, Guru MUDI Samalanga Sang Khadim Dayah Itu Meninggal Waktu Shalat Jumat

Almarhum akan di kebumikan di gampong Lamkabu, Indra jaya, Pidie selepas shalat jum'at hari ini juga

5 Teungku Dayah MUDI Samalanga Magang Bahasa Inggris ke Kampung Inggris Pare

Guru senior Dayah MUDI Samalanga itu menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk menimba ilmu di pulau Walisongo bidang bahasa Arab dan Inggris  dan nantinya diaplikasikannya di dayah masing-masing

Himpunan Ulama Dayah Aceh Gelar FGD Menyikapi Berbagai Tantangan Aktual Islam

FGD ini sendiri dihadiri oleh ketua HUDA, Ayah Sop Jeunieb, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny, Wakil Ketua PB HUDA, Tgk H. Hidayat Muhibuddin Waly, anggota DPR Aceh, Musannif, Ustadz Masrul Aidi, para pengurus HUDA, aktivis peduli dayah dan kalangan akademisi

Ketua HUDA : Kita Berharap agar Dayah Terus Eksis

Pengurus Besar (PB) Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menyikapi berbagai tantangan aktual Islam dan institusi pendidikan dayah di Aceh. Acara yang bertema "Islam, Aceh dan Masa Depan Dayah" yang diselenggarakan di Markaz PB HUDA di Desa Bayu Kec.

Dayah Mambaul Ulum Lueng Teungoh Gelar Ujian Akhir Tahun Dua Tahap

Menurut salah seorang guru senior dayah Mambaul Ulum Lueng Teungoh mengatakan ujian cawu ketiga sebagai akhir tahun (Muharram) ujian kenaikan kelas dan akan di gelar selama dua tahap.

Pesantren (Dayah) Darul Ihsan Krueng Kalee, Kab Aceh Besar

Dayah Krueng Kalee, merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah banyak menciptakan kader-kader dakwah, pendidik, ulama dan pemimpin umat,

Pesantren Bidayatul Hidayah Kab Mojokerto

Pesantren Bidayatul Hidayah berada di sebelah selatan kota Mojokerto. tepatnya di desa Mojogeneng Kecamatan Jatirejo kabupaten Mojokerto

Pesantren Qomarul Hidayah Kab. Trenggalek

Qomarul Hidayah Kab. Trenggalek Di bawah asuhan KH Kholil Madjid, unit-unit pendidikan dan lembaga di lingkungan Pesantren Qomarul Hidayah berkembang dengan pesat.

Pesantren Al Hidayah Kab. Sumenep

Pondok Pesantren Al Hidayah terletak di desa Arjasa Kecamatan Arjasa Kepulauan Kangean Kabupaten Sumenep dengan menempati areal kurang lebih 13.757,50 m2..

Keagungan Hidayah Allah, Mantan Geng Yakuza Masuk Islam

Kisah ini menceritakan bagaimana Allah memberikan hidayah, bahkan kepada geng Yakuza sekali pun.

Menuntutn Ikrar Islam dan Hidayah

 Mengislamkan orang, dalam arti menuntun ikrar syahadat orang yang masuk Islam, berbeda dengan berhasil mengajak masuk Islam. Tentu saja dua-duanya termasuk perkara yang sangat baik.

Kadisdik Dayah Aceh, Merawat Silaturrahmi Di Kota Santri

“saya yakin dan percaya dayah dan santrinya itu akan menjadi bagian penting dalam mewujudkan Aceh yang hebat”.

Dayah Ummul Ayman Samalanga Raih 10 Juara di Lomba Askafia

Tgk. Aree sapaan akrabnya dalam keseharian menambahkan even perlombaan itu diperuntukkan untuk seluruh sekolah di kabupaten Bireuen mulai jenjang SD, SMP, SMA serta umum dan  dilaksanakan di pusat kursus Askafia beralamat di jl. Medan- Banda Aceh, Geulanggang Teungoh, Bireuen.

Gus Baha: Pendakwah Hanya Perantara Bagi Seseorang Untuk Dapat Hidayah, Maka Jangan Memaksa

Gus Baha: Pendakwah Hanya Perantara Bagi Seseorang Untuk Dapat Hidayah, Maka Jangan Memaksa

Tiga Golongan Pencari Ilmu Menurut Imam Ghazali

Orang pada golongan yang ketiga ialah orang yang merugi. Siapakah golongan ini? Simak di sini...

Memaknai Kedudukan Ibadah

Jika ingin dikenal Allah Ta'ala lakukan ibadah-ibadah sunah tersebut. Supaya kita memiliki orientasi dalam beribadah dengan sebuah metodologi untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Gus Baha’: Hidayah Itu Hanya dari Allah

KH Bahauddin Nursalim mengingatkan, salah satu perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT adalah sikap berlebihan dalam berbagai hal, tidak terkecuali juga dalam berdakwah.

Majelis Ta’lim Wa Ratib Nurul Hidayah Tegal

Majelis Ta’lim Wa Ratib Nurul Hidayah Tegal Jawa Tengah

PAUD IT Nur Hidayah Surakarta

PAUD IT Nur Hidayah Surakarta Jawa Tengah

Pesantren Raudlatul Hidayah Sulusuban

Pesantren Raudlatul Hidayah Sulusuban Lampung Tengah, Lampung

LAZISNU Aceh Salurkan Wakaf 1 Juta Al-Qur’an ke Dayah dan Panti Asuhan

Sebagai gerakan awal kepengurusan periode 2020-2025, LAZISNU Aceh telah mencanangkan gerakan wakaf 1 Juta Al-Qur'an dan Kitab Turast untuk santri dayah di Aceh.

Pesantren (Dayah) Istiqamatuddin Daruzahidin Pidie Jaya

Dayah Istiqamatuddin Daruzahidin di Desa Bidok, kecamatan Ulim, Pidie Jaya, Nangroe Aceh

Kisah Artis Film Panas yang Bertaubat Akibat Pura-pura Bershalawat

Dikasahkan, ada seorang artis terkenal di Mesir yang sering membintangi film-film panas. Tiba pada suatu ketika mendapatkan peran di sebuah film untuk memerankan Sayyidah Rabiatul Adawiyah.

Pesantren (Dayah) Darul Hikmah Aceh Barat

Pesantren ( Dayah ) Darul Hikmah Islamiyah Meulaboh Aceh Barat Aceh

Usai Dihakimi, Lelaki Ini Jauh dari Hidayah

Suatu hari, seorang laki-laki pergi ke masjid. Namun, ia lupa mematikan (silent mode) handphone-nya, dan secara tiba-tiba berdering waktu ia dan jamaah lain sedang berdoa.

Sejarah Dayah: Pusat Awal Pendidikan Islam di Nusantara

Dayah adalah lembaga pendidikan tertua di Aceh yang mempunyai peranan penting dalam proses tumbuh dan berkembangnya pendidikan Islam di Nusantara.

Pesantren Anwaarul Hidayah Banyumas

Pesantren Anwaarul Hidayah Banyumas Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Meneladani Ulama Salaf dalam Bersikap terhadap Pemimpin

Mendoakan para pemimpin adalah bagian dari pertolongan kita kepada sesama. Sebagaimana Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk saling menolong sesama muslim, baik dalam keadaan zalim maupun terzalimi.

Kisah Orang Fasik yang Dinaungi Awan

Dahulu kala hiduplah seorang fasik dari Bani Israil yang sangat senang melakukan perbuatan dosa

Pesantren TPI Al Hidayah Batang

Pesantren TPI Al Hidayah Limpung Batang Jawa Tengah

Biografi Tgk. Syeikh.H. Adnan Mahmud

Tgk. Syeikh.H. Adnan Mahmud adalah ulama besat dari Negatantang dan pengasuh pesantren Ashabul Yamin

Biografi Tgk. H. Hasanoel Bashry (Abu Mudi)

Tgk. H. Hasanoel Bashry (Abu Mudi) beliau adalah seorang ulama kharismatik dari Aceh dan seorang pengasuh Dayah MUDI MESRA Aceh

Dayah (Pesantren) Sirajul Huda Al Aziziyah Pidie Jaya

Dayah (Pesantren) Sirajul Huda Al Aziziyah Pidie Jaya menjalankan pendidikan berbasis dayah salafiyah (Tradisional) dengan mengkaji kitab-kitab kuning pada tahun 2020 YPI SIHA telah mengintegrasikann pola pendidikan Madrasah Tsanawiyah Tastafi dibawah naungan Kemenag dan pada tahun ini 2022 telah bekerjasama dengan dinas pendidikan Provinsi Aceh untuk membuka SMK Tastafi.

Hidayah Bukan Barang Dagangan

Hidayah merupakan hak priogratif Allah subhanahu ta'ala dan tak satupun manusia yang bisa memperolehnya, kecuali bagi mereka yang benar-benar dipilih oleh Allah subhanahu wa ta'ala sendiri

Pesantren Bahrul Hidayah Sidoarjo

Pesantren Bahrul Hidayah terletak di desa Suko Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, berdiri pada tahun 2006, yang memadukan pendidikan modern dan pesantren,

Biografi KH. Abdul Aziz Munif, Pendiri Pesantren Bahrul Hidayah Sidoarjo

KH. Abdul Aziz Munif beliau adalah ulama kharismatik dari Sidoarjo dan pengasuh pesantren Bahrul Hidayah Sidoarjo.

Pesantren Al Hidayah Pekauman, Kendal

Pesantren Al Hidayah Ngilir Kendal berdiri sejak tahun 1350 H terletak di Jl. Taat, Pekauman, Pakauman, Kec. Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Pesantren Nurul Hidayah, Kepayang, OKI

Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kepahyang didirikan oleh KH. Muhsin Salim, M.Pd.I pada tahun 2004. Sebelum Pesantren ini berdiri, di daerah Kepayang masih dalam keadaan hutan masih sedikit sekali penduduknya. Dalam perkembangannya sudah banyak orang-orang yang memeluk agama Islam namun belum secara kasat mata belum tampak syiarnya.

Ribuan Orang Inggris Raya Tertarik Masuk Islam karena Habib Umar bin Hafidz

Ketika Allah SWT telah menghendaki sesuatu terjadi, maka tidak akan ada yang bisa menghalanginya dengan usaha apapaun. Terjadilah segala hal yang dikehendaki Allah SWT. Hidayah-Nya pasti tepat dianugerahkan kepada orang yang dikehendaki-Nya.

Biografi Teungku Fakinah: Ulama Perempuan Pendiri Dayah (Pesantren) dan Panglima Perang Aceh

Teungku Fakinah meninggal pada tanggal 8 Ramadhan 1359 H atau tahun 1938 M di Kampung Beuha Mukim Lam Krak pada usia 75 tahun.

Pesantren (Dayah) Ashhabul Kahfi, Aceh Selatan

Dayah/Pesantren Ashhabul Kahfi didirikan pada tahun 1989 M/1409 H, oleh Tgk. H. T. Armiya Ahmad (Abon Guha). Pesantren ini berlokasi di Meunasah Dusun Guha Panton Seulaseh, Desa Krueng Batu, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

Pesantren (Dayah) Baburrahman, Aceh Selatan

Pondok Pesantren ini memiliki staf pengajar atau guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing, sehingga berkualitas dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Kabupaten Aceh Selatan.

Pesantren (Dayah) Nurul Yaqin Tengku Keramat, Aceh Selatan

Visi Pesantren Nurul Yaqin Tengku Keramat yaitu, mewujudkan generasi Muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, ber-tafaqquh fiddin, cerdas, kreatif, inovatif, serta amal shaleh yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah, serta berprinsip Ahlussunnah wal Jama’ah.

Pesantren (Dayah) Darurrahmah, Aceh Selatan

Dayah/Pesantren Darurrahmah merupakan salah satu Pesantren Salaf terbaik se-Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dalam sejarahnya, Pesantren Darurrahmah didirikan pada tahun 1991 oleh Teungku H. Muhammad Hasbi Nyak Diwa di Gampong Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam.

Pesantren (Dayah) Darul Huda, Aceh Selatan

Dayah/Pesantren Darul Huda merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang berbasis sistem salaf (Pesantren Tradisional) yang mengajarkan berbagai kitab kuning, Al-Qur’an, dan Hadis. Pesantren ini berada di Gampong Sawang Dua, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam.

Pesantren (Dayah) Budi Ihsan, Aceh Selatan

Pesantren Budi Ihsan sekarang dipimpin oleh Teungku Said Khaidir, beliau merupakan putra dari KH. Said Puteh dan Nyai Aja Halimah. Beliau merupakan lulusan dari Universitas IAIN Ar-Raniry dan Pesantren Budi Lamno Aceh Jaya.

Biografi KH. RA. Memed, Pendiri Pondok Pesantren Darul Hidayah, Bandung

KH. RA. Memed, beliau adalah pendiri Pondok Pesantren Darul Hidayah, Bandung, keilmuan beliau dari pesantren Sukamanah Tasikmalaya hingga pesantren Tebuireng Jombang dibawah asuhan KH. Hasyim Asy'ari.

Menampilkan 1 - 10 dari 236