Biografi Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid (Habib Sholeh Tanggul)

Pengaruh dari disiplin dalam mencari ilmu yang diajarkan oleh ayah Habib Sholeh membentuk beliau menjadi sosok pecinta Ilmu.

Gus Rijal MZ, Rektor Baru Institut Agama Islam Al Falah Assuniyyah Jember

Gus Rijal Mumazziq Z dilantik sebagai rektor kampus Institut Agama Islam Al Falah Assuniyyah, Kencong, Jember.

Sekelumit Oleh-Oleh dari Haul Habib Shaleh Tanggul ke-42

Acara haul habib Shaleh Tanggul ini diadakan secara rutin tahunan di hari ahad minggu ke-2 bulan Syawal. Kita simak oleh-oleh berikut.

IAIN Jember Akan Jadi Tuan Rumah Presidium Penjaminan Mutu PTKIN Se Indonesia

IAIN Jember akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Temu Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia pada tanggal 11 hingga 13 Agustus 2018

Unhasy Ikutkan 26 Mahasiswa dalam Ajang MTQMR Jatim 2018

Sebanyak 26 mahasiswa-mahasiswi Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng Jombang bersama 2 official dari mahasiswa dan dosen menjadi kafilah di ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Regional Jawa Timur (MTQMR JATIM) V 2018...

Pesantren Nurul Islam (NURIS) Jember

Pondok Pesantren Nurul Islam didirikan oleh KH. Muhyiddin Abdusshomad pada tahun 1981 di pinggiran kota Jember

Pesantren Assunniyyah Jember

Pada tahun 1942 saat berakhirnya penjajah Belanda dan awalnya pemerintahan Jepang sebagai penjajah baru di Indonesia

Pesantren Islam Assalam Jember

“Pondok pesantren islam Assalam, berawal dari induknya yaitu pondok pesantren islam Darussalam

Pernah Tampil di Bangkok-Thailand, Permainan Egrang Jember Makin Mendunia

Tarian Egrang ini juga telah ditetapkan menjadi festival Egrang tahunan. Apa itu egrang?

Siswa MAN 3 Jember Sabet Juara I Robot Nasional 

Tiga orang Siswa Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Jawa Timur berhasil menjadi juara satu pada ajang kompetisi Robot Nasional

Rektor IAIN Jember Berpesan Jangan Berhenti Belajar Meski Sudah Lulus 

IAIN Jember mewisuda 348 mahasiswa Kamis (6/9). Rektor IAIN Jember Babun Suharto menyampaikan bahwa jalur pendidikan dapat menentukan langkah dan masa depan seseorang

IAIN Jember Gelar Kompetisi Peningkatan Bakat dan Minat Mahasiswa

Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar kompetisi peningkatan bakat dan minat mahasiswa. Kompetisi ini berlangsung selama empat hari sejak tanggal 16 sampai 19 Oktober 2018.

Momentum HSN 2018, Kapolres Jember Pimpin Upacara di IBU Pakusari

Pada peringatan Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo sengaja menjadi Inspektur Upacara di SMK Islam Bustanul Ulum (IBU) Pakusari.

Universitas Islam Jember

Universitas Islam Jember (disingkat UIJ) adalah lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama (YPNU) Jember pada tahun 1984.

BEM Unej Gelar Simposium Kebangsaan untuk Redam Gerakan Radikalisme

BEM Unej menggelar simposium kebangsaan untuk redam radikalisme. Bagaimana isinya?

STAI Al-Qodiri Jember

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri Jember merupakan lembaga pendidikan formal dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al-QOdiri 1 Jember yang terletak di Jl. Manggar 139 A kelurahan gebang kecamatan Patrang kabupaten Jember.

SMK Hidayatul Mubtadiin Tempurejo Jember

SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi memiliki Jurusan Teknik Komputer dan HM Jaringan.SMK yang terletak di Jl. Tidak Blater Gg.III Kotta. 160. Sidodadi-Tempurejo-Jember.

Luar Biasa, Pesantren Nuris Fasilitasi Penemuan Teknologi E-Font

E-Font (Electric for our nation) Alat untuk Mengonversi Energi Panas Menjadi Energi Listrik

Biografi KH. Ahmad Hafiduddin (Mbah Hafid Nogosari)

Nama lengkap beliau KH Ahmad Hafiduddin bin Usman Basyaiban, yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Kyai Hafid Nogosari (gelar Nogosari karena beliau tinggal dan juga wafat di desa Nogosari) beliau berasal dari Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang.

Pesantren Darus Sholah Jember

Sepulang dari Madinah, setumpuk kegiatan telah menanti Kiai muda yang berwawasan luas ini. Sontak, beliau sibuk membina pengajian di kampung kampung. Salah satunya, mengasuh pengajian di Gang Paneli Talangsari Jember. Di tengah kesibukan mengasuh beberapa pengajian, beliau juga tengah mempersiapkan embrio pesantrennya, Darus Sholah.

Kepada Pelajar, Satgas TMMD Minta Jauhi Narkoba dan Pergaulan Bebas

“Kami berharap, dengan adanya penyuluhan ini, para pelajar di SMPN 4 Sumberjambe bisa lebih jeli dan lebih waspada dengan hal-hal yang mampu merusak masa depan mereka,” tandasnya.

Tim Wasev Beri Santunan Kepada Santri Ketika Tinjau Pembangunan Musholla

Tim pengawas dan evaluasi (Wasev) Mayjen TNI Suko Pranoto berikan santunan kepada para santri.

KH Abdullah Syamsul Arifin; Isra’ Mi’raj Ajarkan Keseimbangan Hubungan antar manusia dan Allah

“Islam mengajarkan kita agar seimbang dalam segala hal. Misalnya, shalat rajin, wiridan rajin, tak turun-turun dari masjid, hingga melalaikan tanggung jawabnya pada keluarganya dan masyarakat, itu tidak baik. Jangan dipikir itu baik, masuk surga. Bukan begitu caranya. Begitu juga, bekerja terus-terusan, hingga melupakan shalat dan sebagainya, juga tak terpuji,” urainya.

INAIFAS Kencong Jember

STAIFAS yang saat ini berubah menjadi Institut Agama Islam al-Falah Assunniyyah (INAIFAS) ini, berada di wilayah Jember selatan yang berbatasan dengan Kab. Lumajang.

Biografi KH. Achmad Shiddiq, Rais ‘Aam PBNU 1984

Kyai Achmad ditinggal ayahnya pada usia 8 tahun. Dan sebelumnya pada usia 4 tahun, Kyai Achmad sudah ditinggal ibu kandungnya yang wafat ditengah perjalanan di laut, ketika pulang dari menunaikan ibadah haji.

SMK Darul Muqomah, Jember

SMK Darul Muqomah adalah salah satu SMK swasta berbasis pesantren dibawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Islam pesantren Darul Muqomah Jember.

SMK Ma'arif NU Kencong, Jember

SMK Ma'arif NU Kencong, merupakan lembaga pendidikan kejuruan setara SMA berbasis Islami yang berada di jalan KH. Agus Salim No.15-17, Kencong, Kencong, Kabupaten Jember.

Pesantren Al-Jauhar Jember

Pendiri Pesantren Al-Jauhar adalah K.H Sodiq Machmud SH, beliau adalah cucu dari K.H Muhammad Shiddiq seorang ulama besar dan salah satu pendiri kota Jember, yang dimakamkan di Pemakaman Condro jalan Gajah Mada.

SMK Al Qodiri Gumukmas Jember

SMK ini beralamat di Umbulsari no 03, Kebonan, Gumukmas, Gumuk MAS, Kabupaten Jember.

SMK Al - Kholily Jember

SMK Al - Kholily didirikan pada tahun 2012. Terletak di Jl. A. Yani No. 05 Dusun Krajan Barat Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

SMK Plus Al Mujahidi Gumukmas Jember

SMK Plus Al Mujahidi Merupakan salah satu lembaga yang beridiri dibawah naungan yayasan Pendidikan islam dan pondok pesantren al mujahidi. dimana sekolah ini berdiri pada tahun 2000 atas saran dan usulan dari para tokoh yang ada di sekitar sekolah.

SMK Astranawa Ambulu Jember

SMK Astranawa Ambulu Jember merupakan SMK swasta islam berbasis pesantren yang dikelola Yayasan Pendidikan Islam Pesantren Hidayatul Muta'alimien Jember.

Pesantren Fatihul Ulum, Manggisan Jember

Pondok Pesantren Fatihul Ulum terletak di desa Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember . Karena pondok ini berada di desa Manggisan , banyak orang menyebut pesantren ini dengan sebutan pesantren Manggisan .

SMK Bastren Nurussalam, Ambulu, Jember

SMK Bastren Nurussalam, berada di jalan Imam Syafi’i No. 07 Krajan Lor Sumberejo Ambulu, Jember.

SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember

SMK Al Munawaroh merupakan SMK swasta berbasis pesantren dibawah yayasan pondok pesantren Al Munawaroh Tempurejo, Jember.

SMK Baitul Hikmah Tempurejo Jember

SMK Baitul Hikmah Tempurejo Jember Pada tahun 1998 SMK Baitul Hikmah mengalami pergantian kepemimpinan, dan bersamaan itu pula munculnya masa pemerintahan reformasi, yang konsekwensinya antara lain yaitu mulainya berbagai bantuan pemerintah sebagian besar realisasinya kepada bidang Kesehatan dan Pendidikan.

SMK Nurul Anwar Silo Jember

SMK Nurul Anwar berada di jalan KH Dewantoro No.02, Onjur, Sempolan, Silo, Kabupaten Jember

SMK Nuris Jember

SMK Nuris berlokasi di jalan Pangandaran No.48, Plinggan, Antirogo, Sumbersari, Kabupaten Jember.

SMK Madinatul UlumJember

SMK Madinatul Ulum berdiri ditengah pondok pesantren Madinatul Ulum berlokasi didaerah pedesaan tepatnya yaitu di desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

SMK Asrama Pembina Masyarakat (APM) Jenggawah Jember

SMK Asrama Pembina Masyarakat yang lebih dikenal dengan sebutan APM beralamat di Jalan Kyai Haji Abdul Hamid Gang IV No. 28-30 Dusun Darussalam RT 010 / RW 02 Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

SMK Darul Falah Jember

SMK Darul Falah berlokasi di jalan Curah Udang no. 05, Desa Besuk Kecamatan Ajung Jember

SMK Miftahul Ulum Ajung Jember

SMK Miftahul Ulum Ajung berlokasi di jalan R Sosro Prawiro Renes Wirowongso Ajung, Desa Wirowongso, Kec. Ajung, Jember.

SMK Sunan Drajat Ajung Jember

SMK Sunan Drajat Ajung berada dibawah yayasan Sunan Derajat yang berada di jalan Sunan Drajat No. 09 Sumuran Ajung-Jember.

SMK Walisongo Rambipuji Jember

SMK Walisongo didirikan pada tahun 1989 dan mulai beroperasi pada tahun 1990. Jurusan di SMK Walisongo ada 2 yaitu Bisnis Manajemen dan Teknik Informatika dan Komputer

SMK Bustanul Ulum Balung Jember

SMK Bustanul Ulum Balung, Jember merupakan lembaga pendidikan kejuruan swasta setingkat SMK berbasis pesantren dibawah yayasan pondok pesantren Bustanul Ulum

Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Jember

Pesantren Bustanul Ulum yang berlokasi di Dusun Bulugading Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur didirikan oleh R.KH. Abbdul Ghani pada tahun 1920 M.

Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Jember

Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember bertempat di Jl. K.H. Abdullah Yaqien no 1-5 Desa Mlokorejo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur.

SMK Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Jember

SMK Mamba’Ul Khoiriyatil Islamiyah Jember berlokasi di Jalan Balung No.27, Ramguta, Tugusari, Desa Bangsalsari, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember.

SMK Fatihul Ulum Tanggul Jember

SMK Fatihul Ulum Tanggul berlokasi di Jalan Raya Tanggul, Gadungan, Desa Klatakan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember

SMK Al Ishaqi Bangsalsari Jember

SMK Al Ishaqi Jember berlokasi di Jalan Merapi No.46, Siraan, Tisnogambar, Bangsalsari, Kabupaten Jember

SMK Al Qurnaini Jember

SMK Al Qurnaini Jember berlokasi di Dsn. Karang Semanding RT.01 RW.08, Sukorejo, Kec. Bangsalsari, Kab. Jember.

SMK Al-Azhar Bangsalsari Jember

SMK Al-Azhar Jember berlokasi di Jalan Argopuro no. 99 Jatisari, Krajan, Tisnogambar, Bangsalsari, Kabupaten Jember

SMK Ma'arif Bangsalsari Jember

SMK Ma'arif Bangsalsari Jember Jl. Balung No. 114 Kab. Jember kode pos 68154, Kelurahan / Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Kab. Jember

Pesantren An-Nur Haji Alwi Jember

Pesantren An-Nur Haji Alwi merupakan lembaga pendidikan Islam yang berdiri tahun 2002. Berawal dari langgar menjad pendidikan pondok pesantren yang mengkaji ilmu agama Islam.

Pesantren Annuriyyah Rambipuji Jember

Pesantren yang didirikan oleh KH. Muhammad Sholeh Syakir ini telah ada sejak sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, yakni ditandai dengan berdirinya ndalem sepuh(kediaman pendiri) tanggal 12 April 1929

SMK Al Hasan Panti Jember

SMK Al Hasan Kemiri Panti Jember berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al Hasan, SMK Al Hasan berasal dari hasil kerjasama dengan SMK Negeri 4 Jember sejak tanggal 5 Mei 2004.

SMK Sunan Ampel Sukorambi, Jember

SMK Sunan Ampel Sukorambi berlokasi di Mujaher No 3 Sukorambi- Jember

Pesantren (Ponpes) Al-Hasan Panti, Jember

Pesantren Al-Hasan terletak di Desa Kemiri Kecamatan Panti, mungkin salah satu Yayasan Ponpes tertua di masa itu, tahun 1942. Pendiri pertama KH Hasan Baisun, yang mungkin tidak asing lagi di telinga masyarakat panti, mau pun diluar daerah.

SMK Ghaniyatul Ulum Pakusari, Jember

SMKS Ghaniyatul Ulum merupakan salah satu SMK di Keb Jember yang berlokasi di Kecamatan Pakusari tepatnya di Dusun Lamparan Kertosari. SMK Ghaniyatul Ulum ini berdiri sejak tahun 2015 Website : smkghaniyatululum.sch.id

SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember

SMK Islam Bustanul Ulum berada di Jalan Himalaya No.17 Pakusari, Kec. Pakusari, Kab. Jember

SMK Shofa Marwa Jember

SMK Shofa Marwa Pakusari berlokasi di jalan Kalisat, Desa Patemun, Kecamatan Pakusari, Kabupaten jember

SMK Nurul Mannan Ledokombo Jember

SMK Nurul Mannan Ledokombo Jember berlokasi di jalan Pasar Jumat No.2 Kp. Desa Sukogidri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember

SMK Mambaul Ulum Sukowono Jember

SMK Mambaul Ulum Sukowono berada di jalan KH. Wahid Hasyim, Ragang, Sukowono, Kampung Tengah, Sukowono, Jember.

SMK Maqna’ul Ulum Sukowono Jember

SMK MU merupakan sekolah menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian : Multimedia, Bidang studi keahlian : Tehnologi Informatika dan Komunikasi, Studi keahlian : Tehnik Komputer dan Informatika. Didirikan pada tahun 2012.

Pesantren Maqna’ul Ulum Jember

Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum bermula dari sebuah Surau dengan sistem pendidikan Madrasah Diniyah di Desa Sukorejo (Red.Komplek Al Falah) pada tahun 1956 yang kemudian dikembangkan menjadi Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum

SMK Miftahul Waritsin Sukowono, Jember

SMK Miftahul Waritsin Sukowono berada di jalan Jl. KM Jahur 39 Sukosari Sukowono, Jember

SMK Nurul Jadid Sukowono Jember

SMK Nurul Jadid Sukowono berada di jalan KH. Salim No. 99, Krajan, Sumberwringin, Sukowono, Jember

Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember

Pondok Pesantren Nurul Qarnain pada awalnya bernama Pondok Pesantren Darul Ulum, tepatnya pada tahun 1974 di ganti dengan nama Ponpes Nurul Qarnain dengan dinisbatkan pada mbah buyut yang bernama Dzulqarnain.

SMK Nurul Mukminin Sukowono Jember

SMK Nurul Mukminin Sukowono berada di jalan Imam Sukarto, Balet Baru, Sukowono, Jember.

SMK Zaidul Ali Sukowono, Jember

SMK Zaidul Ali Zaidul Ali berada di jalan Jl. Stasiun Sukosari-Sukorejo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukowono, Jember

SMK Mahfilud Duror II Jelbuk, Jember

SMK Mahfilud Duror II Jelbuk berada di Jl. Bondowoso 17 Suger - Jelbuk Kabupaten Jember.

SMK Riyadlus Sholihien Kaliwates Jember

SMK Riyadlus Sholihien Kaliwates beralamat di Jalan Melati V/10, Jember Kidul, Kec. Kaliwates Jember

Pesantren Mahfilud Duror Jember

Pesantren Mahfilud Duror didirikan pada tahun 1826 M oleh KH. M. Sholeh, Ia merupakan murid ulama’besar karismatik dari Bangkalan Madura, Syaikh Muhammad Kholil bin KH. Abdul Lathif. KH M. Sholeh adalah teman satu generasi dengan KH. Hasyim Asy’ari

SMK Al-Furqan Jember

SMK Al-Furqan Jember adalah sekolah kejuruan yang berlokasi di Jember. Didirikan tahun 2008 oleh direktur YDSF(Yayasan Dana Sosial Al-Falah) Jember

SMK Darul Hikmah Jember

SMK Darul Hikmah Jember beralamat di jalan Yos Sudarso 114 Kranjingan Sumbersari; Jember

Pesantren Darul Hikmah Al-Ghazaalie Jember

Pondok pesantren ini berdiri pada 1987 dan didirikan oleh KH. Drs. Achmad Nashihin AR. Setelah beberapa tahun kemudian, mulailah berdiri pendidikan formal yang pertama berdiri yaitu MI Miftahul Ulum yang diprakarsai oleh beberapa tokoh masyarakat.

Pesantren Al-Qodiri Jember

Pondok pesantren Al-Qodiri Jember yang saat ini beralamat di Jl. Manggar 139 A, kelurahan Gebang Poreng Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, didirikan pada hari Kamis (malam Jum’at) tanggal 06 Juni 1987 oleh KH Achmad Muzakki Syah

Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Asyhariyah Jember

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember didirikan oleh (Alm) KH.Abdul Aziz Ismail sekitar tahun 1953.

Pesantren Al Amien Kabupaten Jember

Pondok Pesantren Al Amien adalah salah satu pesantren yang terletak di dusun Kebonsari Sabrang Ambulu Jember Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh KH. Masduqi Musthofa pada tahun 1948.

Ziarah di Makam Habib Sholeh al Hamid Tanggul, Waliyullah yang Doanya Makbul

Habib Sholeh al Hamid Tanggul beliau adalah ulama besar yang berasal dari Yaman dan hijrah di Jember, kewalian beliau tidak diragukan lagi

Pesantren Islam ASHRI (Ash-Shiddiqi Puteri) Jember

Pondok Pesantren Islam ASHRI (Ash-Shiddiqi Puteri) Jember Jawa Timur

Ziarah Makam KH. Muhammad Shiddiq Jember

Makam KH Muhammad Shiddiq Jember Jawa Timur

Pesantren Madinatul Ulum Jember

Pondok Pesantren Madinatul Ulum ini merupakan lembaga pendidikan Pondok Pesantren yang berada di Jember selatan yakni di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, tepatnya ± 15 KM dari kota Jember, dan ± 4 KM dari Pondok Pesantren Al Wafa (tempurejo).

Mengenang Kiai Musikan Asal Bragung Saat Memperjuangkan NU Jember

Di hari lahir NU yang ke-94 ini, saya ingin mengenang seorang pejuang NU asal Kalisat, Jember, Jawa Timur. Beliau lahir di Desa Bragung, Guluk-guluk, Sumenep. Nama lahir beliau adalah Musikan, dari ayah bernama Abdul Hamid (Kiai Judhi) dan ibu bernama Mulani (Nyai Judhi). Kelak setelah naik haji beliau berganti nama menjadi Haji Baihaqi.

Pesantren Darul Arifin Jember

Pondok pesantren “ Darul Arifin” didirikan pada tahun 2003 oleh KH. Abdullah Syamsul Arifin putra bungsu dari mendiang al-Marhum Romo KH. Syamsul Arifin dengan NY Hj. Muti’ah -Pendiri dan pengasuh pertama Yayasan Bustanul Ulum- ( induk PP Darul Arifin).

PAUD Cendekia Kencong Jember

Paud Cendekia Kencong Jember, Jawa Timur

Majelis Zikir Ratibul Haddad Jember

Majelis Zikir Ratibul Haddad di Jember Jawa Timur

Majelis Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani Jember

Majelis Dzikir manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani Jember Jawa Timur

Panti Asuhan Az Zahra Griya Mangli Jember

Panti Asuhan Az Zahra Griya Mangli Jember

Panti Asuhan Attafakur Jember

Panti Asuhan Attafakur Jember Jawa Timur

Biografi KH. Jauhari Zawawi

KH.Jauhari Zawawi Ulama Nahdaltul Ulama Pesantren Assunniyyah Jember Jawa Timur

Ziarah di Makam KH. Djauhari Zawawi, Masyayikh Pesantren Pesantren As-Sunniyah Kencong

KH. Djauhari Zawawi adalah pendiri Pesantren As-Sunniyah Kencong, Jember dan merupakan salah satu ulama yang ikut mendirikan Nahdlatul Ulama (NU) cabang Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pesantren Nurul Manan, Sukogidri Jember

Pesantren Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember Jawa Timur

Pesantren Ihya’ussunnah, Jember

Pesantren Ihya’ussunnah, dusun Canting, Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember Jawa Timur

Kesederhanaan KH. Achmad Siddiq Jember

Kesederhanaan yang patut diteladani bagi generasi sekarang yang silau dengan kemilau dunia dan lemah api perjuangannya.

Habib Ali bin Abdullah Alhamid, Ketua Ansor Jember yang Dibunuh PKI

Laduni.ID Jakarta - Habib Ali bin Abdullah Alhamid terhitung masih keponakan Habib Sholeh Tanggul, Jember. Beliau meninggal secara syahid di usia muda, sekitar 32 tahun, setelah diculik dan dieksekusi mati oleh kawanan PKI di kawasan Hutan Kumitir, sekitar tahun 1965.

Menimba 'Berlian' dari Riwayat Hidup Mbah Sidik Jember

“Sidik Jember, Sidik Jember, Sidik Jember!” Begitulah R. KH. Moh. Kholil, pengasuh Pondok Pesantren Kademangan Bangkalan, berteriak-teriak menyambut santrinya Mohammad Sidik, dari Lasem, ketika sowan ke Bangkalan untuk menanyakan gundah hatinya terkait dengan masa depan pengabdian hidupnya di jalan Tuhan.

Kemuliaan Akhlak KH. Abdul Wahid Zaini di Mata KH. Ahmad Shiddiq Jember

KH Abdul Wahid Zaini merupakan pengasuh pondok pesantren Nurul Jadid, sejak muda beliau menujukkan kecintaan dan kepeduliannya pada pendidikan. Setelah dididik oleh sang ayah, KH Abdul Wahid Zaini meneruskan pendidikannya di Pondok Pesantren Peterongan Jombang

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Dalil al-Qur'an Bahwa Allah Wujud?

Beberapa hari lalu saya menulis bahwa tidak ada satu ayat pun dalam al-Qur'an yang menyebut kata "wujud" bagi Allah. Jadi, tidak akan pernah ditemukan ayat yang redaksinya "Sesungguhnya Allah itu ada" atau "Ketahuilah bahwa Allah itu ada"

Hukum Rokok dari Bahaya yang Ditimbulkan

Dalam Islam, perbedaan pendapat antar ulama adalah sebuah anugerah. Sering terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama dalam memutuskan atau menghukumi suatu perkara, sebut saja perihal rokok

Ini yang Membuat Mbah Hamid Pasuruan Menangis Setelah Acara Maulid Nabi

Pada suatu hari, KH Abdul Hamid Pasuruan mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan mengundang para masyayikh

Ziarah Makam KH. Abdul Muchit Muzadi, Pakar Khittah NU 1926

Beliau masyhur dikenal sebagai ulama sepuh Nahdlatul Ulama, posisi beliau di NU sendiri adalah mantan Mustasyar PBNU dan dikenal juga sebagai pakar Khittah NU 1926

Biografi KH. Muhammad Shiddiq

KH. Muhammad Shiddiq Ulama Nahdlatul Ulama Jember Jawa Timur

Biografi KH. Yazid Karimullah

KH. Yazid Karimullah beliau adalah ulama jember dan pengasuh pesantren

Biografi KH. Syamsul Arifin Abdullah

KH. Syamsul Arifin Abdullah beliau adalah ulama nahdlatul Ulama berasal dari Jember, dan pengasuh pesantren Bustanul Ulum Jember.

Info Harian Laduni: 2 Oktober 2023

Bertepatan dengan tanggal 02 Oktober ini menjadi momentum bagi kita semua untuk mengenang kepergian KH. Muhaiminan Gunardho dan Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid atau Habib Sholeh Tanggul.

Biografi KH. Khotib Umar Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Jember

KH. Khotib Umar adalah putra kedua dari 5 bersaudara. Beliau lahir pada tahun 1941 M. Ayahanda beliau adalah Kiai Umar, serta ibundanya adalah Ny, Shofiyah.

Biografi KH. Abdul Hadi, Muasis Pesantren Nahdlatul Ulum Jember

KH. Abdul Hadi, beliau adalah putra pertama dari pasangan Kiai Masdar dan Nyai Siti Kholifah, lahir tahun 1953 di Desa Sukojember, Kecamatan Jelbuk. 

Ziarah di Makam KH. Khotib Umar, Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Jember

KH. Khotib Umar beliau adalah ulama kharismatik dari Jember, beliau juga memegang kepemimpinan di Pesantren Raudlatul Ulum Jember sepeninggal ayahnya KH. Umar yang wafat pada tahun 1982 M silam. 

Biografi KH. Muhyiddin Abdusshomad, Muasis Pesantren Nurul Islam Jember

KH. Muhyiddin Abdusshomad, lahir di Jember Jawa Timur 5 Mei 1955 dari pasangan KH. Abdusshomad dengan Ny. Hj. Maimunah.

Biografi KH. Achmad Nashihin, Muasis Pesantren Darul Hikmah Al-Ghazalie Jember

KH. Achmad Nashihin merupakan keturunan ulama’ di Jember. Maka tak heran jika Ia mewarisi kharisma dari para leluhurnya. Keistmewaannya telah tampak sejak remaja.

Pesantren Darul Ulum As Surur Sidomulyo, Jember

Pondok Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember berdiri pada tahun 1993, yang didirikan oleh Kyai H. Ahmad Fauzan Mahfudz, beliau dari Desa Sidomulyo Silo Jember

Biografi KH. Luthfi Ahmad Pengasuh Pesantren Madinatul Ulum, Jember

KH. Muhammad Luthfi Ahmad, lahir di Jember 2 Januari 1965, bersuku Madura, berkulit matang agak gelap, tinggnya sekitar 165 cm, badannya tegap, penampilan dan tutur katanya kelam tetapi tegas, sehingga memancarkan sinar kewibawaan seorang kyai yang kharismatik.

Menampilkan 1 - 10 dari 120