Biografi KH. Yasin Jekulo, Pendiri Pesantren Al-Qoumaniyyah Kudus

KH. Soekandar  atau  yang kerap dipanggil dengan sapaan KH. Yasin dilahirkan sekitar tahun 1890-an di desa Cebolek kecamatan Margoyoso kabupaten Pati.

Biografi KH. Turaichan Adjhuri

KH. Turaichan Adjhuri atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan Mbah Tur lahir di Kudus pada tanggal 22 Rabiul Akhir 1334 H atau 10 Maret 1915 M. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Adjhuri dengan Nyai Dewi Sukainah. 

Ziarah di Makam Sunan Muria, Wali Songo Termuda

Makam Sunan Muria tidak seperti makam para wali lainnya, makam ini terletak di ketinggian 1600 mdpl tepatnya di lereng Muria yang terletak di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

SMK NU Al Hidayah Kudus

Pada tahun 2009 atas inisiatif pengurus yang di motori oleh Bapak Zainudin, S.Ag yang saat itu sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci diresmikanlah berdirinya SMK NU Al Hidayah.

SMK NU Miftahul Falah Kudus

SMK NU MIFTAHUL FALAH Kudus merupakan SMK yang beralamat di Jl. Raya Muria No 1A Km 07 Cendono Dawe Kudus.

MA NU Falah Kudus

MA NU Miftahul Falah didirikan pada tanggal 10 Juni 1987 oleh para tokoh dan kyai NU di Kecamatan Dawe.

MA NU Raden Umar Said Kudus

MA NU Raden Umar Sa’id secara demografis berada di desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Profil Universitas Muria Kudus

Pendirian Universitas Muria Kudus dimulai pada bulan Maret 1980 dengan negosiasi antara Kopertis Wilayah V (sekarang kopertis VI) dengan Pemerintah Daerah Tingkat II Kudus.

AKBID Muslimat NU Kudus

Syukur alhamdulillah kami haturkan atas segala rahmat dan ridlo Allah SWT. Dalam rangka meningkatkan pengabdian untuk menyiapkan generasi khaira ummah, PCNU dan PC Muslimat NU Kabupaten Kudus telah merintis dan menyelenggarakan pendidikan tinggi di Kabupaten Kudus dengan nama “Akademi Kebidanan Muslimat NU Kudus”

Kajian Tradisi Buka Luwur dalam Perspektif Ushul Fiqh Digelar di Kudus

Kajian dengan tema Tradisi Buka Luwur dalam Perspektif Ushul Fiqh itu diadakan di Masjid Nurul Jannah, Prambatan Kidul Kudus.

SMK NU Ma'arif Kudus

Pada 17 Juli 1991, di Kudus, berdiri sebuah sekolah, yang kelak mampu meraih prestasi yang gemilang.

SMK NU Banat

SMK NU Banat merupakan sekolah fashion yang mempunyai program unggulan, networking dengan desainer-desainer nasional maupun internasional.

SMK NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus

SMK NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus terletak di Desa Karangmalang Gebog Kudus.

SMK Raden Umar Said Kudus

Sejarah berdirinya SMK Raden Umar Said Kudus yang lebih di kenal dengan nama SMK GRAFIKA tidak terlepas dari keberadaan Fakultas Agama Islam Undaris Kudus yang berdiri pada Tahun Akademik 1986/1987.

SMK Mambaul Falah Kudus

Sekolah menengah kejuruan mambaul falah telah berdiri tahun 2007

Pesantren Mambaul Falah Piji, Kudus

Pondok Pesantren Mambaul Falah Piji Dawe Kudus, atau sering dikenal dengan nama MAFA, mempunyai arti sumber kebahagiaan, maksud dari sumber kebahagiaan adalah bahagia dalam dunia maupun di akhirat.

Biografi KH. R. Asnawi Kudus

KH. R. Asnawi lahir pada tahun 1281 H / 1861 M. di kampung Damaran Kota Kudus. Beliau merupakan putra pertama dari H. Abdullah Husnin seorang pedagang konveksi tergolong besar di Kudus pada waktu itu, dengan ibu. R. Sarbinah.

Biografi KH. Ma'mun Ahmad Kudus

KH Ma'mun Ahmad Kudus Ulama Nahdlatul Ulama Jawa Tengah

Ziarah di Makam Sunan Kudus, Sang Waliyyul ilmi

Sunan Kudus merupakan salah satu penyebar Agama Islam di Tanah Jawa dan termasuk salah satu dari Walisongo yang sudah terkenal di Pulau Jawa. Nama Sunan Kudus diambil dari nama daerah tempat dimana beliau menyebarkan Agama Islam, yaitu Kudus

SMK NU Ma'arif 2 Kudus

SMK NU Ma'arif 2 merupakan lembaga pendidikan kejuruan swasta setingkat SMA yang berada di jalan Siliwangi Gang.I No.99 Jekulo Kudus.

SMK IT Rohmatul Ummah Kudus

SMK IT Rohmatul Ummah Kudus berada di jalan Pandean no 230, Jekulo, Kudus

Pesantren Enterpreneur Al Mawaddah Kudus

Pesantren Enterpreneur Al Mawaddah Honggosoco Kudus merupakan salah satu pesantren di Indonesia yang telah fokus mengembangkan Tiga aspek tersebut yaitu intelektual spiritualitas, enterpreneur dan leadership.

SMK Assa’idiyyah Kudus

SMK Assa’idiyyah Kudus berdiri mulai tahun 2007, dibawah naungan yayasan Assa’idiyyah Al-Qudsy dengan SK pendirian No. 21.4/1966/14.03/2007 dan tanggal SK 23-06-2007.

SMK Assa'idiyyah 2 Kudus

SMK Assa’idiyyah 2 Kudus berlokasi di jalan Suryo Kusumo RT.06 RW.01, Mejobo, Kec. Mejobo, Kabupaten Kudus

Pesantren Assa'idiyyah Mejobo, Kudus

Yayasan Assa’idiyah Al Quds yang terletak di desa Kirig Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus dengan luas tanah milik 22691 m² adalah salah satu Yayasan yang mengelola bidang pendidikan. Yayasan Assa’idiyah Al Quds berdiri pada hari Jumat tanggal 12 Juli 1998 .

Karomah Mbah Arwani Kudus: Pergi ke Madinah dalam Sekejap

KH. M. Arwani Amin Said dikenal oleh msyarakat di sekitarnya sebagai seorang ulama yang memiliki kelebihan yang luar biasa. Banyak yang mengatakan bahwa beliau adalah seorang wali,beberapa santrinya mengatakan bahwa KH.Arwani Amin memiliki indra keenam dan mengetahui apa yang akan terjadi dan melihat apa yang tidak terlihat.

Belajar Ikhlas dari Habib Jakfar Alkaff Kudus

Kisah ini adalah pelajaran dari Habib Jakfar Alkaff Kudus tentang keikhlasan. Simak kisahnya di sini...

Pesantren Yanbu'ul Qur'an Kudus

Pesantren Yanbu’ul Qur’an didirikan oleh K.H. Arwani Amin Said, seorang ulama besar yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang al-Qur’an dan Thariqah.

Pesantren Darul Ulum Kudus

Pesantren Darul Ulum bertempat di desa Ngembalrejo Rt: 05 Rw: 04, kecamatan Bae Kabupaten Kudus,

Pesantren Tasywiquth Thullab (TBS) Kudus

Pondok Pesantren “Tasywiquth Thullab” (TBS) Kudus yang terletak di desa Balaitengahan Langgardalem Kota Kudus ini. Pondok TBS merupakan salah satu cikal bakal pendidikan di wilayah kabupaten Kudus, yang didirikan pada tahun 1920 M oleh para ulama’ Kudus.

Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus

pesantren yang diberi nama "Darul Falah", tepatnya pada tanggal 1 Januari 1970 M. Kata Darul Falah berasal dari dua kata yang terpisah yaitu Darul dan Falah.

Pesantren Al-Qudsiyyah Kudus

Ma’had Qudsiyyah Menara Kudus dilahirkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah (YAPIQ) Menara Kudus. Ma’had Qudsiyyah Menara Qudsiyyah diresmikan oleh Nadhir Madrasah Qudsiyyah, KH. Sya’roni Achmadi pada Senin Pon, 24 Dzul Qo’dah 1431 H bertepatan dengan 1 November 2010

Pesantren Daarusy Syifa Kudus

Pesantren Daarusy Syifa Kudus berada di Ds. Ploso RT 01 / 02 No. 165 Kecamatan Jati, Kab. Kudus, Jawa Tengah

Ziarah di Makam KH.R Asnawi, Muassis NU dari Kudus

Makam KH.R Asnawi kudus berada di di jalan  Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

Ziarah di Makam KH. Ahmad Basyir Kudus, Sang Mujiz Dalail Khairat

Makam KH. Ahmad Basyir berada di komplek pesantren Darul Falah Jekulo, beralamat di Jalan Sewonegoro No.25-29 Jekulo Kudus, Jekulo, Kudus

Ziarah di Makam KH. M. Arwani Amin, Sang Penjaga Al-Qur'an dari kota Kudus

Makam KH. M. Arwani Amin Jl. KH Moh. Arwani No.24 RT 03/ RW 01, Pejaten, Kajeksan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Biografi KH. Ahmad Basyir Jekulo Kudus

KH. Basyir memegang falsafah ilmu itu harus diamalkan walau hanya satu kali, kalau ingin manfaat. KH. Basyir, sosok kyai yang teladan yang patut di contoh. Beliau adalah seorang ulama yang mentradisikan riyadhoh (laku prihatin) sejak mudanya. Tradisi itu masih beliau pegangi hingga usia 88 tahun.

Pesantren Putri Duta Aswaja Kudus

Pondok pesantren Duta Aswaja secara geografis terletak di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Lebih tepatnya Jl.Ngasinan No.05 Desa Purworejo Bae Kudus.

Safari Ziarah dan Bertawassul di Makam KH. R As'ad Syamsul Arifin Situbondo

KH. R As'ad Syamsul Arifin Situbondo beliau adalah ulama besar dari Situbondo dengan kewaliannya., Jasa besar untuk bangsa Indonesia dan Nahdlatul Ulama.

Biografi KH. Sya’roni Ahmadi Al Hafidz

Biografi KH Sya’roni Ahmadi Al Hafidz Ulama Nahdlatul Ulama Kudus

Pesantren YASIN, Sunggingan, Kudus

Pondok Pesantren Yasin (Ponpes Yasin) merupakan Pondok Pesantren yang terletak di kelurahan Sunggingan, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah

Pesantren Tahfidz Raudhatul Jannah, Kudus

pesantren Tahfidz Raudhatul Jannah, Raudhatul Jannah Kudus Jawa Tengah 

MA NU TBS Sabet Juara III LKTI Nasional di Fakultas Saintek UIN Surabaya

Tim MA NU TBS Kudus terdiri dari tiga orang yakni Raihan Naufal Prastika, M. Najmul Ilmi Alayya Taftahil Ula dan Ananda Lukman.

Gus Mus Ditunggui Sunan Kudus Saat Baca Puisi

Tiga syair spesial Gus Mus dalam Panggung Penyair Asia Tenggara; Hanin, Mulut, Tadarus.

Ijazah Doa dari KH Sya'roni Ahmadi Kudus Hafizhahullah

KH Sya’roni Ahmadi Kudus Hafizhahullah memberikan beberapa ijazah, yakni ijazah doa ketenangan hati, ijazah doa agar diberi rizki yang luas, ijazah doa kerukunan keluarga, dan ijazah doa saat menghadapi kesulitan.

Wejangan KH Arwani Amin untuk Santri-Santrinya

KH Arwani Amin Kudus pernah memberikan wejangan kepada santri-santrinya begini.

Kiai Asnawi dan Doa Keamanan untuk Indonesia

Kiai Asnawi, Kudus Kiai Raden Asnawi adalah seorang ulama kelahiran Damaran Belakang Menara Kudus pada tahun 1281 H/ 1864 M dan wafat pada tahun 1959 M.

Pesantren Nahdlatul Muslimin Kudus

Pondok Pesantren Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus adalah lembaga nonformal beserta segenap kyai dan para pengasuhnya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menghadapi tantangan zaman

Kiai Chatib Sendang, Membuat Layangan dari Tembaga

Kiai Chatib Sendang, Membuat Layangan dari Tembaga. Beliau merupakan cicit Sunan Kudus dan putra dari Pangeran Katandur.

Kiai Chatib Sendang, Cicit Sunan Kudus yang Menjala Ikan dari Mushalla

Kiai Chatib merupakan putra dari Pangeran Katandur atau Syech Ahmad Baidhawi. Pangeran Katandur adalah cucu dari Sunan Kudus

Panti Asuhan Darussalamah Kudus

Panti Asuhan Darussalamah Kudus Jawa Tengah

Panti Asuhan Darul Hadlonah Kudus

Panti Asuhan Darul Hadlonah Kudus Jawa Tengah

PAUD (KB-TK) TBS Kudus

PAUD (KB-TK) TBS Kudus Jawa Tengah

Paud IT Bintang Belia Kudus

Paud IT Bintang Belia Kab. Kudus Prov. Jawa Tengah 

TK Muslimat NU Nawa Kartika Kudus

TK Muslimat NU Nawa Kartika Kudus Prov. Jawa Tengah.

'TK/RA NU Banat Kudus

'TK RA NU Banat Kudus Jawa Tengah

RMI Kudus: Meme di Medsos 1000 Santri Pingsan Usai Jalani Rapid Test, Hoaks!

RMI Kudus: Meme di Medsos 1000 Santri Pingsan Usai Jalani Rapid Test, Hoaks!

Majelis Taklim Al-Barokah Mitra Sejati Kudus

Majelis Taklim Al-Barokah Mitra Sejati Kudus Jawa Tengah

Panti Asuhan Budi Luhur Kudus

Panti Asuhan Budi Luhur Kudus Jawa Tengah

Panti Asuhan Melati Kudus

Panti Asuhan Melati Kudus Jawa Tengah

KH. Abu Chaer Kisahkan tentang Kiai Arwani Kudus yang Jago Kitab Kuning

Selama ini jika mendengar nama KH. Arwani Amin Kudus, yang terlintas adalah ulama ahli Qiraat. Atau jika pendengarnya orang-orang sepuh, maka yang terfikir beliau mursyid thariqoh.

Mustasyar PBNU KH. Sya'roni Ahmadi Wafat

Sejak kecil beliau adalah sosok yang cerdas, pada usia 11 tahun beliau sudah mampu menghafal Kitab Alfiyah Ibnu Malik.

Nasehat KH Muhammad Ulil Albab Arwani untuk Orang Tua dan Santri Penghafal al-Qur’an

Diantara nasehat Abah Ulil Albab untuk orang tua yang sedang memondokkan anaknya adalah: Bukti tanda cinta orang tua kepada anak, Suatu ibadah bisa terjaga dan diterima oleh Allah

Wasiat KH. Arwani Amin Kudus

KH. M. Arwani Amin Said atau biasa yang dikenal dengan Mbah Arwani Kudus merupakan seorang yang Alim ‘Allamah. Sejak kecil beliau juga dikenal sebagai pribadi yang santun dan cerdas, sehingga beliau mempunyai keistimewaan dibanding dengan teman-teman sebaya beliau.

Awal Mula Kyai Arwani Kudus Menghafal Al-Qur'an

Ceritanya, Kyai Da`in Amin, sudah berhasil menghafalkan Qur'an sendiri. Oleh ayahnya, hafalan tersebut diminta ditashihkan kepada Kyai Munawwir. Kyai Arwani sendiri belum hafal Qur'an ketika itu, tetapi beliau sudah hebat mengaji kitabnya karena lulusan Pondok Jamsaren (Solo) dan Tebuireng (Jombang).

KH. Arwani Amin Kudus yang Jago Kitab

Laduni.ID Jakarta – Selama ini jika mendengar nama KH. Arwani Amin Kudus, yang terlintas adalah ulama ahli Qiraat. Atau jika pendengarnya orang-orang sepuh, maka yang terfikir beliau mursyid thariqoh. Jarang sekali yang menilik sisi kealiman KH. Arwani Kudus

Ziarah Wali Songo: Maqbarah Sunan Kudus

Menara, yang dikenal sebagai menara Kudus menjadi magnet kuat bagi peziarah dari berbagai daerah. Tidak kurang ratusan peziarah silih berganti memandangi menara yang unik, artistik, dan khas Majapahit itu

Ziarah di Makam Habib Ja’far Al-Kaff Kudus, Rajanya para Wali Majdub

Habib Ja’far Al-Kaff adalah ulama kharismatik yang memiliki pengaruh cukup besar di kalangan para ulama. Beliau dikenal sebagai seorang Wali Majdub

Pesantren Al-Qoumaniyyah (Mbareng )Kudus

Pesantren Al-Qoumaniyyah (Mbareng )Kudus merupakan pesantren tertua di Kudus yanng dirintis oleh KH Yasin “

Pesantren Yanbu'ul Qur'an Menawan, Kudus

Yanbu'ul Qur'an Menawan Kudus adalah pesantren cabang YanbuaKejaksan Kudus, pesantren ini dipersiapkan untuk persiapan hafalan al Qur'an dengan metode Yanbua karya KH. Arwani Amin Said.

Biografi Drs. KH. Sirril Wafa, MA

KH. Sirril Wafa yang lebih familiar disapa Pak Sirril adalah seorang ahli falak dari Kudus, Jawa Tengah. Ayahnya yang juga dikenal sebagai maestro ahli falak kudus yakni KH Turaichan Adjhuri Asy-Syarofi dan juga masih keturunan dari Raden Ja’far Shodiq atau yang sering di kenal dengan sebutan Sunan Kudus.

Pesantren Nashrul Ummah, Mejobo, Kudus

Pesantren Nashrul Ummah Kudus adalah pesantren modern yang didirikan oleh KH. Nusron Wahid yang berlokasi di Jl. Suryo Kusumo, RT.006/RW.001, Bendo, Mejobo, Kec. Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Biografi KH. Muhdi Ahmad

KH. Muhdi Ahmad beliau adalah ulama kharismatik yang menjadi pengajar di MA NU Miftahul Falah Cendono, Madrasah Diniyyah NU Kradenan, dan juga Madrasah Hidayatul Mustafidin Lau.

Biografi Syekh Jangkung (Saridin atau Raden Syarifuddin)

Syekh Jangkung, dikenal sebagai Wali Allah penuh karomah, beliau punya sejarah panjang dengan karamah-karamah yang luar biasa, membuatnya menjadi seorang waliyullah yang banyak disebut-sebut masyarakat, ditambah sikap-sikap yang nyleneh, membuat masyarakat semakin mengenangnya.

Ziarah di Makam Sunan Kedu, Pendakwah Islam di Wilayah Kedu

Sunan Kedu beliau dikenal seorang wali penyebar agama islam di wilayah Kedu dengan jalan dakwah melalui pertanian, diantaranya penanaman padi dan penanaman tembakau hingga sekarang.

Biografi Habib Ja'far bin Muhammad Al-Kaff

Habib Ja’far Al-Kaff adalah ulama kharismatik yang memiliki pengaruh cukup besar di kalangan para ulama. Beliau dikenal sebagai seorang Wali Majdub yang memiliki kebiasaan jadzab (nyeleneh), bahkan menurut pandangan Habib Umar bin Hafidz, Habib Ja’far Al-Kaff adalah sulthonul majdub fii kulli zaman, rajanya para Wali Majdub.

Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan, Kudus

Sejak dulu KH. M. Ulin Nuha Arwani dan KH. M. Ulil Albab Arwani, selaku pengasuh PTYQ Menawan Kudus bercita-cita memiliki pondok modern yang berbasis sekolah dengan mensinergikan antara Al-Qur’an, ilmu pengetahuan, serta bahasa asing.

Menampilkan 1 - 10 dari 88