Kisah Penyebab Turunnya Lailatul Qadar

Di dalam Durrul-Mantsur terdapat sebuah hadits dan Anas r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Lailatul-Qadar telah dikaruniakan kepada umat ini (umatku) yang tidak diberikan kepada umat-umat sebelumnya.”

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan Lailatul Qadar merujuk kepada surah Al-Qadar didalam membicarakan persoalan keistimewaan Lailatul Qadar,

Orang yang Berhak Mendapatkan Lailatul Qadar

Dalam bulan Ramadhan, ada malam seribu bulan. Wah sangat senang sekali bila amal ibadah yang semalam itu dihitung seperti amalan seribu bulan. Semua pasti ingin dan ingin. Di malam itu Allah SWT benar-benar melipatgandakan pahala. Akankah kita bisa meraihnya?

Prediksi Waktu Turunnya Lailatul Qadar di Beberapa Kitab Salafiyah Kuno

Satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Kisah Rasulullah Saat Terjadi Lailatul Qadar

Diceritakan bahwa pada hari-hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah Saw sedang duduk i’tikaf semalam suntuk. Para sahabat pun tidak sedikit yang mengikuti apa yang beliau lakukan.

Perbedaan Antara Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar Menurut Para Ulama

Malam Nuzulul Qur’an sering diperingati pada tanggal 17 Ramadhan, dengan mengadakan pengajian atau tabligh akbar, dan bukan pada malam Lailatul Qadar.

Doa Rasulullah SAW Ketika Malam Lailatul Qadar Tiba

Menanti malam yang penuh berkah, kemuliaan, dan kesucian menuntut seorang hamba juga dalam keadaan baik dan suci hatinya setelah menempa dua puluh hari pertama bulan Ramadhan karena menurut sejumlah riwayat, malam lailatul qadar hadir di sepuluh malam terakhir bulan suci tersebut.

Doa Lailatu Qadar yang Diamalkan Rasulullah dalam Kitab At-Tanbih

Lailatul qadar merupakan malam penuh berkah dan kemuliaan. Beribadah pada malam tersebut dianggap lebih baik ketimbang beribadah di bulan lain, sekalipun selama seribu bulan.

Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan

Salah satu keterangan mengenai pendapat bahwa Al-Qur'an diturunkan pertama kali pada tanggal 17 Ramadhan kepada Rasulullah SAW terdapat di dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir.

Kolom Gus Nadir :Siapakah Ruh yang Turun ke Bumi Saat Lailatul Qadar?

Kita mulai menjawab pertanyaan ini dari Tafsir Ibn Katsir. Ibn Katsir mengatakan bahwa pembahasan tentang ruh dalam QS al-Qadar:4 ini telah beliau jelaskan saat membahas ayat lain, yaitu QS an-Naba’ ayat 38: “Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri bersaf-saf,

Lailatur Qodar dan Si Mbah Penjual Pisang

Allah melapangkan rejeki dan kemuliannya bagi yang dikehendaki. Simak kisah ini...

Ini Cara Mengetahui Malam Lailatul Qadar Menurut Imam Ghazali

Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah teladan kita dalam melaksanakan ibadah. Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk memperbanyak ibadah pada bulan Ramadhan, antara lain dengan memperbayak sedekah, membaca Al-Quran, dan i’tikaf.

Doa di Malam Lailatul Qadar

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengajarkan doa kepada Sayidah Aisyah jika berjumpa dengan Lailatul Qadar:

Lailatul Qadar #1: Mengintip Malam Lailatul Qadar, Kapan?

“Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan)” (HR. Al-Bukhari dari Aisyah radhiyallahu ‘anha

Lailatul Qadar#3: Shalat  Sunat Malam Lailatul Qadar dan Wiridnya

Bacaan surat yang dianjurkan setelah al-Fatihah surat al-Ikhlas tujuh kali pada setiap rakaat. Namun ada juga yang menyebutkannya di bacaan surat yang dianjurkan berupa surat At-Takatsur 1 kali kemudian Al ikhlas 3 tiga atau Al-Qadr.

Perbanyak Doa Malam Lailatul Qadar Termasuk Doa Ini

Sekali lagi, kita tidak tahu waktu pasti terjadinya Lailatulkadar. Karenanya, doa yang diajarkan Rasul sangat baik untuk dibaca pada tiap malam di bulan Ramadan. 

Lailatul Qadar #7: Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Perspektif Hadist

Maka raihlah sepuluh akhir Ramadhan ini dengan meningkatkan produktifitas amal saleh dan kebaikan menuju mardhatillah

Malam 27 Ramadhan, Malam Lailatul Qadar?

Semoga kita dapat meraih sisa malam Ramadhan dengan ibadah dan berbuat kebaikan walaupun malam qadar itu sudah lewat ataupun jatuh malam ganjil tepatnya 27 Ramadhan

Tentang Malam Kemuliaan

Dalam sebuah hadits diceritakan bahwa pada suatu hari di bulan Ramadhan, nabi SAW didatangi oleh seorang sahabat yang melaporkan bahwa ada dua orang pria yang terlibat pertengkaran di jalanan.

Detik Terakhir, Melipat Kasur: Mengejar Lailatul Qadar

Abu Hurairah RA bercerita, kami bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba beliau mengingatkan kami tentang Lailah Qadr, “Sudah berapa hari kita lampau Ramadhan”, mereka menjawab, 23 hari Ya Rasulallah. Beliau bertanya kembali, "Berapa hari lagi kita berada di Bulan ini", 8 hari lagi, jawab mereka,

Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan

Alquran yang turun pada malam lailatul qadar diartikan bahwa pada malam itu Allah Swt. mengatur dan menetapkan khithah dan strategi bagi nabi-Nya, Muhammad Saw., guna mengajak manusia kepada agama yang benar yang pada akhirnya akan mene­tapkan perja­lanan sejarah umat manusia, baik sebagai individu maupun kelompok

Haruskah Kita Mengetahui Malam Lailatul Qadar Untuk Mendapatkan Fadhilahnya?

LADUNI.ID, Jakarta - Salah satu malam yang diimpikan oleh semua umat Islam dalam bulan Ramadhan adalah malam lailatul qadar. Lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Ingat, Inilah Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar senantiasa dinanti-nantikan oleh segenap umat Islam, sebab kemuliaan malam ini lebih baik dari seribu bulan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. Al-Qadar:

Prediksi Imam Ghazali Mengenai Malam Lailatul Qadar

Memprediksi malam lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir di bulan yang pada sepuluh pertamanya adalah rahmat, sepuluh tengahnya adalah ampunan dan sepuluh akhirnya adalah bebas dari neraka. Walau pun hakikatnya tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan terjadinya Lailatul Qadar, kecuali Allah SWT.

Amalan Doa Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Sunah Nabi

Ada doa yang pernah diajarkan oleh Rasulullah Saw jikalau kita mau menjemput malam lailatul qadar, malam kemuliaan, yakni dengan do’a:

Doa Syekh Abdullah di Malam Lailatul Qadar

Pada suatu malam, Syekh Abdullah Al Banjari (Ayah Datuk kalampayan dan Datu Aminah (Ibu Datuk Kalampayan) sedang berlayar di sungai Martapura. Malam itu adalah tengah malam di Bulan Ramadhan.

Lailatul Qadar Malam 27 Ramadhan?

Memang ada beberapa riwayat dari para Sahabat bahwa malam Lailatul Qadar tidak berpindah dari hari-hari ganjil, yakni 27 Ramadhan saja.

Keistimewaan dan Amalan Malam Lailatul Qadar

Terdapat keistiwewaan yang indah didalam bulan Ramadhan, dimana terdapat malam yang nilainya lebih baik daripada seribu bulan yang biasa disebut dengan malam lailatul qadar selain itu juga Allah telah memuliakan Al-Quran dimalam ini. Setiap orang berharap agar bertemu dengan malam indah tersebut karena itu malam yang lebih baik dari seribu bulan atau malam kemuliaan.

I’tikaf Sepuluh Malam Terakhir Bagaikan I’tikaf Bersama Rasulullah Saw

Di antara serangkaian amalan sunnah di bulan suci Ramadhan adalah beri’tikaf. Kendati termasuk amalan sunnah yang bisa dilakukan kapan saja, tetapi khususnya di bulan Ramadhan, i’tikaf lebih dianjurkan, terutama di sepuluh malam terakhir.

Doa Akhir Bulan Ramadhan

Salah satu adab yang diajarkan oleh Rasulullah Saw kepada umatnya adalah membacakan doa Perpisahan diakhir bulan Ramadhan.

Khutbah Jumat: Menanti Malam Qadar

Malam indah yang lebih baik dari seribu bulan itu adalah malam yang penuh berkah, malam yang mulia dan memiliki keistime­waan-keistimewaan tersendiri.

3 Tanda Orang Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Sulthonul Auliya As Syaikh Abdul Qodir Jaelani

Malam lailatul qadar tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan tepatnya. Selama ini umat Islam hanya membaca tanda-tanda malam lailatul qadar menurut Al-Qur’an bahwa malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Tata Cara Shalat Sunnah Lailatul Qadar

Salah satu peristiwa yang memiliki banyak keistimewaan dan hikmah pada bulan Ramadan adalah malam lailatul qadar. Pasalnya, pada malam tersebut dianggap lebih baik daripada beribadah di bulan lain sekalipun selama seribu bulan. Hal tersebut hingga membuat banyak orang berlomba lomba dalam meraihnya.

Kisah Nabi Syam'un alias "Samson" Ghozi AS dan Lailatul Qadar.

Kisah ini berasal dari cerita Nabi Muhammad SAW yang menceritakan tentang seorang Nabi yang hidup di zaman Romawi, yang bernama Sam'un Ghozi AS. Beliau adalah Nabi dari kalangan Bani Israil, yang juga merupakan hakim ketiga terakhir pada zaman Israel kuno. Kisah tentang 1000 bulan, berawal dari seorang Nabiyullah yang bernama Nabi Syam’un al-Ghazi AS.

Doa untuk Separuh Akhir Bulan Sya'ban Sampai Akhir Bulan Ramadhan

Ketika Malam Nishfu Sya'ban telah dilalui, bulan Sya'ban tetapi merupakan bulan yang istimewa. Karenanya, tetap dianjurkan untuk senantiasa melakukan berbagai amal kebaikan di dalamnya.

Mengapa Allah Merahasiakan Malam Lailatul Qadar?

Malam lailatul qadar adalah malam yang begitu istimewa dalam bulan Ramadhan yang biasanya jatuh setelah pertengahan puasa atau sepuluh hari terakhir Ramadhan. Uniknya, malam lailatul qadar ini tidak ada yang mengetahui, kapan malam ini tiba.

Keistimewaan Malam Seribu Bulan

Dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Malam itu disebut Lailatul Qadar atau malam kemuliaan

Catat, Inilah Tanda Malam Lailatul Qadar

Di antara kita mungkin pernah mendengar tanda-tanda malam Qadar yang telah tersebar di masyarakat luas. Sayangnya informasi yang sampai kepada kita terkadang agak simpang siur, selain juga tidak didasarkan pada dalil-dalil yang qath’i.

Malam Lailatul Qadar dan Perubahan Hidup

Bulan Ramadhan memiliki sekian banyak keistimewaan, salah satunya adalah Lailatul Qadar yang diturunkan pada sepuluh hari terakhir.

Rumus Mengetahui Malam Lailatul Qadar Menurut Imam Ghazali

Bulan Ramadhan tahun ini telah memasuki sepuluh hari terakhir puasa atau yang bertepatan dengan datangnya malam lailatul qadar atau malam seribu bulan. Salah satu cirri tanda malam lailatul qadar adalah datangnya 10 hari terakhir Ramadhan dalam tanggal ganjil.

Kisah Nabi Syam’un Al-Ghozi AS dan Lailatul Qadar

Nabi Syam’un al-Ghazi As, memiliki beberapa nama; Dalam bahasa Arab, beliau disebut dengan Syamsyawn atau Syam'un. Dalam bahasa Ibrani, disebut Simson. Dalam  bahasa Tiberias, disebut Shimshon; Dalam Alkitab Nasrani, disebut Samson.

Semangat Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi)

Menampilkan 1 - 10 dari 51