Bab Istihadah: Ditinjau dari Istilah dan Dalil

Setelah sebelumnya menyajikan seputar haid dan nifas, kini selanjutkan akan juga disajikan problem seputar istihadah yang juga dikutip dari kitab Al-Ibanah wal Ifadah, karya Sayid Al-Habib Prof. Dr. Abdurahman bin Abdullah bin Abdul Qadir As-Saggaf.

Bab Nifas: Ditinjau dari Istilah dan Dalil

Setelah sebelumnya menyajikan seputar haid, kini selanjutkan akan juga disajikan problem seputar nifas yang juga dikutip dari kitab Al-Ibanah wal Ifadah, karya Sayid Al-Habib Prof. Dr. Abdurahman bin Abdullah bin Abdul Qadir As-Saggaf, Kepala Program Studi Fikih dan Ushul Fikih, Fakultas Syariah dan Qanun, Universitaf Al-Ahgaf, Yaman. Berikut penjelasan sekilas beliau seputar nifas

Haid: Ditinjau dari Istilah dan Dalil

Ada tiga macam darah yang keluar dari kemaluan perempuan: pertama darah haid, kedua darah nifas, ketiga darah istihadah.

Hukum Pindah Thoriqoh

Bolehkan Seorang Murid Thariqah Pindah ke Thariqah Lain ?

Penjelasan Hukum Nikah Tahlil dan Bedanya dengan Nikah Mut'ah

Bagaimana Hukum Nikah Secara Tahlil Dan Akan Dicerai Sesudah Bersetubuh ?

Apakah Boleh Menyumpah Pendakwa yang Mempunyai Bukti?

Betul pendakwa yang mempunyai bukti boleh disumpah dalam tujuh perkara, dan sumpahnya dinamakan sumpah istizhhar.

Inilah Penjelasan tentang Menggambar Binatang

Bahwasanya menggambar hewan (hayawan) yang sempurna anggotanya dengan potret, begitu memindahkan gambar dari film ke kertas itu hukumnya haram dengan tidak terdapat khilaf yang terhitung.

Penjelasan Hukum tentang Anggota DPR/DPDRD dari Seorang Perempuan

PENJELASAN HUKUM TENTANG ANGGOTA DPR/DPDRD DARI SEORANG PEREMPUAN

Inilah Penjelasan tentang Hukum Asuransi Jiwa

Bagaimana hukum asuransi ?. Boleh ataukah tidak ?.

Apakah Suara Perempuan Bagian dari Aurat dalam Mazhab Syafi’i?

Wanita dalam Islam sangat di hormati dan dijaga dari perkara yang dapat mengundang fitnah dan dosa. Termasuk suara wanita juga menjadi hal kontroversial apakah masuk dalam status aurat ataupun bukan.

Penjelasan Ilmiah di Balik 'Diam' Korban Pemerkosaan

Bisa bayangkan betapa mengerikannya? Kamu ingat detil kejadian pemerkosaan itu tapi ga bisa bergerak. Jadi jelas ya, korban pemerkosaan yang diam itu bukan karna suka

Shalat Qashar dan Penjelasannya

Laduni.ID, Jakarta Agama memperbolehkan seorang musafir melakukan peringkasan (qashar) dalam shalat berjumlah empat rakaat menjadi dua rakaat, yakni shalat zhuhur, ashar dan isya'

Penjelasan Haid pada Waktu Hamil

Haid atau menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada wanita ketika tidak terjadi pembuahan sel telur. Namun, selama masa kehamilan, wanita tidak mengalami menstruasi seperti biasanya.

Penjelasan tentang Siapakah Golongan Ashabul Yamin dalam Al Qur'an

Laduni.ID, Jakarta Menurut abu ja'far al baqir, kami (ahlul bait) dan golongan kamilah ashabul yamin.

Penjelasan tentang Neraka Sijjin dan Surga Illiyin

Laduni.ID, Jakarta Sesungguhnya ruhnya orang fajir ketika dicabut naik ke langit, kemudian malaikat tidak mau menerimanya, lalu turun ke bumi maka bumi tidak mau menerimanya, kemudian masuk ke bumi ke tujuh hingga sampai ke sijjin yaitu pipinya iblis,

Penjelasan tentang Orang Munafik dan Riya'

Laduni.ID, Jakarta Dilihat dari ta'rifnya sudah beda, perbedaan antara orang munafiq dan orang riya' bahwa orang munafiq memperlihatkan keimanan menyembunyikan kekufurannya,

Penjelasan Usia dalam Al-Qur'an

Usia atau (umur hidup seseorang di dunia) merupakan salah satu ketetapan Allah bagi setiap insan yang telah tertulis di Lauh Mahfudh, jauh sebelum seseorang dilahirkan ke muka bumi ini.

Hukum Memberikan Zakat kepada Bani Hasyim dan Bani Mutholib

Mengapa Zakat itu tidak diperbolehkan diberikan kepada Sayyid atau keturunan Rosul ? Mohon pencerahan, alasannya, hadits atau dalillnya. 

Penjelasan tentang Imam yang Berhak Membentuk Amil Zakat

Siapakah yang dimaksud imam untuk membentuk amil zakat ?

Penjelasan tentang Undang-undang Zakat Serta Konsep Amil dan Mekaniisme Kerjanya

Bagaimana dengan Undang-undang Zakat tentang konsep amil dan mekanisme kerjanya ?

Apakah Panitia yang Dibentuk Sacara Swakarsa Bisa Disebut Amil Zakat? Ini Jawabannya

Apakah panitia zakat yang dibentuk secara swakarsa tersebut di atas bisa disebut amil zakat (bagian dari ashnaf delapan) sehingga berhak memperoleh bagian dari zakat ?

Hukum Memberikan Zakat kepada Orang Tua

Salam. Bolehkah memberikan zakat [ maal atau fithrah ] untuk kedua orang tua sewaktu keduanya termasuk mustahiq ? 

Hukum Memberi Zakat kepada Orang Tua Muzakki

Hsatunya fakir miskin, dan bolehkah memberikan zakat kepada orang tua saya,yang mempunyai sifat salah satu tersebut ? sukron wa 'afwan ?

Penjelasan tentang Yatim Piatu Menurut Para Ulama

Sampai berapakah batasan umur seorang yatim piatu tetap menerima hak hak nya sebagai yatim piatu, misal menerima zakat ? Matur nuwun. 

Dalil dan Penjelasan tentang Celana Cingkrang Bukan Sunnah Nabi

Tulisan ini berisi tentang dalil-dalil dan penjelasannya bahwa celana cingkrang itu bukan sunnah Nabi. Seperti apa?

Penjelasan Niat Puasa, apakah Romadhona atau Romadhoni?

Bacaan Niat Puasa, Romadhona atau Romadhoni. Ini Penjelasannya

Ini Penjelasan Tauhid Menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Kendati Syekh Abdul Qadir al-Jailani menggambarkan ihwal Hadarah al-Quds sebagai maqam tertinggi salik yang telah bermakrifatulLah, beliau qaddasahulLah dengan penuh arif bijaksana terus mendorongkan harapan besar kepada kita untuk bisa menggapai maqam ahli tauhid itu.

Penjelasan Thariqah Menurut Habib Luthfi Bin Yahya

Ma’rifat adalah “mengerti dan mengenal”. Mengerti belum tentu mengenal, tapi kalau mengenal sudah pasti mengerti. Jadi ma’rifat di sini adalah mengenal Allah Swt., seperti halnya kita mengetahui sifat-sifatNya, baik yang wajib, mustahil dan jaiz.

Penjelasan Al-Qur’an tentang Makhluk Jin

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dan sumber rujukan utama membahas berbagai hal dalam kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat. Al-Qur’an juga sarat dengan keterangan-keterangan ilmu pengetahuan.

Penjelasan Lengkap 20 Sifat Wajib Bagi Allah Beserta Dalilnya

Bagaimana mungkin orang bisa menyakini kebenaran Al-Qur’an dan hadits sebagai dalil eksistensi Allah, sementara ia bahkan belum meyakini eksistensi Allah sebagai Tuhan dan para Rasul-Nya? Tentu ia tidak menerima Al-Qur’an dan hadits sebagai dalil pembuktiannya.

Ini Penjelasan Fiqh yang Tak Dipahami Pengasong Khilafah

“Ilmu fiqh berapa perempat?”. Itulah soal dari Syekh `Amr al-Wardani hafizhahullah di dars beliau, ba`da dars bersama Syekh Ali Jum`ah, di Masjid Fadhil, jum`at 7 oktober 2016 M.

Penjelasan Habib Luthfi bin Yahya Soal Jasad Utuh Meski Dikubur Bertahun-tahun

Fenomena jasad muslim tetap utuh meski dikubur bertahun-tahun tanpa membusuk, ada penjelasannya. Seperti pernah dialami Syekh Nawawi Al-Bantani, saat pemerintah Arab Saudi akan memindahkan kuburan beliau, ternyata jasadnya masih utuh.

Bunga Bank Kok Halal? Ini Penjelasan Gus Mus Lengkap dengan Dalilnya

Setelah saya membaca berita tentang hasil keputusan Bahtsul Masail di Pesantren Darus Salam, Blok Agung, Banyuwangi yang menghalalkan bunga bank, saya dan teman-teman di daerah saya sedikit timbul keresahan, karena dianggap hal yang baru.

Sedekah dan Doa untuk Orang Tua Menurut Penjelasan Hadis

Dalam Islam, menghadiahkan pahala sedekah untuk orangtua yang masih hidup diperbolehkan, sebagaimana menghadiahkan pada orangtua yang sudah wafat.

Keterangan Hadis: Ahli Surga Tidak Kencing dan Tidak Berak

Janji Allah untuk para penghuni surga berupa segala macam kenikmatan tidaklah bisa kita lukiskan dengan kata-kata. Allah bahkan memanjakan para penghuni surga hanya dengan kesenangan belaka.

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin tentang Madzhab Rasulullah

Kalimat ini sering kita dengar dari orang-orang yang tidak mengerti Mazhab dan bisa meracuni pemikiran orang lain tentang Mazhab.

Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan oleh Tubuh?

Selain makanan bergizi seimbang, tidur juga menjadi salah satu yang harus dipenuhi bagi tubuh agar tetap sehat secara optimal. Bagi orang dewasa muda, tubuh membutuhkan tidur selama  7-9 jam.

Bukti Ilmiah Keampuhan Air Barokah

Dr. Emoto akhirnya berkeliling dunia melakukan percobaan dengan air di Swiss, Berlin, Prancis, Palestina, dan ia kemudian diundang ke Markas Besar PBB di New York untuk mempresentasikan temuannya pada bulan Maret 2005 lalu.

Penjelasan Ulama Madzhab Syafi’i Tentang Murtad

Laduni.ID Jakarta - Al-Imam Yahya ibn Syaraf an-Nawawi asy-Syafi’i (w 676 H) dalam kitab Minhaj ath-Thalibin Wa ‘Umdah al-Muftin, h. 293, berkata: “Kitab tentang riddah/kufur. Ridah adalah memutuskan Islam, baik karena niat, karena perbuatan

Penjelasan Ulama Madzhab Maliki Tentang Murtad

Laduni.ID Jakarta - Al-Imam al-Qadli Iyadl al-Maliki (w 544 H) dalam kitab karyanya berjudul asy-Sifa’ Bi Ta’rif Huquq al-Musthafa, j. 2, h. 214, menuliskan: “Bab pertama;

Penjelasan Ulama Madzhab Hanafi Tentang Murtad

aduni.ID Jakarta - Salah seorang ahli fiqih terkemuka dalam madzhab Hanafi; yaitu al-Imam Muhmammad Amin yang lebih dikenal dengan nama Ibn Abidin (w 1252 H) dalam kitab karyanya berjudul Radd al-Muhtar ‘Ala ad-Durr al-Mukhtar Syarh Tanwir al-Abshar,

Penjelasan Ulama Mazhab Hambali Tentang Murtad

Laduni.ID Jakarta –  Syekh Muwaffaquddin Abdullah ibn Ahmad ibn Qudamah al-Maqdisi al-Hanbali (w 620 H), dalam kitab al-Mughni, h. 307, berkata: “Bab hukum orang murtad.

Ciri-ciri Orang Munafik dan Balasannya Sungguh Mengerikan

Munafik adalah orang yang menampakkan sesuatu yang sejalan dengan kebenaran di depan orang banyak, padahal kondisi batinnya atau perbuatan yang sebenarnya tidak demikian. Kepercayaan atau perbuatannya itu dalam Islam disebut Nifaq

Hadis Imam Bukhari No. 2952 : Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Hadis Imam Bukhari No. 2953 : Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Hadis Imam Bukhari No. 2954 : Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Hadis Imam Bukhari No. 2955 : Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Penjelasan tentang Firman Allah "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit…"

Hadis Imam Bukhari No. 2966 : Penjelasan tentang firman Allah "Dan Dialah yang mengirimkan angin yang terpencar sebelum kedatangan rahmat-Nya.."

Penjelasan tentang firman Allah "Dan Dialah yang mengirimkan angin yang terpencar sebelum kedatangan rahmat-Nya.."

Hadis Imam Bukhari No. 2967 : Penjelasan tentang firman Allah "Dan Dialah yang mengirimkan angin yang terpencar sebelum kedatangan rahmat-Nya.."

Penjelasan tentang firman Allah "Dan Dialah yang mengirimkan angin yang terpencar sebelum kedatangan rahmat-Nya.."

Hadis Imam Muslim No. 2140 : Penjelasan tentang wukuf dan firman Allah "Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah)"

Penjelasan tentang wukuf dan firman Allah "Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah)"

Hadis Imam Muslim No. 2141 : Penjelasan tentang wukuf dan firman Allah "Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah)"

Penjelasan tentang wukuf dan firman Allah "Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah)"

Hadis Imam Muslim No. 2142 : Penjelasan tentang wukuf dan firman Allah "Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah)"

Penjelasan tentang wukuf dan firman Allah "Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah)"

Hadis Imam Muslim No. 2161 : Penjelasan bahwa pelaku haji qiran tidak bertahallul kecuali pada waktu bertahallulnya haji ifrad

Penjelasan bahwa pelaku haji qiran tidak bertahallul kecuali pada waktu bertahallulnya haji ifrad

Hadis Imam Muslim No. 2162 : Penjelasan bahwa pelaku haji qiran tidak bertahallul kecuali pada waktu bertahallulnya haji ifrad

Penjelasan bahwa pelaku haji qiran tidak bertahallul kecuali pada waktu bertahallulnya haji ifrad

Hadis Imam Muslim No. 2163 : Penjelasan bahwa pelaku haji qiran tidak bertahallul kecuali pada waktu bertahallulnya haji ifrad

Penjelasan bahwa pelaku haji qiran tidak bertahallul kecuali pada waktu bertahallulnya haji ifrad

Hadis Imam Muslim No. 2696 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2697 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2698 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2699 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2700 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2701 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2702 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2703 : Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Penjelasan bahwa memberi pilihan kepada isteri bukan termasuk talak jika tanpa niat

Hadis Imam Muslim No. 2759 : Penjelasan tentang budak yang ingin membebaskan diri dengan memberikan tebusan

Penjelasan tentang budak yang ingin membebaskan diri dengan memberikan tebusan

Hadis Imam Muslim No. 2760 : Penjelasan tentang budak yang ingin membebaskan diri dengan memberikan tebusan

Penjelasan tentang budak yang ingin membebaskan diri dengan memberikan tebusan

Menampilkan 1 - 10 dari 245