Nini dan Janiba: Antara Aksara Latin dan Arab

Adalah Nini dan Janiba yang awalnya yang saya ajak untuk belajar bersama dan yang saya suruh untuk mengajak teman-teman yang lainnya. Walhasil, hampir semua bersedia.

Semangat Mereka Mengalahkan Konsep Saya

Konsep ideal saya ini pun ternyata gagal untuk dipraktekkan pula. Tapi tak mengapa, kegagalan yang direnggut oleh tingginya semangat mereka dalam belajar ilmu agama rasanya tidak percuma juga. Pun, bukankah yang ideal-ideal itu hanya berada di pikiran, bukan di lapangan!??

Inilah Sholat Tarawih di Suku Asli Papua, Suku Kokoda

Jumlah roka'at sholat Tarowih yang diselenggarakan di masjid komplek masyarakat suku Kokoda ini adalah 20 roka'at dengan sekali salam di tiap 2 roka'atnya

Upaya Menghasilkan Ustadz Asli Papua: "Irwan Tofir Goes To Java"

Saat ini anak pertama dari empat bersaudara itu tengah harap-harap cemas menanti pengumuman nilai hasil Ujian Akhir Nasional-nya (UAN).

Santri Papua SGTP Diterima dan Didoakan Gus Mus

utuh proses panjang dan penuh perjuangan untuk menghasilkan ustadz yang berhaluan ahlussunnah waljamaah yang asli Papua dengan memondokkan perwakilan anak dari suku Kokoda yang diprakarsai oleh Persaudaraan Profesional Muslim Ahlussunnah Wal Jamaah (PPM Aswaja)

Tengok Belajar Complex Problem Solving pada Santri Papua

Rangkaian kegiatan mereka, jelas merupakan sebuah upaya belajar dalam memecahkan beragam permasalahan yang dihadapinya (complex problem solving) dalam lingkungan yang baru dan benar-benar mandiri.

Santri Goes To Papua: Kisah Imran sebagai Tauladan bagi Teman Sebaya

Namanya Imran. Namun, ia biasa dipanggil dengan Nabari. Ketika saya tanya kenapa dipanggil dengan Nabari bisa menjadi Tauladan teman sebaya

Santri Goes To Papua: Demi Merayakan Maulid Nabi Anak-anak Suku Kokoda Rela tidak Jajan

Anak-anak rela menyisihkan uang sakunya demi kecintaanya pada Baginda Nabi Muhammad SAW, dengan cara merayakan Maulid Nabi

Santri Goes To Papua: Cerita Anak Suku Kokoda Disuruh Ngaji Orang Tuanya

Ketika melihat gambar-gambar, selalu saja ia bertanya "ini apa? Itu apa?" hingga terkadang saya capek sendiri menjawabinya.

Santri Goes To Papua: Keceriaan Abadi

Riawan, untuk membacakan sebuah buku dongeng. Ia membaca per penggalan di hadapan anak-anak lain, lalu dijelaskan lebih lanjut oleh Mas Tri. Gelak tawa yang riang pun memenuhi seluruh udara yang ada di sekitar pohon rindang,

Inilah Kepala Madin Al-Ibriz Iru Nigeiyah Masa Khidmah 2020-2022

Masa khidmah kepengurusan Madrasah Diniyyah Al-Ibriz Iru Nigeiyah berlangsung selama dua tahun. Di periode pertama lalu, bapak Supriyadi Biowa terpilih menjadi kepala Madin. Dalam pidatonya ketika melaporkan pertanggungjawabannya selama kepemimpinannya

Santri Goes To Papua: Khataman Juz 'Amma Santri Madrasah Al-Ibriz Iru Nigeiyah

Rahima Irwanas. Itulah nama anak yang khataman Juz 'Amma malam ini. Anak kelas empat SD ini mulai mengaji dengan saya benar-benar dari nol. Dari Iqro' satu.

Santri Goes To Papua: Harlah ke -3 Madrasah Al-Ibriz Iru Nigeiyah

Tidak terasa, sudah tiga tahun, Madrasah Al-Ibriz Iru Nigeiyah telah berdiri. Tepatnya pada 29 April 2017, madrasah yang terletak di kompleks suku Kokoda di Kurwato ini telah diresmikan oleh ketua PPM. Aswaja

Perkembangan Program Santri Goes To Papua di Tahun 2020

Kurang lebih sudah sejak abad ke-15 M., Islam masuk di tanah Papua., para da'i banyak mengislamkan masyarakat setempat kala itu. Termasuk masyarakat suku Kokoda.

Santri Goes To Papua: Khataman Siswa Madrasah Al-Ibriz Iru Nigeiyah

Dengan ini, berarti sudah ada lima anak yang sudah menyelesaikan Juz 'Amma dengan saya. Alhamdulillah. Dan dalam waktu dekat, insya Alloh akan ada tiga anak lagi yang akan mengikutinya.

Santri Goes To Papua: Kegiatan Khataman di Tengah Pandemi COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19 yang selalu bertambah, alhamdulillah kegiatan belajar mengajar di Madrasah Al-Ibriz Iru Nigeiyah tidak terganggu, dan semua dalam keadaan sehat walafiat.

Santri Goes To Papua: Naiya, Khataman Juz 'Amma ke-6

Dengan Khatamnya Naiya ini, alhamdulillah, walau pelan, berarti sudah ada 6 anak yang Khatam Juz 'Amma dengan saya. Semoga yang lainnya bisa segera menyusul.

Santri Goes To Papua: Khataman dan Papeda

Semoga kedua anak yang khatam Juz 'Amma malam ini, yaitu Fauzia Pauspaus dan Puasa Irwanas, kelak menjadi orang yang 'alimah, sholihah serta menjadi obor Islam di tanah Papua pada umumnya dan di masyarakat suku Kokoda pada khususnya.

Kisah Santri Papua Menabung untuk Hari Raya Idul Fitri

Program menabung ini sangat bagus. Dengan adanya tabungan, beban kita sebagai orang tua jadi agak ringan ketika akan lebaran

Libur Telah Usai Waktunya Bergelut Lagi dengan Buku

waktunya bergelut kembali dengan buku agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Perkembangan Santri SGTP di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang

Kedua anak tersebut merupakan hasil dari program Santri Goes To Papua di bawah Yayasan Dakwah Islam Ahlussunnah wal jamaah yang pada tahun 2022 sudah memasuki tahun ke-7

Menampilkan 1 - 10 dari 21