Biografi KH. Muhammad Ramli, Wakil Ketua Rabithatul Ulama 1950, Sulawesi Selatan

Sejak kecil, beliau diasuh dan besarkan dalam kultur keagamaan yang sangat kuat. Karena beliau berasal dari keluarga agamis, maka beliau belajar ilmu agama pertamanya dari kelaurga terdekat, yakni kedua orang tuanya.

STAI YAPIS Takalar, Sulawesi Selatan

STAI YAPIS Takalar, Sulawesi Selatan merupakan salah satu Kampus PTA Islam Swasta di yang berwujud Sekolah Tinggi, dibawah naungan Kementerian Agama

Universitas Muslim Indonesia

Yayasan ini didirikan oleh tokoh masyarakat, alim ulama dan para raja (pemerintah) di Sulawesi pada tanggal 08 Februari 1953, dan diberi nama “Yayasan Wakaf Pembangunan Universitas Muslim Indonesia”

Pesantren As’adiyah Pusat Wajo, Sulawesi Selatan

Pondok Pesantren As’adiyah didirikan oleh seorang ulama Bugis yang bernama Anre Gurutta KH. Muhammad As’ad Al-Bugisi yang lahir di tanah suci Makkah pada tahun 1902 dan meninggal dunia pada tahun 1952 di Sengkang Kabupaten Wajo.

Pesantren DDI Mangkoso, Kab Barru, Sulsel

Pondok Home / Uncategories / Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren DDI AD Mangkoso Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren DDI AD Mangkoso 13.26 Fahrullah Gambar logo DDI Sejarah Asal-usul Berdiri-Nya DDI AD Mangkoso Diskripsi DDI AD Mangkoso

Biografi Habib Syekh Abdul Rahim Puang Makka (Habib Puang Makka)

Habib Syekh Abdul Rahim Puang Makka Ulama Nahdlatul Ulama Makassar Sulawesi Selatan

Biografi Gurutta Abdurrahman Ambo Dalle

Gurutta Almukarram K.H. Abdurrahman Ambo Dalle Ulama Sulawesi Selatan

Biografi Anregurutta KH. Daud Ismail, Pemimpin Pesantren As’adiyah Sulawesi Selatan (1953-1961)

Gurutta Daud Ismail  memulai pendidikan awalnya dimulai di bawah bimbingan orang tuanya di rumah, khususnya dalam mempelajari Al-Qur'an. Selanjutnya, beliau melanjutkan pendidikannya ke berbagai pesantren di Sengkang, di mana beliau belajar dari berbagai ulama terkemuka di wilayah tersebut.

Pesantren Yasrib Soppeng, Sulawesi Selatan

Pondok Pesantren Yasrib ini didirikan sejak tahun 1982 bertempat di areal tanah pemberian Pemerintah Daerah Tingkat II Soppeng seluas ± 9 ha yang terletak di Kelurahan Lapajung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

TK Al Fatih Makassar

TK Al Fatih Makassar Sulawesi Selatan

Pesantren Darul Ulum At-Thahiriyah Paladang Pinrang

Pesantren Darul Ulum At-Thahiriyah Paladang Pinrang Sulawesi Selatan

Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Kab. Sidrap

Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Kab. Sidrap Sulawesi Selatan

Pesantren NU Bahrul Ulum Bontorea Kab. Gowa

Pesantren NU Bahrul Ulum Bontorea Kab. Gowa Sulawei Selatan

Pesantren Al Fakhriyah Makassar

Pesantren Al Fakhriyah Makassar Sulawesi Selatan

Belajar Moderasi Beragama Dari AG. KH. Abd. Muin Yusuf

Allahyarham AG. KH. Abd. Muin Yusuf memang jelas terlihat bahwa beliaulah salah satunya yang ditunjukkan dalam ayat tersebut, karena saya menyaksikan betul pada diri beliau bahwa kedua cirri itu tercermin betul dalam kesehariannya. Dan Bersamaan dengan hari Rabu, 23 Juni 2021, waliyullah tersebut genap sudah 17 tahun kepergiannya.

Karomah Sang Kiyai: Sepenggal Kenangan Bersama AG. Dr. KH. Sanusi Baco, Lc (bagian 1)

Allah memberikan kelebihan pada semua ciptaannya termasuk makhluk yang paling kecil seperti nyamuk. Pada nyamuk diberikan kaki untuk hinggap. Pada nyamuk diberikan sayap untuk terbang. Dan pada nyamuk dipasangi antena parabola sehingga bisa menemukan kalau ada anak PMII yang tidur di gedung NU, tidak bangun shalat shubuh.

Karomah Sang Kiyai: Sepenggal Kenangan Bersama AG. Dr. KH. Sanusi Baco, Lc (bagian 2)

Tanpa disengaja, karamah tersebut saya saksikan saat kami mengadakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa (PPUW) pada Bulan Rabiul Awal 1437 H bertepatan dengan Tahun 2016 M dengan menghadirkan Anregurutta sebagai pembawa hikmah maulid.

Kepemimpinan Nene Mallomo, Potret Kepemimpinan Rasulullah SAW

Di Sidenreng Rappang (Sidrap) pernah hidup seorang tokoh yang dikenal dengan istilah Tau Accana Sidenreng. Itulah gelar yang diberikan pada seorang tokoh yang melegenda bernama Nene Mallomo. Itulah sebabnya Kab. Sidrap sering disebut dengan sebutan bumi Nene Mallomo.

Tradisi Syukuran dengan Onde-Onde, Suwella dan Jompo-Jompo dalam Perspektif Islam

Suku Bugis sangat kental dengan kearifan local, tak terkecuali mereka yang bermukim di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

Ziarah Makam KH. Muhammad Ramli, Muassis NU Sulawesi Selatan

KH. Muhammad Ramli lahir pada 1325 H atau bertepatan dengan 1906 M di Bone, Sulawesi Selatan. KH. Muhammad Ramli merupakan putra dari pasangan H. Masalah dan Hj. Aminah.

Biografi Syeikh Sayyid Djamaluddin Assegaf Puang Ramma

Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma adalah ulama kharismastik berjasa mendirikan NU di Sulawesi Selatan

Ziarah di Makam Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma Pendiri NU Sulawesi Selatan

Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma beliau adalah ulama besar Nahdlatul Ulama dari Maros yang berjasa mendirikan Nahdlatul Ulama di Sulawesi Selatan

Biografi Drs. KH. Muhammad Harisah AS

Drs. KH. Muhammad Harisah AS beliau adalah ulama kharismatik dari Makassar dan beliau adalah pendiri dan pengasuh pesantren An Nadlah Makassar.

Serial Tradisi Nusantara: Songkabala Accera Kalompoang, Sulawesi Selatan

Tradisi Accera Kalompoang atau lengkapnya Tradisi Songkabala Accera Kalompoang merupakan tradisi pencucian benda-benda pusaka Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan yang dilakukan turun-temurun dan merupakan tradisi yang sakral oleh masyarakat Gowa, Sulawesi Selatan.

Biografi KH. Muhammad As’ad, Pendiri Pesantren As’adiyah, Sulawesi Selatan

Tumbuh di lingkungan yang sarat akan ilmu agama membuat beliau berkembang menjadi sosok yang memiliki ilmu agama yang mendalam. Tidak tanggung-tanggung, di usia yang baru menginjak 14 tahun, beliau sudah hafal Al-Qur’an.

Menampilkan 1 - 10 dari 26