Gus Munif: NU Selalu Menarik Perhatian Dunia

KH Munif Mohammad Zuhri yang menggambarkan bahwa sejak didirikan hingga sekarang NU selalu menjadi pusat perhatian masyarakat dari berbagai Negara dan kalangan.

Memahami Nukilan Ibnu Katsir soal 3 Fase Akidah Imam Asy'ary

Laduni.ID, Jakarta Berikut penjelasan dari nukilan pandangan Ibnu Katsir mengenai tiga fase akidah Imam Abu Hasan al-Asy'ary yang seringkali disalahpahami oleh kelompok Wahhabi. Nukilan tersebut ialah:

Belajar Toleransi pada Imam Hasan al-Bashri

Tetangga beragama Kristen itu langsung bertanya kepada Imam Hasan al-Bashri. Apa katanya?

Perilaku Akidah Warga Nahdlatul Ulama

Perilaku akidah warga Nahdlatul Ulama menjadi salah satu ciri khas warga Nahdlatul Ulama.

Akidah Bagi Anak Kecil

Nak, kamu tahu Allah itu siapa? Ia adalah pencipta langit, bumi dan seluruh isinya. Bintang-bintang yang indah, rembulan, matahari, Gunung, tanah yang lapang ini, semuanya ciptaan Allah. Hebat sekali Allah bukan?

Kisah Tragedi Ashhabul Ukhdud dan Kuatnya Pilihan Berakidah

Pernah kah Anda mendengar tentang kisah Ashhabul Ukhdud (tukang sihir) dan seorang pemuda? Ya, peristiwa Ashhabul Ukhdud adalah sebuah tragedi berdarah.

Sejarah Diskusi Ilmiah Bidang Aqidah

Orang yang pertama kali melakukan dakwah berdialog dengan kelompok Bid'ah (menyimpang dari mayoritas Sahabat) menuju ke jalan yang benar

Bantahan Akidah untuk 4 Ustaz Salafi Sekaligus

buku Akidah Salaf ini pun -karya seorang Kiai Muda- yang langsung memberi bantahan ilmiah kepada 4 Ustaz Salafi, Ust Firanda, Ust Abu Ubaidah As-Sidawi (Sedayu Gresik), Ust Abduh Tuasikal dan Ust Maheer Thuwailibi. Mantap!.

Ustadz Salafi Mengaburkan Takwil Imam al-Bukhari

Saya sebagai pengikut Mazhab Akidah Asy'ariyah dalam sebuah bedah buku menyampaikan Takwil dari Imam al-Bukhari dalam kitab Sahihnya.

Benarkah Belajar Akidah Harus dengan Doktrinisasi?

Menurut Syaikh al-Buthi, segala tindak tanduk manusia yang terjadi dipilah pada dua klasifikasi; ada yang terjadi melalui ikhtiar kita (mukhayyar), dan ada yang terjadi tanpa melalui ikhtiar kita (musayyar).

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Riya' itu Bukan Syirik

Banyak orang yang menarasikan riya' sebagai kesyirikan, bahkan mereka menulis buku-buku dengan narasi tersebut. Intinya, kalau riya' berarti dianggap masih syirik. Itu narasi yang tidak tepat

Jelaskan Perbedaan Ilmu Akidah dan Ilmu Kalam, Kiai Abdul Wahab Ahmad: Ada Perbedaan Mendasar

Meski sering dianggap sama, ada perbedaan mendasar antara ilmu akidah dan ilmu kalam

Dasar Akidah yang Wajib Diketahui Menurut Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari

Pembahasan ilmu akidah sangat luas, tetapi tidak semuanya wajib diketahui. Yang wajib diketahui tentang Allah sedikit sekali. KH. Hasyim Asy'ari, pendiri organisasi Nahdlatul Ulama yang biasa disebut Hadratus Syaikh adalah sosok yang sangat alim sehingga mampu meringkas ilmu akidah yang paling minimal untuk diketahui setiap muslim hanya dalam beberapa kata

Hadis Daif dalam Kitab Ibnu Taimiyah dan Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab

Jangan terlalu anti pada hadis daif sampai mengatakan haram mengamalkan hadis daif lalu mensejajarkan dengan hadis palsu

Telaah Integrasi Aqidah dan Akhlak Menurut Imam Ghazali

Di dalam konsep akhlak Al-Ghazali, dia tidak menyebutkan secara lansung adanya integrasi antara konsep akhlaknya dengan aqidah Islamiyyah. Namun, hal itu bisa secara jelas kita simpulkan dengan berbagai pembahasan yang ada dalam konsep akhlak Al-Ghazali.

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Dalam Kredo Asy'ariyah, Sifat Kalam Itu Tergolong Sifat Wajib

bagaimana bisa ada orang yang sanggup mengarang bebas bahwa menurut Asya'irah Allah Berkalam lalu tak Berkalam lagi?

Ustaz Ma’ruf Khozin: Menghalalkan Kebohongan dalam Penyusupan Kitab

Penyusupan kitab tidak sekedar terjadi di masa sekarang, ternyata dulu pernah terjadi dan saat ini mengulang saja, cuma beda pelaku

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Keharaman Takyif

Salah satu yang disepakati haram oleh semua ulama Ahlussunnah adalah takyif. Yang dimaksud takyif adalah memberikan kaifiyah alias gambaran teknis pada Dzat Allah.

Mengulas Wujud Menurut Fakhr Ad-Din Ar-Razi

Ar-Razy sebenarnya sedang mengulas masalah-masalah yang berkaitan dengan ontologi. Persoalan-persoalan yang dikemukakan oleh ar-Razy di sini di antaranya ialah pertanyaan apa itu wujud

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Kesalahan Kaidah Ibnu Taimiyah tentang Sifat bagi Allah

Para ulama Ahlussunnah wal Jamaah (Asy'ariyah) telah menetapkan suatu kaidah sederhana untuk tahu mana sifat yang layak disematkan pada Allah dan mana yang tidak

Metode Tafwidh (Analisis 3 Akidah)

Berdasarkan pandangan ini, Tuhan menciptakan manusia dan menganugerahkan kekuasaan dan kebebasan untuk mengerjakan segala perbuatan

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Shifat, Istilah Bid'ah dalam Akidah

Meski dunia persilatan teologis sangat heboh dengan pembahasan shifat Tuhan, tetapi tahukah anda bahwa kata "Shifat" tidak pernah digunakan oleh al-Qur'an dan Hadis ketika membahas akidah?

Mengejar Khusyuk dengan Berteladan pada Malaikat

Salah satu ilmu penting untuk membantu khusyuk dalam shalat adalah pengetahuan tentang kehidupan malaikat di langit dalam kisah Isra Mi’raj Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam

Perbincangan Malaikat di Langit (Hadis Ikhtiṣamul Mala’il A’la)

Jika benar malaikat di langit itu berbincang-bincang satu sama lain tentang apa yang terjadi di bumi, kira-kira tema apakah yang diperbincangkan? Apakah memperbincangkan masalah kemiskinan?

Ikhlas Adalah Roh Ibadah

"Amal-amal itu semata bentuk-bentuk yang tampil, adapun ruh-ruh yang menghidupkannya adalah hadirnya sirr ikhlas (cahaya ikhlas) padanya"

Bekasi dan Magnet Spiritual pada Masanya

Warisan spiritual yang tak ternilai dari ulama-ulama Bekasi telah memberikan kontribusi besar dalam memandu masyarakat menuju pemahaman agama yang lebih esensial.

Sifat Kemanusiaan Nabi Muhammad SAW sebagai Penegasan Mukjizatnya

Berbeda dengan Nabi Muhammad SAW, mukjizat terbesarnya adalah Al-Qur’an. Kitab ini tidak hanya berbicara masa lalu, juga menyinggung problem masa yang akan datang, dengan solusinya. Al-Qur’an berbicara persoalan buruk namun menawarkan obat atau cara mengatasinya.

Menampilkan 1 - 10 dari 27