Kisah Zuhudnya Kyai Zainal Abidin Munawwir

KH. Zainal Abidin Munawwir dikenal sebagai sosok Kyai zuhud yang gigih dalam menjalankan ajaran Islam. Walaupun beliau termasuk pada kalangan ulama dengan pemikiran moderat, namun beliau selalu enggan berkompromi dengan kepentingan diri sendiri.

KH.Maimoen Zubair : Jika Tidak Bisa Berbuat Baik Maka Diamlah dan Tidak Menyakiti

Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti. Setidaknya itu menjadi sedekah untuk dirimu

Gus Mus: Kebencian Membuat Orang Tak Bisa Berbuat Adil

Rasulullah SAW dikenal sebagai contoh teladan bagi umat Islam. Beliau menunjukkan kelembutan, kebijaksanaan, dan kasih sayang dalam setiap tindakannya. Menurut Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus, beliau mengibaratkan Rasulullah SAW seperti mata air yang airnya masih jernih.

Nasihat Sejuk dari KH. Maimoen Zubair

Mbah Moen merupakan contoh teladan bagi kita semua, baik dalam hal keilmuan maupun kepemimpinan. Beliau telah memberikan banyak kontribusi positif dalam memajukan pesantren, memperkuat nilai-nilai keagamaan, dan juga dalam membangun kesadaran kebangsaan.

Hikmah Zulhijjah #1 : Perbanyaklah Amal Kebaikan

Mari kita perbanyaklah amalan kebaikan di bulan yang mulia ini menjemput ridha-Nya.

Hikmah Zulhijjah #2: Raihlah Kebaikan pada 10 Hari Pertama Zulhijah

: “Tidak ada hari yang amal saleh padanya lebih dikasihi Allah selain dari hari-hari ini iaitu hari yang sepuluh ini (10 hari awal bulan Dzulhijjah).”

Malam Hari Raya Mustajabah Doa, Benarkah?

Intinya kita malam lebaran dianjurkankan untuk dihidupkan dengan memperbanyak ibadah dan berdoa. Sangat banyak hadist yang menganjurkan kita pada untuk menghiasinya dengan amal positif dan ibadah berorientasi akhirat

Meneladani Tekad Kepemimpinan Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq

Pemimpin yang besar adalah pemimpin yang memiliki jiwa besar untuk bersedia merendahkan diri melayani mereka yang ia dipimpin dengan rasa yang penuh pengabdian. Fokusnya hanyalah bagaimana menyejahterakan, mengantarkan segala kebaikan bagi mereka yang dipimpinnya.

Tgk. Muslim : Muharram Momentum Hijrah Menuju Kebaikan

Kita menginginkan dengan ini di tahun baru Islam ini awali semuanya dengan niatan yang baik karna janji Allah akan memudahkan apa yang diniatkan menuju   ke arah yang lebih baik," kata Tgk. Muslim, S. Pd, S. HI salah seorang tokoh agamawan muda Pidie Jaya, Senin, (10/9/2018

Hijrah Membumikan Perbaikan Kebaikan Menuju Ridha Ilahi

Hijrah Membumikan Perbaikan Kebaikan Menuju Ridha Ilahi

Beberapa Amalan Utama di Hari ‘Asyura

Hari ‘Asyura merupakan salah satu hari yang dimuliakan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam berpuasa di hari tersebut, sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Indahnya Kebersamaan di Balik Bubur Asyura

Sepuluh awal Muharram menjadi hari yang memiliki kelebihan dan fadhilah,  diantaranya hari Asyura (10 Mujarram). Menariknya dari berbagai ibadah yang dianjurkan dalam hari Asyura terkenal dengan "Bubur Asyura". Sudah menjadi tradisi umat Islam di banyak negri di dunia ini pada hari asyura masyarakat membuat masakan jenis bubur menurut tradisi masing-masing. 

Menata Hati Sebelum Ajal Menghampiri

Wejangan leluhur kita terdahulu “Noto Ati atau Menata Hati” adalah kemampuan seseorang untuk menjaga kestabilan emosi, berlapang dada dan menerima orang lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya, merupakan konsep yang sangat penting dalam kehidupan ini.

Tarbiyah Merupakan Proses Perbaikan Kebaikan

Tarbiyah Merupakan Proses Perbaikan Kebaikan

Takdir Allah SWT adalah Ketentuan Terbaik bagi Semua

Kita harus sadar dan menerima dengan ikhlas, bahwa segala hal yang terjadi, baik, buruk, menyenangkan, menyedihkan, semuanya sudah ditetapkan dalam takaran yang tepat untuk kita, agar kita bisa menjadi lebih baik dalam hidup ini.

Habib Umar bin Hafidz Bukan Wajah Pembuat Rusuh

Wajah Habib Umar menyejukkan dan meneduhkan. Siapapun yang bertemu secara sengaja ataupun tidak, pasti akan merasa bahwa beliau adalah cerminan orang yang jujur dan tulus, tak ada kebohongan atau kepalsuan yang tersirat. 

Refleksi Santri Memaknai Hari Santri Nasional dalam Konteks Resolusi Jihad

Perayaan Hari Santri tidak boleh hanya dimaknai secara lahiriah saja. Tidak cukup kalau para santri hanya beramai-ramai melakukan berbagai jenis perayaan (seremonial) saja dan melupakan substansi kesantriannya begitu saja.

Menghindari Fitnah yang Berpotensi Terjadi

Zaman kita hari ini adalah masa saling mengawasi. Mencari celah kesalahan orang lain, lalu diframing (dipotong bagian tertentu yang sesuai kepentingannya), dibuatkan narasi, disebarkan, maka begitu akhirnya terjadi, goncang dan hebohlah sudah media sosial.

Setiap Orang Memang Pernah Salah, Tapi Juga Pasti Pernah Berbuat Baik

Berbuat salah pasti pernah dilakukan siapapun, tetapi demikian juga sebaliknya, setiap orang juga pasti pernah berbuat baik, mungkin hanya dengan kadar yang berbeda. Dan mengingat kebaikan orang adalah salah satu cara untuk senantiasa memunculkan kebaikan-kebaikan lainnya.

Bulan Safar #3: Peristiwa Perang dalam Islam

Kita telah mengetahui bersama bahwa bulan Safar merupakan bulan kedua setelah Muharam dalam kalendar Islam (Hijriyah) yang berdasarkan tahun Qamariyah (perkiraan bulan mengelilingi bumi). Safar artinya kosong. Dinamakan Safar karena dalam bulan ini orang-orang Arab dulu sering meninggalkan rumah untuk menyerang musuh. Banyak yang bilang kalo bulan Safar ini adalah bulan sial.

Matematika Kebaikan Vs Matematika Keburukan

Keberadaannya sebagai manifestasi dari penghambaan diri seorang makhluk kepada Allah Swt. Kebaikan bukan sekadar ritual transendental (mahdhah), semisal shalat dan puasa

Al-Quran Mengupas Matematika Kebaikan

Tapi, rumus perkalian yang berlaku dalam kebaikan adalah 1x1 = 10. Sebagaimana firman Allah Swt: “Barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya pahala sepuluh kali lipat amalnya;

Matematika Kebaikan Itu Nominalnya Terkadang Tanpa Terhingga

Jadi, shalat berjamaah bukanlah sekadar berfungsi untuk memakmurkan masjid semata, tapi mengandung keutamaan (fadhilah) dan keistimewaan dibandingkan shalat sendirian

Memperbanyak Kebaikan dan Sedekah di Hari Jumat

- Hari Jum'at merupakan hari yang penuh berkah dan banyak kemuliaan. Hari Jum'at juga penghulu segala hari. Penjelasan tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadits

Menyambut Tahun Baru dengan Meningkatkan Kualitas Diri

Semoga kualitas diri semakin meningkat menuju yang terbaik dalam menyambut tahun baru 2024, bersih dari fitnah, bersih dari hoax, bersih dari provokasi politik kotor yang semata-mata untuk kemenangan, tapi mengabaikan kebenaran.

Tahun Baru, Semangat dan Cita-Cita Baru

Senin pagi pukul 00.01 adalah menit pertama memasuki tahun baru 2024. Tahun 2024 yang baru saja mengeliminir semua memori dan catatan 2023.

Mewaspadai "Nasihat Baik" dari Setan

Setan menyuruh ideal dalam beragama, jangan separuh-separuh, harus kaffah, harus sempurna. Tujuannya supaya muncul di pikiran bahwa orang yang beragama belum mampu sempurna itu tak dapat kebaikan apa-apa kecuali kemunafikan.

Menghargai Kebaikan Orang Lain

Ketika Ibnu Abbas tinggal di rumah bibinya bernama Maimunah istri Nabi SAW yang terakhir, ia mempersiapkan perlengkapan wudhu Nabi SAW. Ketika Nabi SAW. mau berwudhu, ternyata air wudhu sudah tersedia. Lalu Beliau bertanya kepada isterinya, Maimunah:

Ikhtiar Menjalin Simpul Kebersamaan dalam Tahun Politik

Manakala kebersamaan tegak dan kokoh, diyakini segala manuver provokator bisa diredam bersama. Sebab, kebersamaan mensakralkan kebhinnekaan. Kebersamaan senantiasa memikirkan setiap tindakan, apakah akan merusak diri sendiri atau masyarakat luas.

Menimbang Nilai Kebaikan dalam Pluralitas

Manusia yang berpikir akan mengantarkan dirinya mengetahui, dari mengetahui akan lahir pemahaman, sebagai puncaknya lahirlah sebuah tindakan. Dialektika yang dimaksudkan inilah yang melatarbelakangi secara eksplisit mengenai nilai etis yang terkandung dalam tindakan manusia.

Pandangan Gus Dur terhadap Konstribusi Kyai di Masyarakat

Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur, merupakan salah satu tokoh yang gigih dalam mempromosikan peran kyai dalam masyarakat Indonesia.

Mendoakan yang Baik untuk Pemimpin

Pernyataan itu menyiratkan makna bahwa kebaikan penguasa berpengaruh terhadap kebaikan rakyat dan negara. Kebaikan itu menjadi sangat luas. Sedangkan doa untuk pribadi, pengaruhnya hanya untuk dirinya sendiri.

Makna Tersembunyi dalam Rangkaian Kata Rajab

Selanjutnya, sebagaimana keterangan di dalam kitab di atas, dari rangkain kalimat yang tersirat dalam setiap huruf itu seolah-olah lalu dikatakan: "Hai hamba-Ku, Aku jadikan dosa-dosa dan kebaikanmu diliputi dengan rahmat-Ku, maka tiada tetap dosa-dosamu berkat kemulian bulan Rajab."

Istiqamah dalam Kebenaran Itu Penting, Ini Alasannya

Kenapa menjaga istiqamah dalam kebaikan itu penting? Begini alasannya....

Memperhatikan Etika dalam Berteman

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan teman. Seorang teman yang baik terkadang bisa melebihi kebaikan saudara sendiri. Hal ini dimungkinkan sebab hubungan antar teman cenderung setara, di mana berlaku prinsip menghargai antara satu dengan yang lain.

Sikap Terbaik ketika Mendapat Perlakuan Buruk Orang Lain

Secara hukum dalam literatur fikih kita adalah diperbolehkan membalas setimpal kepada orang yang berbuat buruk kepada kita. Namun dalam kemuliaan akhlak hal tersebut tidak dianjurkan. Demikian itu banyak diteledankan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya. 

Hikmah dan Keutamaan Bulan Sya’ban, Wajib Diketahui

Bulan Sya'ban memiliki banyak hikmah dan keutamaan sebagai berikut. Apa saja itu?

Meningkatkan Kualitas Kebajikan di Bulan Sya’ban

Perlu ditanamkan di dalam diri kita, bahwa cara yang baik dalam memuliakan bulan Sya'ban dengan berpuasa dan berbagai amal kebaikan merupakan salah satu upaya sungguh-sungguh kita untuk meraih keberkahan hidup.

Memilih untuk Memaafkan Itu Lebih Baik

Memaafkan adalah salah satu sifat dan akhlak utama yang diajarkan Islam. Meski membalas secara setimpal dibolehkan, tetapi memaafkan itu lebih baik. Nabi Muhammad SAW adalah manusia pemaaf dalam segala keadaan.

Pesan Mbah Wahab tentang Dua Golongan Manusia

Bagi Mbah Wahab, umat Islam harus mempunyai semangat juang yang tinggi dalam menebarkan kebaikan. Tidak boleh berputus asa dan selalu mempunyai harapan baik di manapun dan kapanpun.

Hukum Kehidupan

"Bila seseorang mengucapkan hal-hal yang baik dan dengan cara yang baik, kepada orang lain, maka kebaikan itu kembali kepada dirinya. Begitu juga sebaliknya: "Jika dia berbuat buruk (kepada orang lain), maka dia sedang berbuat buruk kepada dirinya sendiri".

Rasa Penasaran Aisyah Terjawab saat Rasulullah SAW Tidak Memberi Air Minumnya

Sebaik-baik makhluk adalah Rasulullah SAW dan sebaik-baik akhlak seseorang tidak lain adalah akhlak Rasulullah SAW jua. Kepada beliau semua umat Islam patut mencontoh keteladannya.

Relasi Sastra dan Etika dalam Al-Qur'an

Dalam mengekspresikan sebuah makna, kita mendapati dalam Al-Quran berkali-kali Allah memadukan keindahan tutur dan keindahan bertutur.

Sejuta Ide dalam Secangkir Kopi dan Senyuman Kebaikan

Membingkai etika dan estetika dalam sebuah wadah yang bernama ibadah juga  di tuntut  dapat di aplikasikan dalam setiap sendi kehidupan. Nilai ibadah itu tidak lebih selain positif dan negatif. Hal kecil saja yang bernilai ibadah sering kita lupakan, sebut saja senyuman

Menyebut Kebaikan Orang yang Sudah Wafat

 Siapapun yang wafat diantara kita hendaknya kita yang masih hidup dianjurkan untuk menyebut segala kebaikan yang sudah dilakukannya.  Berikut adalah petunjuknya:

Mengurai Akhlak, Moral dan Etika dalam Dunia Pendidikan

Di dalam Islam, para ulama telah memformulasikan konsep akhlak ini sebagai nur atau cahaya dari Allah. Maksudnya adalah bahwa ilmu yang dibarengi dengan akhlak yang baik adalah cahaya yang bersinar, yang menerangi kegelapan.

Kajian Kitab Hikam Pasal 26, 'Jangan Menunda Amal Ibadah dan Amal Kebaikan'

Kajian Kitab Al-Hikam Pasal 26, tentang 'Jangan Menunda Amal Ibadah dan Amal Kebaikan'

Kajian Kitab Hikam Pasal 31, 'Jangan Menunda Kebaikan dan Ibadah'

Kajian Kitab Hikam Pasal 31, 'Jangan Menunda Kebaikan dan Ibadah'

Gus Dur: Kebaikan Santri Terlihat Bukan di Pondok, Tapi Saat Jadi Alumni

Tanpa didampingi siapa pun, Gus Dur dan aku bertemu di warung nasi depan kampusku. Pakaian batik dan sarung membungkus tubuhnya, peci yang miring serta kacamata tebalnya melengkapi kediriannya.

Kisah Teladan Gus Dur yang Kebaikannya Tak Ingin Diketahui Orang

Tulisan ini akan mengulas tentang sebuah teladan dari Gus Dur yang kebaikannya tidak ingin diketahui orang. Juga tentang alasan mengapa Gus Dur sering ke gereja dan dekat dengan non-muslim.

Refleksi Ulama dalam Berdoa untuk Kebaikan Pemimpin

Di dalam sebuah negara terdapat satu kekuatan, yaitu pemerintahan namanya. Jika mereka baik, maka akan baik pula seluruh rakyatnya. Jika tidak baik, maka akan berdampak buruk juga kepada seluruh warganya.

Kisah Syaikhona Kholil Bangkalan Mengubah Air Laut Jadi Air Susu

Mbah Kholil Bangkalan adalah sosok yang selalu menyimpan cerita luar biasa tentang keajaiban di balik perbuatannya. Beliau dikenal memiliki sejumlah karomah, termasuk dalam kisah mengubah air laut menjadi susu. Kisah ini menjadi salah satu bukti keagungan dan keajaiban yang dimiliki oleh Mbah Kholil Bangkalan.

Ketika Sedekah Seorang Pelacur dan Majusi Menjadi Sebab Diturunkannya Hidayah

Menurut Gus Baha', dalam hal sedekah, seseorang tidak butuh niat (nawaitu). Tapi kalau orang melaksanakan ibadah shalat itu masih butuh niat dan harus Islam. Berbeda dengan sedekah yang tidak membutuhkan niat.

Menanamkan Akhlak dalam Jiwa Kaum Profesional

Di dalam dunia kerja atau dunia profesional, tidak akan lepas dari akhlak. Akhlak di sini dapat diterjemahkan ke dalam segala aktivitas yang menuntun kita memproduksi kebaikan atau kebajikan tiap harinya.

Misi Agama untuk Kemanusiaan

Nabi Muhammad berkali-kali menegaskan bahwa pekerjaan manusia yang paling disukai Tuhan adalah melepaskan penderitaan manusia, menghilangkan rasa lapar mereka, membagi kegembiraan atau kebahagiaan di hati dan menyebarkan kedamaian.

Hukum Menikah di Bulan Muharram Menurut Prof. Quraish Shihab

Sebagian umat Islam merasa keberatan jika di bulan yang dikenang dalam sejarah terjadinya pembantaian Sayyidina Husein, justru diperingati dengan penuh suka cita, kegembiraan dalam sebuah pernikahan.

Meneladani Akhlak Rasulullah SAW kepada Pelaku Maksiat

Ketahuilah, bahwa pintu husnul khatimah tidak pernah terkunci untuk para pelaku maksiat, selama tidak ada kesombongan dan kemunafikan di dalam jiwanya.

Pemimpin Adalah Cerminan Rakyatnya

Kalau kita mengutuk sana-sini dengan menuduh para pemimpin di semua tingkatan adalah jelek, maka itu semua bisa jadi adalah karena kita memang demikian keadaannya.

Motivasi dalam Memanfaatkan Waktu dengan Kebaikan dan Ketaatan

Tidak ada alasan waktu kita terbuang sia-sia. Banyak kebaikan yang bisa dilakukan. Meski nilainya tampak kecil, tetapi terkadang kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas akan berdampak besar dan bisa menjadi wasilah kita mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Tanda-Tanda Karakter Seorang Ulama

“Ketahuilah, bahwa yang patut dan pantas disebut sebagai seorang ulama ialah sosok yang makananannya, pakaiannya, tempat tinggalnya (rumah) dan hal- hal lain yang berkaitan dengan kehidupan duniawi, adalah sederhana, tidak bermewah-mewahan dan tidak berlebihan dalam kenikmatan.”

Teks Lengkap Nadhom Aqidatul Awam dan Kisah Mimpi Pengarangnya

Dalam Kitab Jala’ul Afham Syarhu Aqidatil Awam, Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki menyertakan satu kisah menarik tentang mimpi pengarang Nadhom Aqidatul Awam, Syaikh Ahmad Marzuqi. Kisah tersebut ditengarai sebagaimana pengakuan dari pengarangnya sendiri yang dipertanggungjawabkan.

Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab Tentang Meyakinkan Kebaikan Kepada Calon Suami

Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab tentang meyakinkan kebaikan kepada calon suami.

Tips Islami Agar Mudah Move On

Patah hati sebenarnya hal yang wajar dialami seseorang. Semisal ditinggal kekasih, mendapat penolakan dan sebagainya. Atau bahkan sudah menikah, tapi kok masih saja kepikiran mantan.

Integritas Ummul Mukminin, Sayyidah Aisyah

Integritas Sayyidah Aisyah tidak bisa diragukan lagi. Kepakarannya dalam menyampaikan Hadis yang didapatkannya dari Rasulullah SAW telah menjadi rujukan banyak ulama, karena memang kredibelitasnya yang sangat tinggi.

Kisah Mbah Moen Tertular Kebaikan Imam Syadzily saat Ziarah ke Makamnya

Orang itu bisa ikut tertular hal baik tergantung seberapa senangnya terhadap hal itu. Mbah kung (KH. Maimoen Zubair), dulu pernah ziarah di makamnya Imam Syadzily.

Menelaah Keterangan tentang Keutamaan Bulan Rajab dalam Kitab Durrotun Nasihin

Jika bulan Rajab adalah bulan mulia, yang di dalamnya terdapat keistimewaan digandakan 70 kali pahalannya bagi siapa yang beramal baik, demikian pula berlaku bagi yang berbuat keburukan.

Makna Filosofi Pacul Menurut Sunan Kalijaga

Pacul yang dianggap sebagian besar masyarakat sepele dan nylekethe, oleh Sang Guru Sejati di Tanah Jawi tadi lebih dimaknai sebagai sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dengan sendi-sendi kehidupan maupun peradaban bangsa.

Hikmah Malam Nishfu Sya’ban tidak Dirahasiakan

"Dikatakan, bahwa Malam Nishfu Sya’ban disebut Malam Pembebasan karena di dalamnya terdapat dua pembebasan. Pertama, pembebasan untuk orang-orang celaka dari siksa Allah yang Maha Penyayang. Kedua, pembebasan untuk para kekasih Allah dari kehinaan."

Delapan Rahasia Rekening Amal Gaib, Sepanjang Masa

Meskipun sudah wafat terdapat tabungan amal jariyah di akherat yang terus mengalir kepada kita hingga sepanjang masa. Salah satunya dengan bersedekah bagi orang yang mampu dan memperbanyak amal kebaikan.

Pesan Dari Al-Habib Umar bin Hafidz

Semua hal baik yang bisa segera kita lakukan, maka segerakanlah sebab jika tidak disegerakan hal baik itu akan terbuang secara percuma.

Frekuensi Batin Santri Kyai Mutamakin Kajen dan Sayembara Burung Puyuh Raja Hamengku Buwono III

Bapak Mas Ahmad menyambut dan langsung mengatakan, "kamu itu anak santri yang punya pondok pesantren dan punya guru hebat, maka aku akan antar kamu ke Kyai Mutamakin Kajen untuk menanyakan permasalahan ini."

Bersahabat Tidak Harus Berdekatan

Namaku Zaki aku punya sahabat bernama Arjuna, kami berdua adalah Santri Kalibeber Wonosobo, sama sama pejuang penghafal wahyu Tuhan. Kemana mana kita berdua, makan berdua, jajan berdua, bermain berdua, belajar bersama juga menghafalpun berdua. Akan tetapi ada kejadian nahas yang akhirnya memisahkan kita berdua, akhirnya bersahabat tidak harus bersama.

Tiga Resep Kebahagiaan Hidup Gus Baha'

Namun demikian, kebahagiaan itu dapat diraih dengan dasar ilmu. Menurut Gus Baha', ada beberapa hal yang dapat memicu datangnya kebahagiaan hidup seseorang. Kebahagiaan di sini dalam arti yang sebenarnya dengan pedoman ilmu agama. 

Orang Baik Itu Banyak Teman, Tetapi Penyeru Kebaikan akan Banyak Musuh

Rasulullah sebelum diutus sebagai Rasul, beliau dicintai oleh kaumnya karena beliau adalah orang baik. Namun ketika Allah Ta'ala mengutus nya sebagai Penyeru Kebaikan, kaumnya langsung memusuhinya dengan menggelarinya sebagai tukang sihir, pendusta, gila, dll.

Kematian adalah Nasihat Terbaik Bagi Manusia

Ya, kematian. Sebuah kata yang sangat tepat untuk mewakili jawaban atas semua permintaan nasehat dari seseorang. Kematian, satu kata yang singkat tapi sarat makna dan penuh dengan pelajaran dan hikmah.

Amal Kebaikan Bisa Berkurang Sesuai Kadar Kezaliman yang Pernah Dilakukan

Menzalimi atau berbuat aniaya kepada sesama manusia merupakan perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Perbuatan tersebut perlu dihindari, karena memang dilarang oleh Allah SWT.

Sisi Baik Selalu Ada

Laduni.ID Jakarta – Jadilah pihak yang selalu optimis dan berusaha untuk melihat kesempatan di setiap kegagalan. Jangan bersikap pesimis yang hanya melihat kegagalan di setiap kesempatan.

Ambillah Kebaikan atau Kebenaran dari Siapapun

Sebagian kaum beragama menolak pendapat atau pikiran atau produk orang lain yang berbeda keyakinan agama dengan dirinya, meskipun baik dan bermanfaat bagi kehidupan. Mereka menyebutnya kafir atau sekuler. Ini sungguh aneh dan sangat inkonsisten. Karena betapa banyak fasilitas hidup yang dipakainya sehari-hari seperti alat-alat komunikasi, transportasi, dan produk teknologi lainnya,

Kisah Ali bin Abi Thalib dan Sikap Altruisme

Altruisme, adalah istilah yang disematkan pada orang yang lebih mementingkan orang lain ketimbang dirinya. Dengan kata lain, disaat dirinya sedang mengalami kesusahan ia rela mendahului kepentingan orang lain ketimbang kepentingan dirinya sendiri.

Mengapa Bahagia Menyambut Hari Jumat

Hari Jumat, tak pelak, mempunyai kedudukan tersendiri di dalam Islam. Ada begitu banyak keutamaan hari ini. Dalam sejarah disyariatkan amal-amalan sunnah yang berlipat ganda pahalanya. Karenanya, sangat wajar jika setiap umat Islam sudah sepatutnya menyambut setiap hari Jumat dengan sepenuh hati dan suka cita.

Peran Lingkungan Terhadap Kualitas Beragama

Dalam ilmu psikologi disebutkan bahwa lingkungan memiliki peran besar dalam proses perkembangan dan pembentukan personality individu. Lingkungan dalam hal ini mencakup lingkungan keluarga, lingkungan Pendidikan (sekolah/madrasah), dan lingkungan pertemanan.

Peran dalam Sebuah Lingkaran Keluarga

Sebuah keluarga adalah tempat awal pendidikan hidup kita, di sanalah bagaimana orangtua membentuk jiwa dan karakteristik diri kita. Dalam ilmu psikologi ada namanya hipnosis, yaitu pikiran seorang anak ketika masa 7 tahun pertama di program dan di pengaruhi oleh orangtua, saudara dan sekitarnya, karena pada masa ini otaknya berada pada tahap frekuensi getaran rendah

Renungan Jumat: Upgrading dari Shalih menjadi Muslih

Orang yang baik namanya shalih, sedangkan orang yang melakukan perbaikan namanya muslih. Bedanya, shalih itu bersifat individualistik sedangkan muslih bersifat sosial kemasyarakatan.

Kebaikan dan Keburukan Pasti Kembali pada Diri Sendiri

Kebaikan atau keburukan yang kita lakukan pada seseorang sudah pasti dirasakan pengaruh dan dampaknya oleh orang lain itu. Akan tetapi, keburukan atau kebaikan yang kita lakukan pada orang lain, itu sesungguhnya adalah kebaikan atau keburukan yang kita lakukan untuk diri sendiri juga.

KH. Anwar Zahid: Jangan Pernah Sepelekan Amalan Kecil

Beramal shaleh kepada siapapun bisa mendatangkan ridha dan rahmat Allah SWT, baik itu amalan-amalan kecil seperti menyingkirkan kerikil di jalan supaya orang lain nyaman, atau amalan besar seperti menyantuni anak yatim

Siapakah Guru Sejati Itu?

Para guru sejati dalam pandangan para guru sejati dan bijak bestari hadir untuk membagi cahaya pengetahuan kemanusiaan, bukan menghancurkannya dan membodohi orang lain. Mereka hadir untuk kebahagiaan orang lain, bukan untuk kesenangan diri sendiri.

Berbagai Amal Kebaikan adalah Sedekah

Sedekah bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk orang yang tak berpunya sekalipun. Sebab sedekah tidak selalu berarti pemberian materi. Sedekah juga bisa bermakna pemberian yang bersifat nonmateri.

Makna Hidup Berloma-lomba Dalam Kebaikan

Hidup adalah perjuangan. Tidak mungkin kita menang kalau kita tidak bersungguh-sungguh dan serius menjalani kehidupan.

Membiasakan Diri Berbuat Kebaikan di Hadapan Anak

Memiliki anak yang shaleh dan berakhlak mulia adalah dambaan semua orang tua, terlebih mereka mau melakukan amal-amal kebaikan yang diperintahkan oleh agama

Jangan Meremehkan Kebaikan Kecil!

"Orang-orang yang pengasih akan dikasihani (Allah) Yang Maha Pengasih, Maha Suci dan Maha Tinggi. Maka sayangilah orang yang ada di muka bumi, niscaya orang yang ada dilangit (malaikat) akan mengasihimu."

Ada Apa di Bulan Sya'ban?

"Di bulan Sya'ban turun kewajiban puasa bulan Ramadhan dan di malam Nishfu Sya'ban terjadi pemindahan kiblat dari Masjid Al-Aqsha menuju Masjidil Haram yang penuh dengan rahmat dan pengampunan. Dan hal itu dirasa berat oleh orang Yahudi, Kristen dan para penyembah berhala."

Bacaan Dzikir di Hari ‘Asyura

Hari ‘Asyura merupakan salah satu hari yang mulia dan juga berada di bulan yang dimuliakan. Karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan pada hari tersebut. Di antara yang dianjurkan pada Hari Asyura adalah memperbanyak dzikir.

Hadis Imam Bukhari No. 1353 : Bagi Setiap Muslim Wajib Bersedekah, Apabila Tidak Memiliki Harta Maka Dengan Berbuat Ma'ruf (Kebaikan)

Bagi Setiap Muslim Wajib Bersedekah, Apabila Tidak Memiliki Harta Maka Dengan Berbuat Ma'ruf (Kebaikan)

Hadis Imam Bukhari No. 1769 : Di bulan ramadan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam lebih banyak beramal kebaikan

Di bulan ramadan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam lebih banyak beramal kebaikan

Hadis Imam Bukhari No. 2443 : Jika seseorang menilai adil kepada seseorang, lalu ia berkata, 'Kami tidak mengetahui kecuali kebaikan'

Jika seseorang menilai adil kepada seseorang, lalu ia berkata, 'Kami tidak mengetahui kecuali kebaikan'

Hadis Imam Bukhari No. 2594 : Firman Allah "Tidak ada yang kamu tunggu-tunggu dari kami kecuali dua kebaikan…"

Firman Allah "Tidak ada yang kamu tunggu-tunggu dari kami kecuali dua kebaikan…"

Khutbah Jumat: Memaksimalkan Umur dengan Kebaikan

Bagi orang yang sehat akal dan jiwanya, pergantian hari, minggu, bulan dan tahun, dalam perjalanan hidupnya, tentu diharapkan penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan. Tak terkecuali nikmat dan kebahagiaan duniawi.

Khutbah Jumat: Muhasabah Tahun Baru Hijriyah

esungguhnya telah berlalu dari masa hidup kita, yaitu tahun yang mana Allah SWT telah menganugerahkan pada kita suatu nikmat yang mungkin terlewatkan untuk kita syukuri, dan menjaga kita dari kejelekan-kejelekan yang tidak mampu kita tolak.

Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 63: Bulan Asy-Syura Bulan Penuh Kemulyaan

Nabi SAW datang (di Madinah) lalu beliau melihat orang orang Yahudi berpuasa asy-Syura, maka beliau bertanya: “mengapa mereka berpuasa?

Catatan Ijazah Kitab Taujihun Nabih dari Habib Umar bin Hafidz untuk Gus Baha’

Dalam ijazah Kitab Taujihun Nabih yang diberikan oleh Habib Umar kepada Gus Baha’ terdapat catatan yang ditulis langsung oleh Habib Umar, khusus ditujukan untuk Gus Baha’.

Tadabbur Surat Al-Fatihah sebagai Sumber Kemaslahatan Sosial

Surat Al-Fatihah juga dijadikan objek dalam nilai kebaikan sosial oleh Allah SWT. Allah mengistimewakan Al-Fatihah dengan bacaan yang mudah tetapi dengan berbagai kandungan nilai yang tidak dapat ditandingi.

Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 76: Kebaikan, Keindahan, dan Kesehatan

Kebaikan dan keindahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia muslim, dari sikap hidup itu akan melahirkan kesehatan yang paripurna, baik lahir maupun batin.

Khutbah Jumat: Refleksi Spirit Sumpah Pemuda dan Pesan Universal untuk Pemuda

Dalam merefleksikan Sumpah Pemuda dalam konteks saat ini, maka kita harus juga selalu berkomitmen menjaga persatuan ini, untuk kemaslahatan bangsa dan negara.

Landasan dan Negosiasi NU dalam Menerima Asas Tunggal Pancasila

KH. Achmad Siddiq mengatakan bahwa seruan dan ajakan pemerintah ini patut dipertimbangkan dengan wajar, pikiran jernih, dan keseriusan berdasarkan kaidah agama Islam.

Inspirasi Gaya Hidup Nabi, Gaya Hidup Sehat Lahir dan Batin

Dalam sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW, kita akan menemukan fakta bahwa beliau jarang sekali jatuh sakit. Bahkan, beliau merasakan sakit hanya ketika menjelang wafatnya karena diriwayatkan terkena sebuah sihir yang memang ditakdirkan oleh Allah SWT demikian.

Hadis Imam Muslim No. 183 : Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Hadis Imam Muslim No. 184 : Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Hadis Imam Muslim No. 185 : Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Hadis Imam Muslim No. 186 : Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Hadis Imam Muslim No. 187 : Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Jika seorang hamba berniat melakukan kebaikan maka akan dicatat, namun jika niat untuk suatu keburukan maka tidak akan dicatat

Hadis Imam Muslim No. 4286 : Senyum dan kebaikan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam dalam bergaul

Senyum dan kebaikan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam dalam bergaul

Hadis Imam Muslim No. 5305 : Hukuman orang yang memerintahkan kepada kebaikan tetapi tidak melakukannya

Hukuman orang yang memerintahkan kepada kebaikan tetapi tidak melakukannya

Manfaat dan Makna yang Terkandung di Dalam Doa Qunut

Doa Qunut itu sunnah dibaca dalam shalat Subuh setelah rukuk di rakaat terakhir. Demikian pula disunnahkan untuk membacanya dalam shalat Witir pada separuh akhir bulan Ramadhan.

Menampilkan 1 - 10 dari 144