Masuk Islam

 

Nama-nama Assabiqunal Awwalun, Golongan Pertama yang Masuk Islam

Assabiqunal Awwalun adalah sebutan untuk golongan yang pertama kali masuk Islam. Berikut nama-nama Assabiqunal Awwalun

Kesempurnaan Iman dan Amalan Meningkatkan Iman

Iman seorang muslim bia bertambah dan berkurang. Faktor yang membuat iman seseorang bertambah tidak lain dan tidak bukan adalah ketaatan dan faktor berkurangnya iman adalah maksiat. Seorang muslim dituntut untuk terus meningkatkan keimanan sehingga kita bisa menjadi mu'min yang sempurna dan mencapai derajat ketaqwaan yang tinggi di hadapan Allah SWT

Hukum Menjadi Murtad atau Non Muslim

Bukan hal yang tidak mungkin jika seorang muslim memiliki fikiran atau terbersit dalam hati untuk murtad karena alasan satu dan lain hal ketika sedang menghadapi problem kehidupan yang membuat keimanannya goyang dan rapuh

Rukun Iman dan Penjelasannya dalam Agama Islam

“Anda beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari Akhir, dan Anda beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.” Pengertian Hadits di atas menjelaskan tentang Rukun Iman yang berjumlah 6 yang wajib diimani oleh seluruh mu'min. Jika ada yang diingkari dari ke-6 Rukun Iman tersebut, maka iman kita tidak sah.

Hadits Tentang Keutamaan Iman

Imam As-Suyuti menulis sebuah kitab yang berjudul Lubbabul Hadits. Dalam bab ke 5 kitab ini Imam As-Suyuthi menjelaskan 10 Hadits tentang keutamaan Iman yang harus kita ketahui dan refleksikan. Adapun Hadits-hadits tersebut adalah sebagai Berikut:

Penjelasan Hadits Islam Itu Asing Dan Akan Kembali Asing

Islam itu asing (sewaktu pertama kali datang) dan akan kembali asing, maka beruntunglah orang-orang yang asing" (HR. Muslim) Bagaimana penjelasan hadits tersebut ?

Tuntunan Lengkap Cara Masuk Islam

Untuk menjadi seorang muslim itu sangatlah mudah. Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Kitab Al-Ghunyah menjelaskan tentang cara-cara masuk Islam.

Hukum Mengajarkan Al Qur'an kepada Non Muslim

Secara umum dalam hal muamalah dan hubungan sosial Islam tidak melarang dan bahkan mengharuskan seorang muslim untuk menjaga hubungan dan menghormati seorang non muslim. Namun dalam hal ibadah seperti seorang muslim yang mengajarkan Al-Qur'an kepada non muslim, banyak perbedaan pendapat dalam kalangan ulama.

Penjelasan Surat Al-Baqarah Ayat 256: Tidak Ada Paksaan dalam Memeluk Agama Islam

"Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu Barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka Sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui"

Non Muslim Mengucap Kalimat Syahadat Sebelum Meninggal Dunia, Apakah Masuk Islam?

Dalam beberapa kesempatan kita mungkin pernah menemukan seorang non muslim yang mengucapkan dua kalimat syahadat saat sebelum meninggal dunia. Lantas apakah orang tersebut masuk Islam atau tidak ? apakah orang tersebut masuk surga atau tidak ?

Menampilkan 1 - 10 dari 11 Masuk Islam