Pesantren Hidayatul Mubarok Lampung Tengah

Pondok Pesantren Hidayatul Mubarok (selanjutnya disingkat PPHM) didirikan oleh KH. Ahmad Sholihan Thoyib, seorang kyai yang berasal dari Tulung Agung, didirikan sejak tahun 1989

Pesantren Darul Falah Mataram, NTB

Pada tahun 1950 Abhar Muhiddin kembali ke tanah Lombok dan dipanggil dengan nama Ustaz H. Abhar Muhiddin.

SMA Al Ma'arif Mataram

SMA Al-Ma'arif mataram beralamatkan dijalan Pendidikan No.6 Mataram

Pesantren Nurul Islam Mataram NTB

Pondok Pesantren Nurul Islam yang terletak di Jalan Swasembada No. 120, Kekalik, Sekarbela, Mataram, Nusa Tengara Barat. Pesantren yang didirikan pada Juli 2014 menjadikannya pesantren termuda di Mataram.

Ulama Mesir Menilai Indonesia adalah Karunia Allah yang Sangat Luar Biasa

Mantan Rektor Universitas Al-Azhar Prof Dr Ibrahim Hud Hud saat menghadiri welcoming dinner Konferensi Ulama Internasional di Mataram, NTB

Serial Wayang Kebatinan Islam #5: Perkembangan Wayang Kulit pada Masa Mataram

Wayang di zaman kerajaan Mataram mengalami perkembangan yang signifikan dengan adanya pengembangan perwatakan pada para tokoh wayang,

Menandai Momentum 10 Muharram, NU Peduli Anak Yatim Piatu di Pengungsian

10 Muharram Hijriyah yang jatuh pada hari Kamis (20/9) kemarin, NU Peduli turut membagikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim piatu di lokasi pengungsian warga terdampak gempa Lingkungan Tegal, Kelurahan Selagalas, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram.

Mahasiswa UNU NTB Juara Di MTQM UKM PSQ Unram

Heni Rahma Hidayati dan Rosana meraih juara pertama dan juara ketiga pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) se Pulau Lombok

Dahlan Iskan Terpikat pada Budidaya Tanaman Lamtoro Taramba di Sumbawa

LADUNI.ID, Mataram - Tim KRRB UNRAM (Konsorsium Riset Ruminansia Besar Universitas Mataram) melakukan budidaya tanaman lamtoro.

Pelantikan Pengurus PMII Unram Dibarengi dengan Peringatan Maulid

Pengurus baru Komisariat PMII ke-9 Universitas Mataram secara Resmi dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Cabang PMII kota Mataram. Pelantikan ini juga dibarengi dengan Peringatan Maulid Nabi. Seperti apa itu?

Mengenal 6 Candi Tertinggi di Indonesia

Beberapa di antaranya bahkan menjadi ujung tombak pariwisata Indonesia seperti Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Candi-candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta kebanyakan adalah peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Bule Rusia yang Ajak Bayinya Ngamen Demi Makan Ini Ternyata Mengagumi Muslim NTB, Kenapa?

Pasangan bule Rusia dan bayinya mengalami kisah pilu di tengah pandemi Covid-19. Hal itu dialami ketika mereka berada di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kelihaian Cakraningrat IV Meracik Strategi Perang yang Bikin Belanda Takut

Beliau adalah putra kedua Cakraningrat II. Beliau naik tahta pada tahun 1718 menggantikan kakaknya Tumenggung Adisosro/ Cakraningrat III yang wafat. Nama kecil beliau adalah Abdul Kharim Diningrat (1718-1746).

Kyai Kategan: Wali Agung Kekeratonan Mataram

Mbah Jam, begitu biasa ia dipanggil, bercerita perihal Kyai Kategan yang setiap waktu menunaikan salat di Mekah. Bila Sultan Agung yang mengajaknya untuk salat ke Mekah, maka sebelum sang sultan sampai menginjakkan kaki di tanah suci itu, Kyai Kategan sudah lebih dahulu berada di sana. Begitu sebaliknya.

Sesat Pikir Historiografi Kolonial

Harya Penangsang oleh Shashangka dianggap sebagai pelanjut kerja ‘purifikasi’ Sultan Trenggono dan Raden Patah sebagai Tionghua Muslim pemimpin Kerajaan Demak. Kerajaan yang disebut oleh Shashangka pernah menyerang kampung-kampung pedalaman Jawa dengan semangat pemurnian berikut kerja besarnya menggulingkan Kerajaan Majapahit.

Biografi Kyai Ageng Pemanahan ( Cikal Bakal Raja-raja Mataram Islam)

Ki Ageng Pemanahan (dikenal juga sebagai Kiyai Gede Mataram) adalah seorang tokoh perintis wangsa Mataram yang berasal dari Sela (sebuah desa di Grobogan) dan kemudian hijrah ke Pengging. Ia dijuluki sebagai "Pamanahan" karena bertempat tinggal di desa Manahan,

Biografi Pangeran Benawa I (Sayyid Abdul Halim) Sultan Pajang ke III

Pangeran Benawa dikisahkan sebagai seorang yang lembut hati . beliau meskipun pewaris sah dari Kesultanan Pajang akan tetapi tidak berambisi untuk meneruskan jabatan dari ayahandanya Sultan Hadiwijaya untuk menjadi Sultan Pajang yang berikutnya.

Biografi Kyai Ageng Selo ( Raden Bagus Songgom ) Tokoh Penyebar Agama Islam Grobogan

Kyai Ageng Selo merupakan tokoh yang memiliki pengaruh besar pada masyarakat. Beliau memiliki suatu ajaran yang diikuti oleh masyarakat secara luas pada masanya. Ajaran itu adalah ajaran tentang filsafat hidup dan keagamaan. Kyai Ageng Selo dipercaya oleh masyarakat Jawa sebagai cikal bakal yang ’ menurunkan raja-raja di Tanah Jawa, seperti raja-raja ” Mataram, Surakarta, dan Yogyakarta. 

Biografi Kyai Ageng Enis ( Raden Bagus Anis atau Kyai Ageng Laweyan) Tokoh Penyebar Agama Islam di Solo

Kyai Ageng Enis adalah salah satu tokoh yang ikut ambil bagian dalam penyebaran Islam di Tanah Jawa, terutama di daerah Laweyan atau dulu masih bagian dari kadipaten Pengging. Beliau pernah menjadi guru spiritual Mas Karebet atau lebih di kenal dengan nama Jaka Tingkir

Biografi Panembahan Senopati ( Raden Danang Sutawijaya) Pendiri Kesultanan Mataram Islam

Panêmbahan Senapati; adalah bapak dari wangsa Mataram  dan merupakan  Panembahan  (pemimpin)  pertama  dari Mataram, yang di masanya masih berupa kadipaten. Ia mewarisi jabatan ayahnya sebagai adipati Mataram di bawah Kesultanan Pajang.

Sejarah Kesultanan Mataram Islam

Kerajaan Mataram berdiri pada tahun 1582. Pusat Kerajaan ini terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta, yakni di Kotagede. Dalam sejarah Islam,Kesultanan Mataram memiliki peran yang cukup penting dalam perjalanan secara kerajaan-kerajaan islam di Nusantara (Indonesia)

Biografi Sultan Agung Hanyakrakusuma (Raja Mataram Islam Ke-3)

Sultan Agung bermaksud menegakkan ideologi negara dan untuk itu membuat dirinya sendiri menjadi suri tauladan bagi seluruh rakyat Mataram yang dipimpinnya, baik dalam kedudukannya sebagai kepala negara maupun sebagai pemimpin agama. 

Biografi Raden Truno Joyo (Pahlawan Nusantara Abad XVI)

Raden Truno Joyo adalah salah satu tokoh pejuang yang dilahirkan di Sampang, Madura. Beliau  mengobarkan  perang  melawan kompeni Belanda dan Mataram dari tahun 1677 sampai dengan tahun 1680.

Biografi Kyai Gede Sebayu (Ulama dan Pendiri Kota Tegal)

Masyarakat Tegal khususnya, pasti tidak asing dg nama Kyai Gede Sebayu. Ya, hal ini karena beliau merupakan Tokoh Pendiri Pemerintahan Tegal pada 1585-1625.

Biografi Kyai Ageng Juru Mertani (Patih Kesultanan Mataram Islam Pertama)

Kyai Juru Mertani digambarkan sebagai seorang petani yang berwawasan negarawan, disaat para bangsawan lain lebih tertarik untuk mengolah ketrampilan fisik , pada masa mudanya Kyai Juru Mertani  lebih tertarik  pada ilmu agama, olah rasa, serta ilmu ketatanegaraan, filsafat, psikologi maupun strategi .

Ziarah di Makam Kyai Ageng Juru Mertani, Patih Pertama Kesultanan Mataram

Kiai Ageng Juru Mertani beliau adalah patih pertama di Kerajaan Mataram Islam yang memiliki gelar Kiai Ageng Mondoroko. Kiai Ageng Mertani adalah seorang tokoh yang cerdik dan ahli strategi di dalam kerajaan Mataram.

Biografi Pangeran Kajoran (Panembahan Romo Ambalik) Mertua Raden Truno Joyo

Pangeran Kajoran adalah seorang ulama dan ahli strategi yang membantu menantunya Raden Truno Joyo dalam melawan kekuasaan Amangkurat I yang sewenang-wenang terhadap rakyat nya.

Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono I

Berkat perjuangan gigihnya melawan VOC di masa-masa kekuasaan beliau, Sultan Hamengkubuwono I diangkat menjadi Pahlawan Nasional Indonesia jauh setelah kematian beliau, Seperti kita ketahui, Sultan Hamengkubuwono I wafat pada tanggal 24 Maret 1792. Dan, nama beliau diangkat sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 10 November 2006

Sejarah Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat

Nama Yogyakarta yang digunakan untuk menyebut Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki sejarahnya sendiri. Konon, nama Yogyakarta sudah ada jauh sebelum Sultan Hamengkubuwono I mendirikan kerajaan ini. Nama Yogyakarta, yang kemudian diadopsi menjadi nama kerajaan oleh Sultan Hamengkubuwono I.

Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono II 

Sultan Hamengku Buwono II dilahirkan dengan nama asli Raden Mas Sundoro pada hari Sabtu Legi tanggal 7 Maret 1750. Sebutan lain untuk Sultan Hamengku Buwono II adalah Sultan Sepuh. Konon, nama asli Sultan Hamengku Buwono II tersebut merujuk pada tempat beliau dilahirkan, yakni di lereng Gunung Sindoro,

Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono III

Sultan Hamengkubuwono III adalah sultan ketiga dan kelima Kesultanan Yogyakarta. Beliau sempat dua kali naik tahta. Naik tahta untuk pertama kalinya pada periode pertama pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II, dan naik tahta lagi setelah Sultan Hamengkubuwono II diasingkan oleh pemerintahan Inggris.

Biografi Kyai Nur Iman Mlangi, Yogyakarta

Kyai Nur Iman Mlangi lahir sekitar awal abad 18 atau diperkirakan tahun 1708. Beliau adalah putra Prabu Amangkurat IV atau RM. Suryo Putro dari istri yang bernama Bendara Raden Ayu Ratna Susilawati. Beliau terlahir dengan nama RM. Sandeyo yang kemudian bergelar KGP Angabehi Kertosuro.

Biografi Sri Sultan Hamengku Bowono IV

Sri Sultan Hamengku Buwono IV lahir pada tanggal 3 April 1804. Nama asli beliau adalah Gusti Raden Mas Ibnu Jarot. Beliau adalah putra ke delapan belas Sultan Hamengku Buwono III yang lahir dari permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Kencono.

Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono V

Sultan Hamengku Buwono V adalah putra keenam Sultan Hamengku Buwono IV dari permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Kencono. Nama asli beliau adalah Gusti Raden Mas Gathot Menol. Sultan Hamengku Buwono V adalah Sultan termuda dari seluruh Sultan Kesultanan Yogyakarta, bahkan di seluruh tanah Jawa. Sebab, beliau naik tahta untuk pertama kalinya pada tahun 1823, waktu itu usianya masih 3 tahun.

Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono VI

Sri Sultan Hamengku Buwono VI dilahirkan dengan nama Gusti Raden Mas (GRM) Mustojo pada tanggal 10 Agustus 1821, beliau adalah putera dari Sri Sultan Hamengku Buwono IV dari permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Kencono. Pada tahun 1839 ketika sudah berganti nama menjadi Pangeran Adipati Mangkubumi

Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono VII

Gusti Raden Mas (GRM) Murtejo, demikian nama kecil beliau, lahir pada tanggal 4 Februari 1839 dari rahim Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Sultan. GKR Sultan merupakan permaisuri kedua Sri Sultan Hamengku Buwono VI. Permaisuri pertama, GKR Hamengku Buwono, yang merupakan puteri Paku Buwono VIII dari Surakarta tidak mempunyai anak laki-laki.

Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono VIII

Di masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, Yogyakarta mengalami kemajuan pesat di bidang pendidikan dan kesehatan. Dalam bidang arsitektur, bentuk fisik kraton saat ini adalah hasil perombakan pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII.

Menampilkan 1 - 10 dari 37