NU Mendayung antara Masyumi dan PKI

Walaupun NU selalu bergandengan tangan dengan Masyumi, tetapi soal pemberontakannya tetap tidak setuju. Bagi NU, Masyumi merupakan mitra penting dalam menghadapi PKI.

Berteriak Tauhid, Tapi Sebenarnya Pemberontak yang Batil

LADUNI.ID, Jakarta - Suatu ketika, kaum Khawariej, pemberontak Khalifah Ali bin Abi Thalib, berteriak memakai kalimat tauhid.

Sebanyak 25 Tentara dan Warga Nigeria Dibunuh oleh Pemberontak

telah terjadi penembakan yang dilakukan oleh pemberontak di wilayah timur laut Nigeria.

Pemberontak Jihadis Lancarkan Serangan Mematikan di Aleppo Selatan

Dengan sebagian besar pertempuran terjadi di provinsi Latakia, Hama, dan Idlib, situasi di dalam Kegubernuran Aleppo sebagian besar diabaikan oleh media.

Pemberontak Suriah Akui Terima Dana dari Israel

Pemberontak Suriah akui terima dana sebesar 5.000 dolar perbulan dari Isreal. Baca di sini...

Langkah NU Menghadapi G30S PKI, Sebuah Catatan Sejarah

Dalam waktu singkat dibuatlah suatu rumusan pernyataan yang akan ditandatangani oleh PBNU dan seluruh Pucuk Pimpinan Ormas underbouw terpenting NU.

Kiai Imam Kholil Pernah Perintah Santrinya Celupkan Penjalin Saat Peristiwa G30S PKI

Mengenang kebersamaan dengan Kiai Imam Kholil, salah seorang warga Sarang bercerita: pada tahun 1965 terjadi pemberontakan PKI. Satu minggu sebelum peristiwa tersebut, yakni pada hari Jumat, Kiai Imam memesan bambu runcing dalam jumlah besar.

Tragedi Bakung 1954, Jejak Perlawanan atas DI/TII

Mengenali peristiwa dan tokoh yang dikenal biasa kita temukan di catatan buku sejarah, akan berbeda ketika di balik peristiwa tersebut bukan tokoh sejarah, sebut di sini orang biasa. Sudah barang tentu tidak akan ditemukan di catatan sejarah

Peran Penting Gus Maksum dalam Menumpas Pemberontakan PKI

Gus Maksum yang saat itu berusia 18 tahun pun dengan berani meneriakkan “Ganyang PKI” sebagai bukti bahwa dirinya akan memberantas PKI, dan hal tersebut terbukti dari beberapa tragedi yang terjadi, misalnya saat tragedi Watu Ompak.

Konsep Waliyyul Amri Ad-Dharuri bis Syaukah sebagai Ketegasan NU dalam Mengakui Keabsahan Presiden Soekarno

Pengakuan ulama kepada Ir. Soekarno sebagai seorang pemimpin yang sah suatu negara dengan gelar Waliyyul Amri Ad-Dharuri bis Syaukah, telah memberikan dampak yang sangat signifikan.