Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat

 
Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat

PROFIL
Merupakan program nasional PBNU yang berencana membuka Universitas Nahdlatul Ulama disetiap provinsi seluruh Indonesia. Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat mulai dirintis oleh bidang pendidikan PWNU dan Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama pada tahun 2012. Namun proses pengurusan izin UNU pernah terhenti sampai 1,5 tahun karena adanya permasalahan internal Pengurus Wilayah NU waktu itu yang berujung pada pembekuan SK PWNU Sumatera Barat masa khidmat 2010-2015.

Pada tahun 2014 di SK kan PWNU Sumatera Barat masa khidmat 2014-2019 berdasarkan SK PBNU Nomor : 378/A.II.04/08/2014 Tentang Pengesahan PWNU Sumatera Barat. Maka dengan ikt’tikad baik PWNU Sumatera Barat membentuk Tim Panitia Pendirian dari Unsur PWNU dan PW LPTNU Sumbar selanjutnya melakukan koordinasi dengan PBNU dan Kemenristek Dikti RI agar kembali melanjutkan proses perizinan UNU SUMBAR.

Alhamdulillah berkat Rahmat Allah SWT dengan kerja keras Tim Panitia Pendirian dan dukungan semua elemen NU di Sumatera Barat akhirnya keluar Keputusan Menetri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor : 560/E/0/2014 Tertanggal 17 Oktober 2014 tentang Izin Pendirian Universitas nahdlatul Ulama Sumatera barat dengan 10 Program Studi (jenjang sarjana) yang diizinkan yakni Program Studi Agrobisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Sumber Daya Perairan, Budi Daya Perairan, Teknik Lingkungan, Ekonomi Islam, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggris.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN