Pesantren Al-Fattah Lamongan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Fattah Lamongan

PROFIL 

Pondok Pesantren Al-Fattah didirikan oleh KH. Abdul Fattah Allah Yaghfirulah, pada tahun 1941 M. Pesantren Al-Fattah mendapat sebutan "Cahaya dari Sudut Desa". Sebutan ini didasarkan pada letaknya yang ada di sudut Desa Siman tapi mampu mengudarakan "cahaya" bagi masyarakat sekitar, bahkan masyarakat umum Lamongan, dan sekitarnya. Pengasuh awal Pesantren Al-Fattah ialah KH. Abdul Fattah. Saat ini, pengasuh Pesantren Alfattah ialah KH. Abdul Muhit Fattah, KH. Abdul Madjid Fattah; KH. Ma'mun Fattah; dan KH. Masduqi Ali Fathon.

Pesantren Al-Fattah berada di Desa Siman, Lamongan, selain menerapkan metode salaf juga mengembangkan sejumlah lembaga pendidikan. Pesantren ini masih mempertahankan metode salaf, meski sejumlah institusi pendidikan formal yang dikelolanya juga berkembang dengan baik.

Pesantren Al-Fattah juga mempunyai pesantren Inggris yaitu SMA Siman Jaya yang menjadi SMA unggulan di Kabupaten Lamongan. Ada pula pesantren Alquran dengan progam pengajaran Tahaffudz, Tilawah, dan Taghonni. Semua lembaga pendidikan pesantren itu sama sekali tidak lepas dari metode salaf. Pondok salaf yang mengerti tantangan zaman ini memperlebar sayapnya dengan mendirikan pendidikan sekolah formal lainnya. Sekolah itu antara lain TK Siman Jaya, MI Salafi Banin Banat, Mts Salafiyah, SMP Siman Jaya, MA Salafiyah, SMA Unggulan BPPT Al Fattah, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Fattah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.