Pesantren Al-Hikam Bangkalan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al-Hikam Bangkalan

Profil
Berawal dari keinginan mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan berbasis Pondok Pesantren yang menyatukan unsur IPTEK dan IMTAQ, maka pada tahun 1996,  Drs. KH. M. Nuruddin A. Rahman, SH. Pembebaskan sebidang tanah di pinggiran kota Bangkalan. Tepatnya di Jalan Raya Perumnas No.01 Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Diatas sebidang tanah inilah kemudian didirikan Pondok Pesantren yang diberi nama AL HIKAM. Mula-mula di area Pesantren ini didirikan sebuah Masjid pada tahun 1998.

Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan secara resmi didirikan dan dibuka pada tahun 2003 dilengkapi dengan Unit Pendidikan PAUD / TKA, Madrasah Ibtidaiyah Diniyah (MID), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan 2 jurusan yaitu IPA dan IPS serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan 2 jurusan yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Sesuai dengan Fokus Central Visi dan Misi pendirian Pondok Pesantren Al Hikam, unit-unit Pendidikan Al Hikam menggabungkan antara Kurikulum Formal (Pemerintah) dengan Non Formal (ala Pesantren) yang menambahkan Muatan Lokal berupa pelajaran-pelajaran Agama Islam. Sama halnya dengan Pesantren Salafiah lainnya, Al Hikam merupakan sebuah tempat untuk menimba ilmu Agama dan mendalami ilmu Agama. Metode Belajar dalam menimba Keilmuan Agama Islam terbagi menjadi berbagai macam metode, diantaranya adalah berupa jenjang pendidikan Agama, Ngaji Kitab Kuning (Kuliah Subuh), kelompok belajar tambahan serta Bahtsu al-Masa’il.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.