Pesantren Nazhatut Thullab Sampang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Nazhatut Thullab Sampang

Profil

Pendirian Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang Madura, bermula dari peristiwa "Babat Tanah Prajjan" oleh Kyai Abdul 'Allam yang mempunyai nama asli Pang Ratoh Bumi yang berasal dari ujung timur Pulau Garam Madura yaitu Kabupaten Sumenep. nama Abdul 'Allam adalah pemberian dari Hadratu Al Syaikh Aji Gunung Sampang, pada saat belajar dan nyantri yang ditemani oleh dua orang sahabat arib dari Pulau Jawa yang kemudian mendapat julukan Buju' Napo dan Gung Rabah Pamekasan.

Menurut sebagian hikayat (H. Abdurrahman Sumenep), pada saat Pangeran Cakra Ningrat II ditangkap oleh Kolonial Belanda (1674 – 1679) dan diasingkan ke Madura, K. Abd. ’Allam (Pang Ratoh Bumi) sering melakukan komunikasi dengan Pangeran Cakra Ningrat II dalam rangka membahas perjuangan rakyat dalam melawan penjajah/ Belanda. Berdasarkan hikayat tersebut, maka eksistensi perjuangan K. Abd. ’Allam dalam melawan penjajah, masanya hampir bersamaan dengan masa perjuangan Pangaran Cakra Ningkrat II.

Berdasarkan catatan kecil sejarah leluhur kota Sampang, bahwa K. Abdul ‘Allam ketika masih berguru kepada Buju’ Aji Gunung bersama kedua temannya (Buju’ Napo dan Gung Rabah Pamekasan) mendapat tugas dari guru beliau untuk pergi ke kediaman

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.