Menapak Tilas dan Berziarah di Makam Sultan Iskandar Muda, Kesultanan Termahsyur di Aceh

 
Menapak Tilas dan Berziarah di Makam Sultan Iskandar Muda, Kesultanan Termahsyur di Aceh

Makam Sultan Iskandar Muda kini menjadi tujuan wisata ziarah yang banyak dikunjungi wisatawan. Pemerintah juga mengingatkan, betapa pentingnya untuk selalu mengenang masa kejayaan Aceh guna membangun masa depan yang lebih baik. Makam ini berada di alamat Gp. Peuniti, Baiturrahman, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh. Makam milik Sultan paling termahsyur di Aceh ini juga menjadi daya tarik tersendiri, bagi para wisatawan penggila sejarah. Aceh pernah berada di masa keemasan ketika Kesultanan Aceh menjadi salah satu kerajaan terbesar Islam di dunia. Kawasan ini menjadi pusat perdagangan dunia, serta merupakan tempat singgah kapal-kapal dagang dari Eropa dan Asia.

Sisa-sisa kejayaan Aceh dimasa lampau sedikitnya meninggalkan berbagai situs sejarah yang kini bisa dikunjungi, salah satunya adalah Makam Sultan Iskandar Muda. Secara geografis, letak Makam Sultan Iskandar Muda ini berada Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh. Lokasinya juga sangat dekat dengan Meuligoe Aceh, tempat dimana Gubernur Aceh tinggal. Letak makam ini juga tak jauh dari Museum Aceh, yang bisa ditempuh pengunjung dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Makam Sultan Iskandar Muda ini dulunya pernah dihilangkan jejaknya oleh Belanda, ketika rakyat Aceh berperang melawan Belanda. Hal ini dilakukan agar menghilangkan hubungan antara rakyat Aceh dan Sultan Iskandar Muda. Untungnya, makam tersebut bisa kembali ditemukan berkat jasa Pocut Meurah yang ingat bahwa makam Sultan berjarak 44 langkah dari Krueng Daroy. Untuk memasuki area makam, pengunjung akan disambut dengan pintu gerbang yang masih berbentuk batu berundak layaknya candi. Didalam makam telah terdapat jalan yang dipaving, sehingga memberikan kenyamanan kepada para pengunjung yang hendak berziarah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN