Pesantren Hidayatul Muhsinin Pontianak

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Hidayatul Muhsinin Pontianak

PROFIL

Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin adalah pindahan dari Pondok Pesantren Darul Ma`arif Senakin Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Pontianak saat itu, yang sekarang menjadi Kabupaten Landak. Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin  saat ini berlokasi di Jl Perdamaian Pal IX (Kota Baru Ujung), Kecamatan Sungai Kakap, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pesantren dirintis dan didirikan oleh DR. KH. A. Zainuddin Asy`ari, M.Pd.I yang memiliki luas ± 3 Ha.

Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin telah berkembang pesat dengan memiliki lembaga pendidikan formal di antaranya SDI, MTs, dan MA.

Sejarah

Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin adalah pindahan dari Pondok Pesantren Darul Ma`arif Senakin Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Pontianak saat itu, yang sekarang menjadi Kabupaten Landak. Pada masa itu pesantern kami sudah di bangun fasilitas pendidikan yang memadai dengan nama pesantren Darul Ma'arif, anak didik (santri) sudah lumayan ramai dengan jumlah tidak kurang dari 100 santri.

Fasilitas pendidikan sudah dibangun pendidikan Madrasah Tsanawiyah, juga asramah santri putra dan putri  yang berdiri di atas tanah ± 8 Ha, untuk lahan peternakan dan pertanian sudah dibuat kolam peternakan ikan ± 40 x 60 sebanyak 3 buah dan juga tanaman kelapa ± 300 batang. Ruang penginapan putra/putri 15 lokal, ruang belajar 3 lokal, rumah pengasuh 1 unit lengkap dengan perpustakaan. Namun sayang seribu sayang semua itu tinggal kenangan setelah pesantren kami ditimpa musibah perang suku antara Dayak dan Madura (oknum).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.