Pesantren Nurul Yaqin Pariaman Padang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Nurul Yaqin Pariaman Padang

PROFIL

Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Syaikh KH. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo)  pada tahun 1960 di Korong (Jorong) Ringan-Ringan Negeri Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Pondok Pesantren ini dahulu berawalnya dari beberapa Santri Tarbiyah Padang Laweh Malalo yang ikut dengan Syehk. H. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo) yang mendirikan Pondok Pesantren dikampung halamannya yaitu di Korong (Jorong) Ringan-Ringan yang diberi nama Pondok Pesantren Nurul Yaqin, dahulunya Pemimpin Pesantren ini menimba Ilmu Agama di Pesantren Tarbiyah Padang Laweh Malalo yang pada waktu itu Pemimpin serta Guru Besarnya ialah Syehk Zakaria Tuanku Labai Sati.

Dengan beberapa santri tersebut Pondok Pesantren Nurul Yaqin terus berkembang jaya. Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah sebuah lembaga yang masih utuh dan eksis mempertahankan mutu disiplin ilmu yang bersumber dari Kitab Standar atau dikenal sebagai Kitab Kuning karangan Ulama Timur Tengah tanpa kehilangan Visi dan Misi yang futristik.

Secara khusus Pondok Pesantren Nurul Yaqin menyiapkan Generasi Islam yang memiliki barometer keislaman yang kaffah sebagai basik yang utuh ditengah-tengah pendangkalan Nilai-Nilai keilmuan dan rusaknya mayoritas Umat Islam.

Pendiri
Syaikh KH. Ali Imran Hasan

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.