Pesantren Al-Hikmah An-Najiyah Bogor

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Hikmah An-Najiyah Bogor

Profil
Berawal dari pengajian Al-Quran untuk anak-anak di sebuah kontrakan yang diikuti oleh anak-anak masyarakat kampung Poncol Cirimekar Cibinong. Tradisi pengajian sore atau lepas maghrib bagi anak-anak di sebuah kampung adalah merupakan kebutuhan bagi generasi Islam pemula, maka tidak aneh kalau pengajian ini diikuti oleh hampir semua anak-anak masyarakat Cirimekar dan sekitarnya.

Tahun 1994, pengajian dengan nama TPA Al-Ikhlash ini sedikit berbeda dengan pengajian tradisional yang ada di rumah-rumah guru ngaji, karena tenaga pengajarannya dilaksanakan dengan metode IQRO, sementara di tempat-tempat lain masih menggunakan sistim Baghdadiyah (ejahan). Di awal tahun 1994 Drs. Abdul Halim Al-Qorny, sebagai pengasuh pengajian Al-Ikhlash menerima wakaf tanah dari H. Adang Zakaria seluas 285 m2 (terdiri dari dua lokasi) Pada tgl. 04 Juni 1994 terbentuklah sebuah yayasan pendidikan Islam dengan nama YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-IKHLASH (Notaris HM.Adam.SH) sekaligus memulai pembangunan sarana pendidikan.

Pada tgl 1 Agustus 2001 bangunan tersebut sudah dapat diisi, walau dengan sangat darurat, rumah ustadz dan kamar santri hanya dibatasi hijab, Ponpes Al-Hikmah An-Najiyah sudah mulai melaksanakan tugas pendidikan da’wah dan pengabdiannya, dan pada waktu itu yang dapat diteima hanyalah santri putra.Sambil menyelesaikan pembangunan, pelaksanaan pendidikan kepesantrenan, majlis ta’lim dan kegiatan sosial lainnya terus dikembangkan, setahun kemudian rampung juga pembangunan ponpes tahap pertama.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.