Pesantren Gedongan Cirebon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Gedongan Cirebon

Profil
Gedongan merupakan salah satu pondok pesantren tertua di kabupaten Cirebon. Letaknya berada di blok Gedongan desa Ender kecamatan Pangenan kabupaten Cirebon Jawa Barat. Sekitar 20 km dari kota Cirebon. Pesantren ini didirikan sejak awal abad ke 19 oleh KH. Muhammad Said. Sebelum pesantren tersebut didirikan, Gedongan masih berupa hutan belantara. Maka dikatakan bahwa Kiai Said -sebagaimana beliau lebih dikenal dengan nama tersebut- adalah orang yang pertama kali babad alas di daerah tersebut.

Hingga sekarang, Gedongan masih dipimpin oleh generasi ke tiga yaitu cucu kiai Said yaitu KH. Amin Siroj. Dimana beliau adalah cucu termuda dari putra kiai Said yang bungsu yaitu KH. Siroj.
Pada mulanya, kiai Said hanya memiliki beberapa santri sebagai cikal bakal pendirian pesantren tersebut. Hingga beberapa tahun kemudian, Gedongan mulai dikenal oleh masyarakat umum. Hal ini terbukti dengan banyaknya santri yang semakin berdaatangan dari segala penjuru. Bahkan bukan hanya dari Cirebon, melainkan dari berbagai daerah yang ada di pulau Jawa,  Sumatra, Kalimantan dan lain sebagainya.
 
Seiring dengan berjalannya waktu, pesantren Gedongan selalu menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat dengan mendirikan pendidikan formal maupun non formal. Keduanya disinergikan demi terbentuknya alumni yang bisa menguasai dua bidang keilmuan secara umum yaitu ilmu agama dan ilmu umum. Maka dibentuklah beberapa lembaga pendidikan yang menekuni bidang keilmua agama dengan Madrasah diniyyah an-Nidzamiyyah serta pendidikan formal dengan Yayasan Manbaul Hikmah serta yang lainnya.

Pendidikan
Pendidikan Formal: 
1. Madrasah  Ibtidaiyyah Manbaul Hikmah
2. Madrasah Tsanawiyyah Manbaul Hikmah
3. SMP Al-Shighor
4. SMP Mu’allimin Mu’allimat
5. SMP Takhossus Al-Qur’an
6. SMP Al-Alawiyyah
7. MA manbaul Hikmah
8. MA Al-Shigor
9. SMK Al-Shighor
10. SMA Al-Alawiyyah
11. Universitas Nahdlatul Ulama (Cabang Cirebon)

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniyah
2. Madrasah malam

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa Asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji.
Alamat
Dusun IV Desa Ender Kec. Pangenan 45182, Kab.Cirebon

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • ahmad saefudin

    Selasa, 7 Januari 2020

    mau nanya nanya tentang cara mesantrenkan anak usia 5 tahun dan minta nomer pengurus yang bs di hubungi