Pesantren Pomosda Nganjuk

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Pomosda Nganjuk

Profil

Pesantren Pomosda merupakan salah satu pesantren modern tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1880 M yang didirikan oleh KH. Hasan Ulama, yang berlokasi di jalan Wachid Hasyim No. 304 Tanjunganom, Nganjuk, Jawa Timur. Pesantren ini telah berubah nama hingga tiga kali dari Pesantren Takeran Magetan lalu Pesantren Sabill Muttaqien (PSM) dan terakhir bernama Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa atau disingkat Pomosda Nganjuk.

Pesantren Pomosda Nganjuk memiliki pendidikan formal yang terdiri dari SMP, SMA, dan STT dan pendidikan Informal: Kepesantrenan, Madrasah Diniyah, dan TKQ/TPQ. Pesantren ini juga memiliki fasilitas umum lainnya seperti masjid, asrama santri, gedung sekolah, dan sebagainya. Secara fisik mungkin sama, para santri bersekolah dalam sistem pendidikan formal, setiap pagi berangkat dan akan kembali saat waktu bersekolah setelah usai.

Namun bukan hanya bersekolah saja, di Pomosda ini santri dibekali berbagai macam ketrampilan yang berguna baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Ketrampilan tersebut terwadahi dalam program Vokasional Skill, terdapat macam-macam ketrampilan yang diajarkan dan dapat dipilih sesuai minat dan bakat dari para santri.

Sebut saja ada komputer, administrasi, pertanian, otomotif, tata boga, mading, paduan suara, drum band, berbagai macam olah raga dan lain sebagainya. Generasi Arifun Billah yang diharapkan selain pandai dan berketrampilan juga bisa mengenali dirinya serta Tuhannya. Singkatnya, Pomosda juga menanamkan nilai-nilai spiritual keTuhan-an. Kasarannya, selain dapat pendidikan dan ketrampilan (duniawi) juga memperdalam ilmu agama.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.