Ini Dia Persamaan Antara Menteri Pemuda Malaysia dan Indonesia

 
Ini Dia Persamaan Antara Menteri Pemuda Malaysia dan Indonesia

Jakarta - Syed Saddiq Abdul Rahman mendadak viral setelah ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dalam Kabinet Mahathir Muhammad. Nama Syed Saddiq menjadi pembicaraan karena menjadi menteri termuda sepanjang sejarah di Malaysia. Dilihat dari latar belakang sosok Syed Saddiq memang layak menjadi menteri walaupun dengan umur yang masih belia. 


Ternyata latar belakang Syed Saddiq juga memiliki kesamaan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrowi. Kalau dari segi umur memang antara Syed Saddiq terpaut jauh dengan Imam Nahrawi yang ketika masuk Kabinet. Namun, dari beberapa sisi ada kesamaan antara Syed Saddiq dengan Imam Nahrawi yang sama-sama menjabat sebagai Menteri Pemudan dan Olahraga. Apa saja kesamaan antara Syed Saddiq dengan Imam Nahrawi?.

1. Aktif dalam kegiatan sosial sejak mahasiswa

Sayed Saddiq semasa kuliah aktif dalam kegiatan sosial, tercatat berhasil tiga kali memenangkan Asia's Best Speaker Award dari Asian British Parliamentary Debating Championship. Hal ini sama dengan Imam Nahrawi ketika waktu menjadi mahasiswa juga sudah aktif dalam kegiatan sosial. Imam Nahrawi tercatat pernah memimpin PMII Jawa Timur dan menjadi Ketua Senat Mahasiswa IAIN Sunan Ampel.


2. Pernah menjadi ketua organisasi kepemudaan sayap partai politik

Persamaan yang kedua, Sayed Saddiq dan Imam Nahrawi pernah menjadi ketua organisasi kepemudaan sayap partai. Syed Saddiq sebelum menjadi menteri pernah menjabat sebagai organisasi pemuda partai pimpinan Mahathir Muhammad, sementara Imam Nahrawi tercatat juga pernah Menjadi Ketua Umum DKN Garda Bangsa pada 2002, yang merupakan organisasi kepemudaan sayap partai kebangkitan bangsa (PKB).


3. Menjadi yang termuda di kabinetnya

Dari sisi umur ketika menjabat sebagai Menteri di Kabinet, Syed Saddiq dan Imam Nahrawi sama-sama menjadi menteri dengan umur termuda. Imam Nahrowi ketika dilantik menjadi Menteri pada tahun 2014 waktu itu tercatat masih berumur 41 tahun dan menjadi menteri termuda dalam kabinet kerja bersama Puan Maharani.


4. Tidak memiliki latar belakang sebagai atlit

Syed Saddiq dan Imam Nahrawi sama-sama tidak memiliki latar belakang sebagai atlit. Syed Saddiq berlatar belakang sarjana hukum dari  Universitas Islam Internasional Malaysia, sedangkan Imam Nahrawi mempunyai latar belakang sarjana agama dari Institut Agama Inslam Negeri Sunan Ampel Surabaya.