Kalahkan Belgia, Prancis Menuju Final Ketiga Piala Dunia

 
Kalahkan Belgia, Prancis Menuju Final Ketiga Piala Dunia

Saint Petersburg - Tim berjuluk ayam jantan berhasil mengandaskan pasukan muda Belgia dengan skor 1-0. Samuel Umtiti menjadi penentu kelolosan Prancis dalam pertandingan laga semifinal di Saint Petersburg, Rabu (11/7/18). Gol sundulan bek Barcelon di babak kedua tak bisa dibalas oleh Belgia hingga akhir laga.

 

Bagi Prancis, ini adalah ketiga kalinya mereka lolos ke final Piala Dunia. Mereka sebelumnya lolos ke partai puncak turnamen empat tahunan itu pada 1998 dan 2006.

 

Prancis tampil sebagai juara saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998. Ketika itu, tim Prancis yang dilatih Aime Jacquet melibas Brasil 3-0 di final lewat dua gol Zinedine Zidane dan satu gol Emmanuel Petit.

 

Berselang delapan tahun, Prancis kembali lolos ke final Piala Dunia yang digelar di Jerman. Zidane kembali mencetak gol di final, tapi Prancis akhirnya kalah adu penalti dari Italia.

 

Di Piala Dunia 2018, Prancis tinggal menunggu lawan di final, yang akan digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). Calon lawan mereka adalah Kroasia atau Inggris.

 

Layak ditunggu apakah Didier Deschamp sebagai pelatih perancis akan bisa mempersembahkan Piala dunia seperti saat dirinya menjadi pemain pada Piala Dunia 1998?.