Ulama Maroko dan Ukraina Akui Islam Nusantara sebagai Uswah Islam se-Dunia

 
Ulama Maroko dan Ukraina Akui Islam Nusantara sebagai Uswah Islam se-Dunia

LADUNI.ID, Jakarta - PBNU kembali kedatangan tamu Ulama Luar Negeri. Mereka, Rektor Muassasah Al-Fath, Wujdah, Maroko, Syeikh Ahmad Yakhluf, dan ulama Ukraina Syeikh Tamim menyanjung paham Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyyah yang dimotori PBNU.

Sebagai bentuk sanjungannya, kedua ulama besar tersebut mengaku ingin ngaji Islam Nusantara ala NU beserta keterkaitannya dengan sistem kenegaraan.

“Saya senang NU mempunyai paham Islam yang dalam, mengetahui toleransi, dakwah dengan kebijaksanaan dan nasihat yang baik dari ulama Indonesia, dan pesantren. Saya belum pernah melihat hal tersebut di Arab,” tutur Syeik Ahmad Yakhluf di Gedung PBNU, Jakarta, Jumat (20/7) malam.

Bersamaan dengan pujian Syeikh Ahmad, Syeikh Tamim, ulama asal Ukraina juga menyatakan bahwa masyarakat Muslim Indonesia merupakan ushwah untuk bangsa lain. Menurutnya, kalangan Muslim Nusantara berpegang teguh pada pemahaman dan akidah yang baik.

“Islam nusantara Anda adalah contoh model baik untuk bangsa lain. Dia menunjukkan identitas Islam dengan penuh akhlak yang mulia,” tutur Syeikh Tamim yang juga sebagai Mufti Ukraina.

Mufti Ukraina merasa kagum dengan keberadaan NU yang tersebar di berbagai negara. “Kami berharap agar NU tetap menjaga manhaj yang telah Hadratussyeikh Hasyim Asyari bangun pondasinya dalam menjaga identitas Muslim, menyebarkan akidah yang baik, dan melawan ahlul bidah,” tegasnya.

Selebihnya, seusai pertemuan singkat itu, Syeikh Tamim mendoakan Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj agar diberikan kekuatan dan kesabaran dalam membimbing umat Nusantara ini.