Tips Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

 
Tips Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

LADUNI.ID - Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin

Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Fungsi kolesterol adalah turut memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, atau vitamin D. Walaupun dibutuhkan, kolesterol yang berlebih akan tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri sebagai plak, sehingga mempersempit dan menghambat aliran darah. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki kolesterol tinggi? Jika Anda mengalaminya, berikut ini beberapa tips mengurangi kadar kolesterol Anda:

1. Kurangi asupan makanan yang digoreng.

2. Perbanyaklah makanan yang diolah dengan cara direbus dan dikukus.

3. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol, seperti kulit ayam, daging berlemak, kuning telur, cumi, dan udang.

4. Olahraga teratur. Jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah olahraga aerobik yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Contohnya jalan kaki, bersepeda, senam, dan renang. Lakukan olahraga secara rutin sebanyak tiga kali seminggu.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, tak hanya diperlukan niat tetapi juga pengetahuan yang cukup mengenai hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan. Hal ini penting agar Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang malah bisa memperburuk kadar kolesterol.