Anis Meresmikan, Ahok Sang Penggagas Lapangan Banteng

 
Anis Meresmikan, Ahok Sang Penggagas Lapangan Banteng

LADUNI.ID, Jakarta - Wajah baru Lapangan Banteng akan menyapa warga Jakarta. Taman seluas 5,2 hektar di jantung kota itu siap menjadi sebagai pusat olahraga dan ruang terbuka hijau berkelas internasional. Jauh sebelum wajah baru itu menyapa, lapangan  yang juga menjadi tempat berdirinya monumen pembebasan Irian Barat tersebut dikenal sebagai tempat bagi warga untuk menghabiskan akhir pekan. Letaknya yang berdekatan dengan Gereja Katedral, juga tidak terlalu jauh dari Masjid Istiqlal, menyebabkan tempat itu kian strategis untuk disambangi.

Revitalisasi Lapangan Banteng mulai digagas oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sejak tahun 2016 lalu. Ahok memang tak berkesempatan memulai renovasi dan peletakan batu pertamanya pun diwakilkan oleh Sumarsono yang saat itu menjabat sebagai Plt gubernur.

Revitalisasi Lapangan Banteng yang setelah satu tahun pengerjaan yang dimulai sejak April 2017 lalu telah selesai.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkesempatan meresmikan Lapangan Banteng yang gagasan revitalisasinya atas inisiatif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kala itu menjabat sabagai Gubernur menggantikan Joko Widodo yang melenggang ke istana.

Anies tiba di lokasi sekitar pukul 19.30 WIB dengan mengenakan batik bercorak merah. Acara pun dibuka dengan pembacaan sejarah Lapangan Banteng dari masa ke masa. 

Dalam sambutannya, Anies mengaku sangat bersyukur proses penataan kembali lapangan yang dia sebut penuh sejarah ini dapat berjalan dengan baik. "Kita tahu lapangan ini memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari 1632 masih disebut lapangan paviliun, lalu sesudah perang Napoleon, Jerman Inggris jadi Lapangan Singa. Kemudian menjadi Lapangan Banteng," kata Anies saat meresmikan lapangan Banteng, Rabu (25/7).

Anies juga menyampaikan keinginannya agar Lapangan itu bisa dimanfaatkan oleh warga. Salah satunya sebagai tempat interaksi warga.
"Harapannya tak hanya mempesona karena rancangannya baik. Yang lebih penting memungkinkan warga berinteraksi bersama," katanya.
"Malam ini dengan mengucapkan Alhamdulillah, Lapangan Banteng secara resmi dibuka," kata Anies.