Pidato Kenegaraan Jokowi: ‎Indonesia Harus Jadi Negara Maju

 
Pidato Kenegaraan Jokowi: ‎Indonesia Harus Jadi Negara Maju

Laduni.id, Jakarta, Indonesia harus menjadi negara maju, sehingga jangan terjebak menjadi hanya negara berpenghasilan menengah, kurang lebih demikian seruan dan ajakan presiden Joko Widodo kepada seluruh lapisan masyarakat dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR/ MPR, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

"‎Indonesia harus menjadi negara maju yang bisa berdiri sejajar dengan negara-negara maju lainnya di dunia. Kita tidak boleh terjebak pada status sebagai negara berpenghasilan menengah," dalam pidato Jokowi yang bersemangat.

Diperlukan ‎penguatan fondasi dan mengumpulkan energi untuk melakukan lompatan kemajuan, dengan berani membuat terobosan agar dapat lebih maju ke depan, tentu dengan tidak mudah merasa cepat berpuas diri dalam mengejar ketertinggalan dari negara lain.

"Kita harus berani membuat kebijakan yang hasilnya tidak kita nikmati saat ini, tapi membuat langkah kita ke depan menjadi lebih cepat," tutur Jokowi.

Jokowi berharap, masyarakat Indonesia tidak boleh terjebak dalam pragmatisme jangka pendek, karena hal itu justru membuat jalan yang dilalui melambat di masa depan.

"Apa yang kita lakukan kemarin dan saat ini bukanlah semata-mata untuk memecahkan masalah masa kini atau masalah satu dua tahun ke depan. Tetapi, semua itu juga menjadi bagian dari lompatan kemajuan Indonesia untuk menjawab masalah-masalah kita di masa depan," paparnya.