Jelang Idul Adha, Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Ajak Warga Bersihkan Makam

 
Jelang Idul Adha, Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Ajak Warga Bersihkan Makam

Kubu Raya - Laduni.id,  Sudah menjadi rutinitas bagi warga Desa Kalimas Kecamatan Sungai Kakap setiap menjelang hari raya Idul Fitri maupun  Idul Adha warga beramai-ramai melaksanakan kerja bakti bergotong royong dengan sasaran membersihkan pemakaman umum di desanya, Ahad,  19/8pagi tadi.

Kepala dusun setempat  H.ilyas  yang sehari-harinya bertugas di kantor Desa Kalimas, pagi itu terlihat membaur bersama warga turut mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan pemakaman umum tersebut.

“Warga kelihatan semangat dalam kerja bakti hari ini. Ada yang menyemprot rumput dan ada juga yang membersihkan rumput dengan menggunakan alat tebas, ada yang memotong dahan dan ranting yang tidak rapi kemudian di kumpulkan berhubung saat ini musim kemarau warga tidak membakarnya,” ujar H.ilyas

Ditambahkan, sebelumnya tampak rumput dan semak belukar yang mengotori area pemakama, sementara itu pengerahan warga bersama mahasiswa IAIN Pontianak (sekertaris desa, kepala dusun,ketua RW, dan mahasiswa KKLintegratif  IAIN Pontianak 2018) membuahkan hasil sekarang tampak bersih dan rapi.

“Pemakaman menjadi tempat yang di sakralkan di pedasaan. Pada bulan-bulan tertentu akan banyak warga berkunjung untuk melakukan ziarah apalagi di hari raya Idul adha nanti. Dengan mengajak para  warga membersihkan pemakaman ini, diharapkan masyarakat dapat menjaga dan merawatnya sehingga tercipta kenyamanan dan keindahan,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Sekertaris desa Ridwan A.karim menjelaskan, kegiatan KKL Integratif IAIN Pontianak 2018 tersebut mendapatkan nilai positif dari warga masyarakat, karena dengan adanya program seperti ini, Mahasiswa dengan masyarakat semakin merasa dekat dan saling membantu dalam segala hal.

“Kerja bakti seperti ini bisa menambah keakraban, serta sebagai sarana silaturahmi antara mahasiswa dengan warga,” pungkas Ridwan. (Arifin/Fauzi)