Demi Kesehatan Korban Terdampak, Tim Bekerja Sampai Larut Malam

 
Demi Kesehatan Korban Terdampak, Tim Bekerja Sampai Larut Malam

LADUNI.ID, Lombok - Banyaknya titik pengungsian sehingga membutuhkan kerja keras bagi tim relawan untuk membantu korban terdampak gempa, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satunya kesehatan untuk korban terdampak,Tim NU Peduli Lombok kembali melakukan pelayanan kesehatan, Kamis (23/8). Terdapat beberapa titik yang menjadi lokasi pelayanan di Dusun Pondok Buak, Kecamatan Lingsar dan di Pesantren Darussalam Bukit Tinggi, Kecamatan Gunugn Sari, Lombok Barat.

Banyaknya titik pengungsian, menyebabkan Tim memutuskan melakukan pelayanan hingga malam hari.

“Pelayanan hari ini menjangkau sekitar 553 warga,” kata Aji Bayu Wicaksono, salah satu dokter yang bertugas.

Ia mengatakan ada salah satu keluhan pasien yang memerlukan perhatian dari diri pasien sendiri dan lingkungan. Pasalnya pasien tersebut terluka di bagian kaki tertimpa reruntuhan dinding akibat gempa, dan sudah dijahit, tetapi tidak memeriksakan ke dokter secara ruitn.

“Kita minta tokoh setempat agar mengingatkan pasien ini merawat kebersihan lukanya dan mengikuti arahan dari kami,” Dokter Danang, panggilan akrabnya.

Anik Rifqoh, dari NU Care-LAZISNU mengatakan pelayanan kesehatan sudah berlangsung beberapa kali di lokasi pengungsian, dan terus akan dilakukan hingga beberapa waktu ke depan.

“Pelayanan kesehatan ini sangat penting karena mereka sangat memerlukan akses layanan kesehatan. Mereka tinggal di tenda-tenda darurat yang tanahnya sangat lembab sehingga timbul penurunan kualitas kesehatan mereka,” katanya.

Tim pelayanan Kesehatan berasal dari Malang dan PCINU Bondowoso,