Syekh H. Abdul Aziz Samalanga #8: Sosok Waliyullah Aceh

 
Syekh H. Abdul Aziz Samalanga #8: Sosok Waliyullah Aceh

Abon Aziz merupakan sosok ulama yang telah banyak melahirkan kader ulama dan tokoh dalam masyarakat. Ia sebagai seorang ulama kharismatik Aceh garis keturunannya juga merupakan tokoh agama berpengaruh  dalam masyarakat. Beliau bernama asli Teungku  Haji Abdul ‘Aziz bin M. Shaleh.

Dalam penelusuran penulis terhadap beberapa naskah, beliau lahir di sebuah gampong bernama Kandang di Kecamatan Samalanga, dulunya dalam Kabupaten Aceh Utara. Namun, setelah pemekaran, Samalanga menjadi bagian dari Kabupaten Bireuen.

Setelah sekian lama menuntut ilmu kemudian memimpin dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Abon Aziz Samalanga bukan hanya ketinggian ilmunya dibidang syariat, namun juga diberikan kemuliaan (karamah) termasuk mampu merawang dan memahami hal yang akan terjadi kedepan.

Salah satunya apa yang telah terjadi dan sudah diprediksikan oleh Abon Aziz Samalanga terjadap seorang agamawan yang pernah menempuh pendidikan baik dayah bahkan lulusan universitas ternama luar negeri untuk "membatasi" diri dengan kelompok ahli bid'ah (Wahabi cs), namun beliau tidak menghiraukannya setelah Abon Aziz memperingatkannya.

Singkat cerita, walhasil beliau kini telah menjadi ulama di kalangan masyarakat dan sampai saat ini sikapnya semakin jauh masuk dalam aqidah wahabi bahkan menjadi agen Wahabi, pemahaman seperti inilah yang di maksudkan oleh Syekh Abdul Aziz katakan. Masih sangat banyak bukti lainnya yang tidak sempat diutarakan di forum ini.

Berdasarkan penjelasan bahwa firasat yang telah disebutkan oleh Syekh Abdul Azis Samalanga (Abon Aziz) tepat sesuai presiksi beliau. Jelaskaj bahwa sosok Syekh Abdul Aziz bin M.Saleh atau masyarakat Aceh menyebutnya Abon Aziz Samalanga merupakan seorang Waliyullah.

Namun apabila kita masih ragu Syekh Abdul Aziz Al-mantiqi sosok Waliyullah, pernah suatu ketika dalam perayaan HAUL Syekh Abdul Aziz, salah seorang Syekh Yaman bertanya kepada guru senior dayah MUDI yang juga alumni Yaman," Siapa nama Waliyullah Haul Hari Ini"? Sang guru menjawab:" Syekh Abdul Aziz bin Muhammad Saleh"...!!! Masihkah belum yakin Syekh Abdul Aziz Waliyulllah? Allahummagfrlahu…. Wallahu 'Alam Bishawab...

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat literasi Asal Aceh.  (www.dinulislamnews.com)