Biografi Imam al-Muzani

 
Biografi Imam al-Muzani

Daftar Isi Profil Hidup Imam al-Muzani

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Guru-Guru
  4. Murid-Murid
  5. Pendapat Imam Syafi’i Kepada Imam al-Muzani
  6. Karya-Karya

Kelahiran

Abu Ibrahim Isma'il ibn Yahya Al-Muzani atau yang kerap disapa dengan panggilan Imam al-Muzani lahir di Gaza, Palestina.

Wafat

Al-Muzani wafat pada usia 89 tahun pada 24 Ramadhan 264 H. Ia dikuburkan di dekat makam Imam Syafi'i.

Guru-Guru

Adapun guru Imam al-Muzani diantaranya adalah Imam Syaf’i, Nu’aim bin Hammad dan lainnya.

Murid-Murid

Sedangkan murid Imam al-Muzani adalah Ibnu Khuzaimah, athThawawi, Zakariya as-Saji, Ibnu Hawsa’, Ibnu Abi Hatim, dan lainnya.

Pendapat Imam Syafi’i Kepada Imam al-Muzani

Imam Syafi’i sendiri pernah berkomentar tentangnya, Seandainya Al-Muzani terlibat perdebatan dengan setan, pasti ia akan mengalahkannya. 

Ia juga termasuk orang yang Zahid, Wara’, Qana’ah, dan giat berdakwah. Apabila tertinggal shalat berjamaah, maka ia menyempurnakan salatnya dengan shalat sunnah 25 rakaat. Imam Al-Muzani sering memandikan jenazah sebagai media berintrospeksi diri dan menguatkan ibadah.

Beliau juga pernah berkata, "Saya memandikan jenazah agar hatiku menjadi lentur”. Kemudian dari perkataan imam al Muzani tersebut Abu Ishaq asy Syairazi mengomentarinya, “Al Muzani adalah orang yang Zuhud, alim, mujtahid, ahli debat, orator ulung yang pandai merangkai kata dengan makna yang sangat dalam”.

Karya-Karya

Al Muzani juga telah menuliskan banyak peninggalan intelektual yang tidak ternilai harganya, salah satu karya beliau yang terkenal yaitu kitab AlMukhtasar lil Muzani.(alam kitabnya Al Muzani menyatakan dalam pembukaan pada Mukhtasar Al!Muzani, adapun perkataan beliau adalah: Aku ringkaskan dalam kitab ini )suatu pengetahuan yang berasal dari ilmu Muhammad bin Idris AsSyafi’i rahimahmullah dan dari makna ucapan-ucapannya.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya