Ayam Jago Putih #3: Sang Sahabat Rasulullah

 
Ayam Jago Putih #3: Sang Sahabat Rasulullah

LADUNI.ID I EDUKASI- Ayam Jago putih atau ad-dikku abyadh dalam bahasa arabnya merupakan hewan kesayangan Rasulullah saw.  Ayam jago putih itu salah satu khasiatnya ialah dapat menjaga rumah dan penghuninya serta isi rumahnya dari gangguan jin, ilmu hitam, pencuri, kebakaran serta lainnya.

Mereka para ulama tajrib menyebutkan apabila seseorang menyembelih ayam jago putih ( untuk acara selamatan/ syukuran ) maka anda sekeluarga akan di selamatkan oleh Allah swt dari segala macam mara bahaya baik pada keluarganya maupun hartanya.

Kelebihan dan spesifiknya sosok Ayam jago putih ini  dijelaskan dalam sebuah hadist, berbunyi:” ad-diiku al-abyadu sadiqii wa ‘aduwwu asy-syaytani, yahrusu sahibahu wa sab’a duuri khalfahu “ artinya “Ayam jago putih adalah sahabatku dan musuhnya Setan, dia menjaga rumah pemiliknya dan tujuh  rumah di belakangnya tetangga “(Al-Hadist)

Sebelumnya kita telah membahas bahwa ayam itu mempunyai kelebihan yang spesifsik mampu melihat malaikat yang di ciptakan dari cahaya. Sering di tempat  kita mendengar suara ayam berkokok kala matahari terbit, initiada lain mereka melihat cahaya para malaikat sedang sibuk memberirezeki kepada makhluk di pagi hari, makanya kita harus bangun pagi-pagi dan beraktifitas dengan shalat subuh utamanya disamping katifitas lainnya.

Lantas di antara ayam yang mempunyaitipikalseperti itu adalah Ayam jago atau ayam jantan. Dia  itu mempunyai kebiasaan dan prilaku yang unik. Anugerah Allah kepada sang unggas tersebut bukanlah faktor kebetulan saja.tetapi ketetapan Allahterhadap makhluk-Nya.

****Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Litaerasi Asal Aceh